Terapi Ampuh Bisa Selalu Berpikir Positif Cetak E-mail
(1 vote)
Strategi membangun Pikiran Positif

Terapi Ampuh Bisa Selalu Berpikir PositifSemua manusia yang terlahir ke dunia merupakan mahluk pilihan yang telah melewati seleksi alam ketika pertama kali air kehidupan disemburkan. Ini berarti, bahwa setiap anak pasti memiliki daya juang tangguh untuk mengarungi kehidupan serta menyelesaikan segala persoalan yang ada. Secara natural ia tak mengenal rasa takut.

Kemudian, lingkungan yang mengenalkan dan mencekoki sang anaklah dengan rasa takut tersebut. Sehingga, dengan segera sang anak akan merasa terlalu kecil, terlalu lemah, tidak kreatif, tidak kompetitif, dan akhirnya tidak berani membuat terobosan baru yang berbeda dengan yang lain. Maka kegagalan di waktu dewasa banyak diakibatkan oleh kritik destruktif yang diterima waktu kecil.

Maka, untuk mencapai suatu keberhasilan tak ada lain kecuali dengan “merobohkan” pikiran negatif tersebut dan menggantikanya dengan pikiran positif. Tentu itu tidak mudah, perlu proses dan pemahaman yang mendalam. Tapi dengan membaca buku setebal 188 ini semua bisa dilakukan. Semakin kita berani mengatakan bisa, pasti semua terapi yang diuraikan buku ini mudah untuk diaplikasikan.

Pelajaran penting yang diusung penulis lewat buku ini adalah bila hidup ingin berubah, cukup sederhana. Ubahlah pola pikir, maka perubahan besar akan segera dirasakan. Semakin positif pikiran kita maka peluang akan adanya perubahan ke arah yang lebih baik semakin besar.

Agar kita bisa berfikir positif, pertama-tama adalah dengan merubah pola pikir. Ada beberapa proses yang harus dilakukan, diantaranya dengan selalu melihat positif pada diri kita sendiri. Karena, semua perbaikan hidup kita dimulai dari perbaikan gambaran sikap mental diri sendiri. Gambaran internal ini akan mempengaruhi berbagai emosi, perilaku, dan sikap, bahkan juga bagaimana orang lain menilai kita. Penilaian diri yang positif ini sangat berpengaruh pada pola pikir  yang akhirnya berpengaruh pada perbaikan hidup. (hal.14).

Proses selanjutnya menyingkirkan mitos. Sungguh disayangkan banyak mitos yang dihembuskan lingkungan saat kita kecil yang akhirnya bisa menyumbat harapan-harapan kita untuk meraih keberhasilan dan kebahagian. Oleh karena itu, kita harus mengubur mitos  tersebut dengan menumbuhkan keyakinan bahwa kita cukup punya potensi untuk tampil lebih baik dari apa yang telah ada. Untuk mencapai apa yang belum pernah dicapai sebelumnya, kita harus berfikir dengan cara-cara yang belum pernah dipikirkan sebelumnya. (hal.23). Selain dua proses di atas juga harus ditopang dengan kejujuran kita pada diri sendiri dan berfikirlah dengan strategis.

Kemudian, setelah kita berhasil memugar pola pikir langkah selanjutnya adalah membuat sketsa tentang impian besar kita, yaitu melalui tindakan-tindakan nyata. Berpikir positif dan bertindak tidak dapat dipisahkan. Saat orang sudah mengaku berpikir positif tetapi belum bertindak, maka sebenarnya ia belum berfikir positif. Sebab, berfikir positif hanya sebuah jalan untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Kita tentu mafhum bahwa sebuah tujuan hanya bisa tercapai dengan tindakan, bukan pikiran semata. (hal.110-113)

Terkait itu, Charles A. O’Reilly, professor dari Stanford Graduate School of Businnes, mengatakan, “Dunia ini tidak peduli dengan apa yang kita tahu, kecuali apa yang kita lakukan.”. Mahatma  Gandhi pun tegas mengatakan, “Ukuran penilaian manusia yang paling akhir adalah aksi, titik!”

Semua pemaparan dalam buku ini banyak menjadikan kita untuk selalu bisa berpikir positif dan bertindak penuh kreatif untuk menjemput perubahan dan mengoptimalkan kemampuan diri menuju sebuah perubahan. Dale Carnegie mengatakan, “Ingatlah, kebahagian tidak tergantung pada siapa dirimu dan apa yang kamu miliki, tetapi tergantung pada apa yang kamu pikirkan." (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Terapi Ampuh Bisa Selalu Berpikir Positif

Penulis

: Muhammad Aulia

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2013

Genre 

: Pengembangan Diri

Tebal

: 188 Halaman

ISBN

: 978-6022-552-30-7

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27202485

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit