My Lovely Pet Cetak E-mail
(0 votes)

My Lovely PetAda pemeo, jangan menilai buku dari sampulnya. Itu bukan berarti sampul buku tak penting sama sekali. Dengan melihat segala pernik yang tertera pada sampul, pembaca akan memperoleh gambaran awal tentang teks yang tercetak di setiap lembar halaman buku. Setidaknya pemahaman semacam itu berlaku untuk buku yang akan dibahas di sini.

Sampul buku ini menampilkan gambar seorang gadis kecil dikelilingi empat hewan yang lazim dijadikan piaraan (anjing, kucing, kelinci, dan burung) dalam bentuk grafis a la komik manga Jepang. Gambar tersebut sesuai dengan judul buku. Mungkin setelah menelisik lebih jauh, pembaca akan tahu, buku  berisi seluk-beluk cerita tentang relasi antara manusia dengan hewan piaraan.

Dari judul seri “Penulis Cilik Punya Karya,” pembaca akan tahu pula,10 cerita dalam  merupakan karya para penulis belia. Usia mereka berkisar antara 11 dan 15 tahun (hal 142-148). Sebagaimana gambar sampulnya, mereka  perempuan. Entah mengapa yang dipilih  perempuan, tak ada penjelasan. Namun yang pasti,  cerita-cerita  di dalamnya memuat sebuah dunia  penuh kepolosan, rasa ingin tahu, terkadang penuh kejutan. Itulah  dunia anak-anak.

Kejutan  hadir dalam cerita “Adi dan Semut Kayap” (hal 49-59) karya Cheryl Kanza. Dikisahkan, seorang bocah perempuan bernama Lisa punya sepupu Adiwangsa (Adi) yang tinggal di Garut. Sebagai anak  petani, Adi sangat akrab dengan dunia sawah. Adi mengaku, punya hewan piaraan  serangga kecil yang pernah membuat heboh pada pertengahan tahun 2012. Serangga itu  tomcat. Sungguh piaraan yang tak lazim!

Serangga bernama ilmiah paederus littoralis itu  bernilai ekologis tinggi. Serangga itulah predator alami bagi hama wereng yang merusak tanaman padi. Stigma buruk terlanjur diberikan masyarakat kepada tomcat. Padahal, tomcat tidak akan menyerang dengan mengeluarkan cairan iritan jika tidak terancam. Penyempitan habitat alaminya membuat tomcat akhirnya memasuki wilayah yang dihuni manusia. Jadi, antara petani dan tomcat perlu terjadi simbiosis mutualisme.

Cerita tersebut memancarkan hikmah. Hubungan antara seseorang dan hewan piaraannya ternyata bukan remeh-temeh. Sikap baik serta perhatian yang diberikan kepada hewan piaraan menjadi latihan awal bagi seseorang khususnya anak-anak untuk peka dan tanggap terhadap kondisi lingkungan sekitar baik lingkungan alam maupun sosial. Tidak hanya cerita karya Cheryl yang menyiratkan hikmah semacam itu, tapi juga sembilan cerita lainnya.

Kendati semua cerita menggunakan sudut pandang serta gambaran dunia anak-anak serta ditulis  para pengarang cilik, pangsa pembacanya bukanlah anak-anak pada semua tahapan usia. Sarana sastra yang digunakan, seperti gaya bahasa, tokoh dan penokohan, plot serta pilihan tema, pada batas tertentu menyimpan kompleksitas. Bahkan, cerita berjudul “Be Sphinx” (hal 15-28) karya Kanita Desfara Adzani menampilkan konflik batin seorang anak akibat diejek teman-temannya karena memiliki hewan piaraan kucing berjenis Sphinx yang aneh.

Buku ini juga didominasi ungkapan verbal. Sangat sedikit ilustrasi yang bisa membantu anak memahami cerita. Dengan begitu, pangsa pembaca yang sesuai bagi cerita-cerita dalam buku  adalah anak-anak di usia menjelang remaja. Ini sesuai dengan rata-rata usia penulisnya. (Abimardha Kurniawan - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

Judul

: My Lovely Pet

Penulis

Penerbit 

: Noura Books

Tahun

: 2013

Genre 

: Cerita Anak

Tebal

: 184 Halaman

ISBN

: -

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
CERITA ANAK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27202490

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit