Mengapa Doaku Tidak Dikabulkan Juga Ya ? Cetak E-mail
(1 vote)

Mengapa Doaku Tidak Dikabulkan Juga Ya ?Sesungguhnya, doa merupakan sebuah ibadah. Orang yang senantiasa berdoa, maka dia termasuk golongan hamba-hamba Tuhan yang mulia. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw., “Tidak ada sesuatu pun yang lebih mulia di hadapan Allah daripada doa”. Selain itu, dooa juga menjadi senjata bagi orang-orang Islam yang beriman.

Setiap orang, siapa pun dia, tentu membutuhkan perisai untuk membentengi dirinya agar dunia ini tidak membuatnya lalai. Sebab hidup di dunia ini tak akan pernah terlepas dari berbagai godaan, ujian, fitnah, dan lain sebagainya. Seseorang bisa saja terlena dengan kebahagiaan yang tengah dirasakannya. Begitu juga dia bisa terlena dengan kesedihan yang tengah menderanya, sehingga terkadang lalai bahwa dia masih memiliki Tuhan yang begitu setia mendengar segala keluh-kesah dan yang terpenting Tuhan Maha Kuasa mengabulkan setiap keinginan hamba-Nya kapan saja.

Doa merupakan kebutuhan ruhani. Terutama ketika seseorang tengah dilanda beragam kesulitan hidup. Doa juga mampu menghilangkan beragam penyakit ruhani, semisal rasa takut, cemas, was-was, dan lain sebagainya. Kekuatan ruhani dapat tumbuh subur melalui lantunan doa, karena keyakinan dan sugesti yang timbul dalam diri hamba yang berdoa dapat menghadirkan pikiran positif yang akan menguatkan ruhaninya (halaman 21).

Berdoa seyogianya dilakukan sesering mungkin dan setiap saat. Semisal setiap bakda shalat lima waktu dan shalat-shalat sunah lainnya. Terlebih bila seseorang sedang mengalami ujian hidup yang dirasa teramat berat, maka berdoa menjadi sebuah keniscayaan, di samping terus berikhtiar mencari jalan keluarnya.

Dulu, ketika para rasul menemukan suatu hambatan berat dalam menunaikan tugasnya, mereka pasti memohon pertolongan kepada Allah dan berserah diri kepada-Nya. Sebagaimana nabi Nuh yang berdoa ketika mendapati kekafiran serta kemaksiatan yang selalu dikerjakan oleh umatnya. Doa juga dipanjatkan oleh Nabi Musa ketika kesombongan dan kekafiran Fir’aun telah melampaui batasan. Rasulullah Saw. saja, yang memiliki sifat ma’shum (terjaga dari kesalahan dan berbuat dosa) serta mendapat jaminan masuk surga, tak pernah meninggalkan kebiasaan berdoa. Bagi beliau, doa telah menjadi amalan keseharian (halaman 24-26).

Sebagian ulama membolehkan berdoa dengan menggunakan bahasa selain Arab, tetapi ini tidak berlaku pada doa yang termasuk amalan ibadah yang telah disyariatkan, seperti doa ketika shalat, doa setelah adzan, dan lain-lain. Tetapi doa yang paling utama adalah menggunakan lafal-lafal doa yang telah diajarkan dalam Alquran dan hadits (halaman 43-44).

Dan yang perlu ditegaskan di sini, tidak semua keinginan manusia itu dikabulkan Tuhan. Ini bukan berarti Tuhan tidak mendengar doa hamba-Nya. Sebab, terkadang Tuhan ingin menguji seberapa besar ketaatan hamba-Nya dengan menurunkan beragam ujian yang sulit.

Dalam buku ini akan dijelaskan beberapa penyebab doa menjadi terasa hambar dan sulit dikabulkan Tuhan, seperti: salah dalam memaknai sebuah doa, pesimis dalam berdoa, tidak bertaubat dari dosa, berdoa tentang keburukan, dan lain sebagainya.

Buku bergenre agama Islam yang ditulis oleh alumnus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini dapat dijadikan sebagai tambahan referensi yang bermanfaat bagi kaum muslim di mana pun berada. (Sam Edy Yuswanto, penulis lepas tinggal di Kebumen)

 
 
 

Judul

: Mengapa Doaku Tidak Dikabulkan Juga Ya ?

Penulis

: Fahruddin Ghozy

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2013

Genre 

: Islam

Tebal

: 192 Halaman

ISBN

: 978-6027-933-41-5

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM - DOA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28557424

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit