Siapakah Dirimu? Personality Test Untuk Mengenal Dirimu Cetak E-mail
(1 vote)

Menggali Potensi  Lewat Mengenal Kepribadian Diri

Siapakah Dirimu? Personality Test Untuk Mengenal DirimuPada dasarnya setiap orang memiliki potensi luar biasa pada dirinya. Sayang, tidak semua orang mampu menyadari dan mengembangkan potensi yang ada tersebut. Itu  hanya karena tidak semua orang mengenal dirinya sendiri. Memang semua hanya soal waktu, tapi mengenal kepribadian kita lebih awal, pada usia muda tentu lebih berarti dan lebih menarik karena bisa membantu memahami keunggulan dan kelemahan kita. Selanjutnya, ini bisa digunakan untuk mencari pekerjaan atau menekuni bisnis yang cocok untuk kita.

Ada 2 teori kepribadian yang di jelaskan oleh penulis dalam buku ini, yaitu teori kepribadian Enneagram dan teori kepribadian Carl Jung. Masing-masing kepribadian tersebut selain memiliki sifat unik tentu juga memiliki sisi negatif.

Tipe-tipe kepribadian Enneagram diawali dengan pengakuan bahwa manusia memiliki tiga jenis kecerdasan, yakni kecerdasan perilaku, emosional, dan mental. Idealnya, manusia menggunakan ketiga jenis kecerdasan ini secara seimbang. Tapi ini jarang terjadi. Yang jamak manusia mengunggulkan salah satu di antara dua kecerdasan lainnya. Dan, pemahaman akan hal tersebut akan membawa pada 9 jenis kepribadian Enneagram.

Kesembilan itu antara lain berupa tipe perfeksionis. Orang yang memiliki kepribadian ini akan cenderung mempunyai kemampuan bawaan untuk menilai potensi menjadi lebih baik dalam segala situasi. Dia pintar untuk menilai apa yang benar atau salah dalam semua bidang kehidupan dan termotivasi untuk memperbaiki. Selain itu, ia sangat bertanggungjawab, mandiri, bangga pada diri sendiri terhadap kejujuran dan integritas, dan juga idealis. Sedang sisi negatif yang muncul dari sang perfeksionis adalah sangat memperhatikan kesalahan dan ini dapat menimbulkan kritik dan penilaian terhadap diri sendiri dan orang lain. Dia suka memilin pemikiran hanya pada hitam dan putih, benar dan salah, baik dan buruk, adil dan tidak adil. (hal.9-10).

Si Pengamat adalah tipe manusia selanjutnya. Ia cenderung memiliki kemampuan alami untuk menjauhkan diri dari perasaan, kebutuhan, dan orang lain. Keunggulan lain adalah mampu selalu berfikir jernih, teguh dalam sikap, mampu menjadi pendengar yang bagus, mandiri dan percaya diri. Sementara sisi negatifnya, antara lain kurang peduli pada orang yang bertipe lain, terkesan acuh pada kehidupan, lebih suka berfikir dibanding berinteraksi dengan orang lain, serta suka mengasingkan diri. (hal.25-26).

Sedang berdasar penelitian Carl Jung manusia dikatagorikan menjadi 16 jenis kepribadian. Salah satunya Sang Eksekutif. Orang bertipe ini cenderung jujur, ramah, terus-terang, apaadanya, memiliki kehendak kuat, kreatif, selalu ingin mewujudkan cita-cita dan hal yang dianggap penting. Ia juga bersifat produktif, dinamis, berfikir cepat dan strategis, menyukai tantangan baru, dan selalu mencari peluang dan kemungkinan. Umumnya tangkas dalam menyerap informasi, dan menyelesaikan kerumitan dan mengambil keputusan dengan cepat.

Sisi negatif Si Eksekutif adalah tidak suka kalah, tidak memperhatikan perasaan orang lain, sulit menerima gagasan dan pandangan orang lain, suka memaksa, mengintimidasi, dan ingin menguasai. Dan, kalau berlebih tentu akan terkesan angkuh dan sombong. (hal.59-60).

Sang Pengasuh adalah tipe kepribadian model Carl Jung selanjutnya. Orang yang bertipe ini biasanya berhati-hati, lembut, suka merenung, enggan pada orang baru, mudah tersinggung, rapi, rajin, dan tegas. Umumnya berpenampilan tenang, sederhana, pekerja keras, serius, dan lembut, menghargai keharmonisan, kesetimbangan, dan kerjasama. Menghormati peraturan, tradisi, dan ketertiban. Dan lebih suka belajar pada buku dari pada dari pengalaman.

Sisi negatifnya adalah sulit mengutarakan isi hati, sulit membaca isi hati orang lain, selalu membutuhkan respon positif dari orang lain, memiliki rasa ketidakmampuan yang kuat, dan sering mengabaikan kepentingan sendiri dengan menomorsatukan kepentingan orang lain. (hal. 83-84).

Selain tipe-tipe di atas, menurut Enneagram masih ada beberapa tipe lain, seperti Si Penolong, Si Romantis, Si Boss, dll. Sedang menurut Carl Jung masih ada Sang Penjaga, Sang Petualang, Sang Pemberi, sampai Sang Pelindung.

Buku ini memberi pelajaran penting bahwa; Dengan kepercayaan dirimu yang besar, kau akan melompat setinggi yang tidak pernah kau bayangkan, tetapi tanpa kepercayaan diri, lompatan kecil pun tidak bisa kau lakukan. Dan satu-satunya kunci dari kepercayaan diri adalah mengenal betul potensi dirimu sendiri.

(Moh. Romadlon)

 

Judul

: Siapakah Dirimu? Personality Test Untuk Mengenal Dirimu

Penulis

: Ari Januar

Penerbit 

: Indoliterasi

Tahun

: 2013

Genre 

: Psikologi Umum

Tebal

: 126 Halaman

ISBN

: 978-6027-900-53-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29281690

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit