Jangan Makan Barang Haram! Cetak E-mail
(2 votes)

Jangan Makan Barang Haram!Menjaga kesehatan adalah hal wajib bagi setiap orang. Syariat Islam mengajarkan penganutnya agar mengonsumsi makanan dan minuman yang baik (halalan thayyiban). Berbagai penelitian medis, dari tahun ke tahun, menemukan banyak orang mengalami depresi, bahkan meninggal dunia, lantaran gemar mengonsumsi makanan dan minuman haram.

Buku ini mengulas beragam makanan dan minuman yang dilarang untuk dikonsumsi. Dilengkapi alasan ilmiah sekaligus dampak buruknya bagi orang yang nekat mengonsumsinya.

Bangkai termasuk jenis makanan yang haram dimakan. Pada bangkai, terdapat darah yang mengendap, sehingga membahayakan bila di makan. Tapi dalam syariat Islam, ada pengecualian bangkai yang boleh dimakan, yakni bangkai ikan air dan belalang, alasannya kedua jenis bangkai ini tak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan (hal 15).

Adapun yang termasuk kategori bangkai antara lain: binatang yang mati tercekik (baik disengaja maupun tidak), binatang yang mati karena disetrum atau dipukul dengan benda keras, binatang yang mati akibat jatuh dari ketinggian, dan binatang yang mati akibat ditanduk binatang lainnya. Salah satu alasan mengapa bangkai tidak boleh dimakan karena di dalam bangkai terdapat racun yang disebabkan oleh darah yang mengendap (hal 16).

Pada darah yang mengendap, terdapat beragam penyakit. Maka, dalam Islam, salah satu syarat hewan halal dimakan adalah dengan cara disembelih terlebih dulu untuk menghilangkan darah yang mengalir (hal 17). Secara fisik, mungkin kita cukup kesulitan ketika membedakan jenis daging yang dijual di pasaran, apakah termasuk bangkai atau bukan. Tetapi ada ciri-ciri khusus yang dapat dijadikan patokan pada daging yang berasal dari bangkai. Bangkai biasanya berwarna biru kehitam-hitaman dan berbau aneh (busuk) meski sudah dimasak (hal 19).

Daging babi juga termasuk haram dikonsumsi. Berbagai penelitian kedokteran membuktikan bahwa babi menularkan penyakit berbahaya. Di dalam daging babi tersimpan berbagai jenis penyakit, seperti virus H5NI, cacing pita (di mana telur-telurnya sangat subur dan cepat berkembang biak). Memang, bisa jadi bahaya yang ditimbulkan tidak seketika saat seseorang mengonsumsinya, tapi penyakit itu akan berkembang biak dalam tubuh sehingga memicu tumbuhnya berbagai jenis penyakit yang membahayakan di kemudian hari (hal 26-27).

Selain makanan, ada beberapa jenis minuman yang haram dikonsumsi karena membahayakan kesehatan manusia. Di antaranya adalah khamar atau minuman keras (apa pun jenisnya). Banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan dari minuman keras, seperti menyebabkan penyakit jantung koroner dan hati, disfungsi seksual, gangguan mental, merusak daya ingat, dll (hal 89-116).

Sebuah penelitian yang dilansir Institut Cancer di New South Wales, Australia, menyebutkan bahwa dengan minum 2 gelas minuman keras setiap hari, dapat mengakibatkan risiko terkena kanker lever 17%, kanker lambung 7%, kanker mulut dan faring 75%, kanker esofagus 50%, kanker laring 40%, dan kanker kolon (usus besar) 64%.

Dalam keterangan medisnya, Veronica Wendy Setiawan (asisten profesor dari Keck School, jurusan kesehatan dari The University of Southern California) mengatakan bahwa konsumsi minuman keras akan meningkatkan hormon estrogen dalam masa menopause wanita, sehingga memacu risiko terjadinya kanker, terutama pada organ kewanitaan. (Sam Edy Yuswanto, Kebumen)

 

Judul

: Jangan Makan Barang Haram!

Penulis

: Nor Fadilah

Penerbit 

: Najah

Tahun

: 2013

Genre 

: Kesehatan

Tebal

: 192 Halaman

ISBN

: 978-6027-724-35-8

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29671996

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit