Pohon Abadi & 100 Cerita Inspiratif dari Seluruh Dunia Cetak E-mail
(0 votes)

Pohon Abadi & 100 Cerita Inspiratif dari Seluruh DuniaSetiap daerah memiliki cerita tradisional. Demikian juga setiap negara. Karena itu, di seluruh dunia, terdapat begitu banyak cerita tradisional.

Buku ini mencoba mengoleksi kisah-kisah yang tersebar luas dari berbagai negara itu. Kumpulan cerita inspiratif dan unik ini dikelompokkan menjadi sejumlah "kategori", seperti Takdir, Mutiara dalam Kehidupan Sehari-hari, Kemenangan Kebaikan atas Kejahatan, Nilai-nilai Abadi, Peringatan-peringatan, Seni Hidup dalam Kebenaran Sejati, Kesabaran-Kegigihan, Pengorbanan, dan Hubungan Manusia dengan Semua Makhluk (v-ix).

"Cerita-cerita bijak hidup dalam udara yang dihirup. Cerita-cerita tersebut memiliki kehidupan tersendiri, berevolusi dan berubah seiring tiap upaya penceritaan kembali. Dalam banyak kasus, sangat mustahil untuk mengidentifikasi sumber aslinya, dan sebagian besar cerita dalam koleksi ini telah dipoles selama bertahun-tahun lewat penceritaan dari mulut ke mulut" (halaman 250).

Cerita-cerita di dalam buku ini sungguh indah dan mengena dalam kehidupan sehari-hari. Lihat cerita dalam Kelompok Nilai-nilai Abadi dengan judul "Awal Hari." Di sini diceritakan seorang rabi pernah ditanyai murid-muridnya bagaimana mengetahui kapan malam berakhir dan hari kembali dimulai.

Pertanyaannya, "Apakah ketika kamu dapat melihat binatang di kejauhan dan dapat membedakan apakah itu domba atau anjing?" Rabi menjawab bukan. "Apakah ketika kamu dapat melihat pohon di kejauhan dan dapat membedakan apakah itu pohon kurma atau pohon lain?" Dijawab lagi dengan bukan.

"Lalu kalau begitu, kapan hari dimulai?" Rabi menjawab, "Hari dimulai ketika kamu menatap wajah sesamamu manusia dan melihat bahwa dia adalah suadaramu laki-laki atau saudaramu perempuan. Sebab kalau kamu tidak dapat melakukan itu, maka tidak peduli jam berapa, waktu itu tetap masih malam" halaman 100.

Simak juga cerita dalam kategori Pengorbanan. Dikisahkan dalam judul "Raja-Pengemis", seorang raja yang tidak punya keturunan membuka sayembara bagi kaum pria untuk diangkat menjadi putranya. Seorang pria miskin berbaju compang-camping ingin ke istana, tapi malu dengan pakaiannya. Dia lalu bekerja keras dan akhirnya mampu membeli baju. Dia percaya diri menuju istana dengan baju baru.

Tetapi, di tengah jalan, dia bertemu pria tua miskin berbaju compang-camping kedinginan. Dia lalu memberikan baju barunya dan menukarnya dengan baju si tua itu. Dia kembali ragu-ragu ke istana karena baju jeleknya. Tetapi tanggung karena sudah di tengah jalan sehingga terus ke istana. Di istana, dia ditertawakan para pegawai, tapi tetap diizinkan menghadap raja.

Sang raja menerimanya. Pria itu heran karena ternyata sang raja mengenakan baju barunya yang diberikan kepada orang tua miskin itu. "Selamat datang, putraku," kata sang raja sambil memeluknya. Begitu mendalam setiap cerita yang ada di dalam buku. Semua memiliki pelajaran kehidupan, bahkan menginspirasi manusia bagaimana cara hidup dengan sesama, alam, dan berbuat pengorbanan.

Cerita yang diramu ke dalam kisah-kisah unik dan mudah dicerna membuat buku ini sangat praktis dan seakan-akan menjadi penuntun dalam menjalani kehidupan. Pembaca yang aktif di berbagai tempat juga dapat menimba mutiara dalam buku ini untuk diceritakan kembali di berbagai kesempatan, seperti pengajaran atau sekadar bercerita di depan anak-anak. (Ign Dhama Wahyu - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Pohon Abadi & 100 Cerita Inspiratif dari Seluruh Dunia

Penulis

: Margaret Silf

Penerbit 

: Gramedia Pustaka Utama

Tahun

: 2012

Genre 

: Motivasi

Tebal

: 268 Halaman

ISBN

: 978-979-2279-56-6

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29030476

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit