Bebas Dari Ancaman Disfungsi Seksual Khusus Wanita Cetak E-mail
(4 votes)

Ancaman Disfungsi Seksual Bagi Kaum Wanita

Bebas Dari Ancaman Disfungsi Seksual Khusus Wanita

Selama ini realitas yang berkembang di tengah masyarakat, masalah ‘disfungsi seksual’ hanya dialami oleh kaum pria. Padahal, sebenarnya tidak demikian adanya. Sebab, kaum wanita juga berpotensi terjangkit penyakit ini. Secara umum, disfungsi seksual diartikan sebagai penurunan libido atau hasrat seksual pada seseorang, baik pria maupun wanita. Gangguan ini bisa terjadi karena berbagai hal, baik secara medis maupun psikologis, dan akan menimbulkan efek yang kurang baik terhadap keharmonisan suami istri.

Bila didefinisikan secara luas, disfungsi seksual adalah ketidakmampuan seseorang untuk menikmati secara penuh hubungan seksual. Sedangkan bila didefinisikan secara khusus, disfungsi seksual adalah gangguan yang terjadi pada salah satu atau lebih dari keseluruhan siklus respons seksual yang normal (Elvira, 2006). Atau dengan kata lain, disfungsi seksual dapat terjadi apabila ada gangguan dari salah satu siklus respon seksual (hlm 11-12).

Berdasarkan etiologinya (penyebab penyakit), disfungsi seksual terbagi menjadi dua kelompok, yakni; disfungsi seksual yang disebabkan oleh faktor fisik dan disfungsi seksual yang disebabkan oleh faktor psikis. Gangguan organis atau fisik dapat terjadi pada bagian tubuh tertentu atau fisik secara umum. Faktor fisik yang kerap mengganggu aktivitas seksual di usia tua, sebagian di antaranya adalah penyakit-penyakit kronis yang tidak jelas atau tidak diketahui gejalanya dari luar (hlm 16-17).

Sementara kondisi orang yang masih muda (terutama pada organ-organ tubuhnya) masih kuat dan normal, sehingga jarang sekali menyebabkan terjadinya disfungsi seksual. Oleh karena itu, sebagan besar disfungsi seksual yang terjadi pada orang yang masih muda disebabkan oleh faktor psikoseksual, artinya semua faktor kejiwaan yang terganggu dalam diri si penderita. Gangguan tersebut mencakup gangguan jiwa, misalnya depresi dan anxieties (kecemasan) yang menyebabkan disfungsi seksual (hlm 18).

Ada beberapa macam disfungsi seksual yang kerap terjadi dalam kehidupan seksual kaum wanita, di antaranya adalah; low sexual desire (penurunan hasrat wanita untuk melakukan aktivitas seksual), sexual arousal disorder (suatu kondisi di mana seorang wanita memiliki keinginan untuk melakukan aktivitas seksual, tetapi ia dapat memertahankan keinginan tersebut sewaktu melakukan hubungan seksual), orgasmic disorder (suatu kondisi di mana seorang wanita tidak dapat mencapai orgasme meskipun telah mendapat cukup rangsangan), dll (hlm 19-21).

Pada umumnya, kaum wanita kurang menyadari manfaat ‘lebih’ dari organ genitalia yang mereka miliki. Sehingga mereka lantas kurang memerhatikan daerah intim tersebut. Padahal, alat kelamin merupakan ‘properti’ bagi kaum wanita yang wajib untuk dijaga dengan sebaik-baiknya (hlm 24). Seorang wanita bisa saja tidak memiliki keinginan sama sekali untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Oleh karena itu, dibutuhkan motivasi untuk meningkatkan dorongan seksual, yang meliputi faktor interpersonal dengan pasangan serta faktor psikologis mengenai diri sendiri beserta lingkungannya (hlm 28).

Hilangnya gairah seksual bisa menghentikan keseluruhan siklus respons seksual sebelum dimulai. Bagi sejumlah kalangan, hal ini hanya bersifat temporer, namun bagi sebagian yang lain akan menjadi sebuah halangan yang terjadi secara berkelanjutan. Beberapa penelitian menemukan bahwa wanita perlu mematikan respons kecemasan di otaknya saat berhubungan intim, agar ia lebih mudah mencapaik klimaks (hlm 31).

 Beberapa penyebab wanita mengalami disfungsi seksual di antaranya; faktor psikologis, faktor medis, dan faktor patologis (penyakit). Faktor psikologis meliputi; faktor sejarah, seperti pernah mengalami pelecehan seksual, pemerkosaan, atau bahkan didera ketakutan karena belum mendapat pengetahuan tentang hubungan seksual yang benar, dll. Faktor medis, meliputi fisiologis (menjelang masa menopause, biasanya terjadi perubahan pada organ-organ wanita yang terlibat dalam penerimaan stimulasi seksual, sehingga memicu disfungsi seksual, dll. Faktor patologis meliputi; penyakit-penyakit yang menyerang organ vital wanita yang kemudian menjadi penyebab disfungsi seksual (hlm 53-118).

Buku setebal 220 halaman ini secara khusus mengangkat tema tentang disfungsi seksual yang terjadi pada kaum wanita. Melalui buku ini, penulis ingin mengungkap realitas yang ada sekaligus mencoba memberikan beberapa kiat untuk  mengantisipasinya (Sam Edy Yuswanto, Kebumen)

 

Judul

: Bebas Dari Ancaman Disfungsi Seksual Khusus Wanita

Penulis

: El Manan

Penerbit 

: Buku Biru

Tahun

: 2013

Genre 

: Kesehatan

Tebal

: 220 Halaman

ISBN

: 978-602-7933-31-6

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27204001

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit