Fakta Ajaib Khasiat Tempe Cetak E-mail
(1 vote)

Fakta Ajaib Khasiat TempeBeberapa hari lalu, harga kedelai sempat meninggi sehingga langka di pasar. Tempe adalah makanan rakyat yang kaya akan manfaat dan merupakan warisan nenek moyang karena mengandung gizi tinggi.

Tempe berkhasiat untuk memenuhi gizi agar seimbang, dan mendukung pencapaian pertumbuhan dan perkembangan optimal anak. Dia juga dapat mengatasi penyakit tidak menular. Bisa juga untuk meningkatkan kualitas hidup dengan mencegah penuaan dini. Buku ini juga dilengkapi aneka resep masakan berbahan dasar tempe serta cara mengolahnya.

Gizi pada tempe sangat penting untuk pertumbuhan karena ada protein dan zink. Kekurangan gizi pada periode pertumbuhan cepat akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia. Anak yang kurang gizi akan tumbuh lebih pendek (hal 11). Tempe juga memiliki zat gizi yang berperan untuk kecerdasan otak seperti kabohirat (glukosa), lemak (asam lemak esensial), protein, zink, zat besi (Fe), dan vitamin B12 (hal 26).

Tempe juga sangat bermanfaat mengatasi anemia (kurang darah), keadaan di mana kadar hemoglobin (hb) dalam darah kurang dari normal. Keadaan kadar hb yang sangat rendah berakibat fatal karena dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit. Penanggulangan anemia membutuhkan asupan zat besi, zink, protein, vitamin B12, dan asam folat yang cukup. Semua zat ini terdapat pada tempe (hal 40).

Manfaat lain, tempe tepat bagi penderita diare dan konstipasi karena mengandung zat antimikroba aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram positif sehingga dapat memperbaiki gangguan pencernaan dan absorbsi zat gizi. Masyarakat yang biasa mengonsumsi tempe lebih jarang terkena penyakit saluran pencernaan (hal 54).

Tempe juga berfungsi menurunkan risiko penyakit jantung. Efek penurunan kadar kolesterol darah jika mengonsumsi asam lemak oleat yang mampu meningkatkan kolesterol HDL yaitu lemak baik yang dapat memindahkan kolesterol di pembuluh darah ke hati sehingga menurunkan risiko penyakit jantung (hal 66).

Tempe memunyai kandungan kalsium yang cukup dan diperlukan untuk kesehatan tulang. Osteoporosis merupakan suatu penyakit penurunan densitas tulang, kerusakan arsitektur tulang, dan meluasnya kerapuhan tulang. Selain kalsium, tempe juga mengandung isoflavon yang dapat mengurangi bahaya osteoporosis (hal 88-89).

Mengonsumsi tempe juga dapat mencegah penuaan dini. Pada tempe ditemukan suatu zat antioksidan dalam bentuk isoflavon sebagai antioksidan untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas. Tempe juga mengandung zink yang berperan sebagai antioksidan karena dapat dengan optimal melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas (hal 100-102).

Buku ini juga mengungkap beberapa mitos tentang tempe seperti tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat (gout). Faktanya, hasil penelitian Arsiniati dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga membuktikan bahwa konsumsi tempe tidak menaikkan kadar asam urat dalam darah (hal 116).

Tempe juga berkhasiat menghindarkan seseorang dari penyakit-penyakit degeneratif seperti jantung koroner dan stroke serta akibat mengonsumsi protein nabati atau daging.

Susianto, salah seorang penulis buku ini, adalah seorang ahli gizi dan konsultan kesehatan, sSedang Rita Ramayulis adalah dosen Fakultas Gizi IPB. Testimoni keduanya tentang khasiat tempe di dalam kehidupan pribadi mereka maupun keluarga juga bisa dibaca di hal 3 dan hal 123 (Andrie Susanto - sumber: www.koran-jakarta.com)

 
 
 

Judul

: Fakta Ajaib Khasiat Tempe

Penulis

: Dr Drs Susianto MKM and , Rita Ramayulis DCN MKes

Penerbit 

: Penebar Plus

Tahun

: 2013

Genre 

: Kesehatan

Tebal

: 123 Halaman

ISBN

: 978-6028-661-96-6

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27176147

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit