Daun Kemangi, Bawang Merah, Bawang Putih, Dan Bengkuang; Terapi Herbal Kesehatan & Kecantikan Cetak E-mail
(1 vote)

Ternyata, Bumbu Dapur Pun Manjur

Daun Kemangi, Bawang Merah, Bawang Putih, Dan Bengkuang; Terapi Herbal Kesehatan & KecantikanSehat adalah modal utama kebahagiaan. Seberapa pun banyak harta yang dimiliki tanpa didukung kesehatan semua tak akan berarti. Meski sekarang orang kian sadar akan arti kesehatan, ironinya pola hidup dan pola makan yang mereka anut sangat bertentangan dengan prinsip hidup sehat. Bahkan obat-obat kimia yang selama ini mereka gunakan untuk penyembuhan, ternyata mengandung efek samping yang bisa memicu munculnya penyakit yang lebih berbahaya. Tak heran bila sekarang berbagai jenis penyakit pun bermunculan dan siap menghinggapi siapa saja.

Sebenarnya kembali ke alam merupakan solusi terbijak. Memang terapi herbal perlu kesabaran, tidak seperti obat kimia yang cepat bereaksi sehingga terkesan lebih efektif. Tapi kalau lebih sabar dan telaten kita akan merasakan kehebatan dari obat-obat herbal, salah satunya adalah tidak mengandung efek samping dan bahkan bisa mencegah atau menyembuhkan beberapa penyakit sekaligus.

Obat-obat herbal yang berkhasiat hebat itu kebanyakan berada disekitar kita. Sayang, tak banyak dari kita yang mengenal fungsi pengobatan yang tekandung di dalamnya. Lewat buku ini penulis selain menyajikan resep praktif, juga memaparkan fakta-fakta ilmiah tentang kehebatan bahan-bahan yang selama ini hanya dikenal sebagai kebutuhan dapur, seperti kemangi, bawang putih, dan bawang merah, dalam menaklukan beragam penyakit, seperti jerawat, sariwan, kanker, dan jantung.

Daun kemangi yang secara umum  dikenal sebagai pelengkap lalapan saja ternyata kaya akan kandungan yang menyehatkan. Ia mengandung betakaroten (provitamin A) yang mendukung fungsi penglihatan, merespom antibodi, dan sebagai antioksidan. Kemangi juga mengandung vitamin C yang membantu pembentukan kolagen dalam penyembuhan luka dan memelihara elastisitas kulit, membantu penyerapan kalsium dan besi, dll.

Selain itu daun beraroma harum ini juga mengandung komponen nongizi, seperti senyawa flavonoid dan eugenol yang dapat menetralkan radikal bebas dan kolesterol serta bersifat anti kanker. Senyawa lainnya adalah arginin ,anetol, dan baron yang sangat berperan dalam menjaga reproduksi pria dan wanita. Melihat begitu banyaknya zat sehat yang terkandung  pada daun kemangi maka tak aneh bila banyak juga jenis penyakit yang dapat dicegah dan diatasi dengan terapi daun ini, diantaranya sariawan, bau mulut, ejakulasi dini, kanker, dan asam urat.

Untuk sariawan, Anda cukup mengunyah 50 helai daun kemangi yang telah dicuci bersih selama 2-3 menit lalu ditelan dan diikuti dengan meminum air hangat. Lakukan ini 3 kali sehari. Sedang untuk mengatasi ejakulasi dini, Anda harus menyeduh segenggam daun kemangi dengan air panas secukupnya. Setelah air mendingin lalu Anda minum sekaligus, sekali dalam sehari. Sementara dalam menyembuhkan kanker, daun kemangi harus direbus sampai matang lalu setelah dingin air rebusan itu diminum sehari 3 kali. (halaman 16-24)

Bawang merah yang kita kenal sebagai rempah peningkat nikmat rasa masakan ternyata juga tak kalah hebat dengan kemangi dalam membabat ragam penyakit. Ini karena adanya senyawa sulfur dan quercetin dalam minyak esensial. Selain itu bawang merah juga mengandung zat gizi dan nongizi sehingga selain menyehatkan tubuh sekaligus juga bisa mengobati penyakit, seperti menangani kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung, antiperadangan, mencegah penyakit TBC, dll.

Untuk menangani kolesterol Anda cukup menyediakan bawang merah secukupnya untuk dibuat jus dan diminum setiap hari. Sedang untuk mencegah penyakit jantung Anda harus menyediakan 100-200 gr bawang merah untuk dibuat acar lalu langsung dikonsumsi atau dicampur pada makanan.(halaman). Sementara untuk mengatasi peradangan Anda cukup menggoreng bawang merah lalu dikonsumsi bersama makanan lain. Dan, untuk mencegah kanker, setiap hari Anda cukup mengunyah bawang merah yang telah bersih selama 2-3 menit sebelum kemudian ditelan dan diikuti dengan meminum air hangat. (halaman 52-58).

Bawang putih dan bengkuang juga memiliki aneka gizi dan manfaat yang besar bagi kesehatan dan kecantikan. Bawang putih misalnya mampu mengatasi kelebihan kolesterol, menangani kanker, mengontrol gejala diabetes, mengatasi jantung koroner, menghilangkan jerawat, meningkatkan staminia, dll. Sedangkan bengkuang sangat ampuh untuk mengatasi mag, wasir, demam, diabetes, menurunkan kadar kolesterol darah, dll.

Berobat yang paling hebat tentu dengan model pencegahan, yakni menggunakan pola hidup sehat. Tapi saat penyakit sudah terlanjur menyerang, pengobatan paling bijak adalah kembali ke alam, memanfaatkan kehebatan obat-obat herbal.

(Moh. Romadlon)

 

Judul

: Daun Kemangi, Bawang Merah, Bawang Putih, Dan Bengkuang; Terapi Herbal Kesehatan & Kecantikan

Penulis

: Setyo Kurniawan

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2013

Genre 

: Kesehatan & Kecantikan

Tebal

: 96 Halaman

ISBN

: 978-6022-790-60-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN & KECANTIKAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27236700

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit