It`s My Startup Cetak E-mail
(1 vote)

 Merintis Masa Depan Bisnis Mandiri

Bagi yang melek teknologi dan informasi, tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagaiIt`s My Startup program komputer dan internet yang saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Keberadaan internet saat ini sangat membantu aktivitas dan rutinitas kantor yang segala hal sudah bergantung pada teknologi.

Tak hanya itu. Berbagai fasilitas program internet, bahkan bisa menjadi ajang promosi sebuah usaha, menjalin relasi, hingga untuk silaturahmi lewat berbagai jejaring sosial yang ada seperti Facebook, Twitter, BBM, dan yang lainnya.

Kecanggihan teknologi internet yang mampu menjangkau ke seluruh pelosok dunia ini yang dimanfaatkan oleh orang-orang kreatif untuk membangun sebuah usaha yang berkaitan erat dengan internet. Salah satu usaha yang sekarang sedang ngetren adalah “Startup”, sebuah usaha yang mampu membuat founder-nya menjadi kaya raya dengan segudang profit yang dikantongi lewat bisnisnya.

Buku It’s My Startup karya Lahandi Baskoro ini akan memandu pembaca mengenal dan bagaimana mendirikan sebuah usaha berbasis digital yang saat ini banyak digandrungi anak muda. Pembahasan yang simpel dan tidak bertele-tele membuat buku ini enak dibaca dan mudah dipraktikkan.

Salah satu tips yang perlu diketahui oleh pendiri bisnis Startup adalah bagaimana membangun jaringan (networking). Membangun network memiliki banyak manfaat untuk seorang founder startup.

Lewat netrworking, seseorang juga bisa menemukan mentor, menemukan co-founder, peluang partnership, bahkan peluang untuk funding (pembiayaan). Aktif di komunitas atau menghadiri acara-acara seputar dunia Startup adalah beberapa cara untuk membangun Startup (hlm. 135).

Hal lain adalah bagaimana membangun relasi dengan media. Bagi Startup, memasang iklan jor-joran adalah sesuatu yang mahal. Alternatifnya, suatu Startup perlu berupaya bagaimana agar produknya bisa diliput media publikasi yang memberitakan seputar teknologi. Istilahnya membangun media relation. Namun, sebelum meluncurkan strategi ini, pastikan dulu bahwa produk kita memang punya nilai untuk diberitakan.

Lebih lanjut Lahandi Baskoro menjelaskan bahwa, di saat mengejar kesuksesan bisnis, jangan lupakan juga sisi spiritualitas kita. Manusia itu terdiri atas jasmani dan rohani. Jadi, agar bisa bekerja dengan baik, sisi rohani juga perlu diberi perhatian.

Co-Founder Petakumpet, M. Arief Budiman, pernah mengalami kegalauan saat Petakumpet mulai berkembang. Pada saat itu, sebagai creative agency, banyak proyek dari klien datang silih berganti, namun arus kas perusahaan sering minus.

Dia sendiri merasa pekerjaannya hanya dari satu deadline menuju deadline yang lain. Intinya dia pusing, perusahaan berkembang tapi malah membuat pikiran tidak tenang.

Sampai akhirnya dia menemukan pencerahan sisi spiritual. Dia kemudian mengubah pola hidupnya, shalat di awal waktu, bersedekah, dan senantiasa mengingat Tuhan baik senang maupun sulit.

Tampak seperti cerita sinetron, tapi ini benar-benar kejadian. Setelah menjalani pola hidup tersebut, banyak sekali urusan dengan klien yang dimudahkan, nilai proyek juga semakin meningkat dan kas perusahaan pun lancar (hlm. 89).

Kegigihan dan perjuangan para founder di bidang Startup dapat pembaca ketahui juga lewat buku ini. Tak hanya ulasan singkat beberapa founder Startup dunia seperti Bill Gates dengan Microsoft-nya atau Mark Zuckerberg lewat Facebook, pembaca juga bisa mencontoh beberapa founder Startup lokal yang kredibilitasnya sudah tidak bisa diragukan.

Di Tanah Air, kita mengenal Kaskus, sebuah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia. Situs ini didirikan oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan. Kaskus memiliki lebih dari 4,5 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Selain Kaskus, juga ada beberapa situs yang cukup terkenal di Indonesia. Baik di bidang jasa informasi tiket (Tiket.com) yang didirikan oleh Natali Ardianto, atau di bidang jasa penerbitan buku self publishing (Nulisbuku.com) yang dirintis oleh Ollie.

Semua bisa kita ikuti jejaknya, sesuai dengan minat (passion) yang kita minati. Karena yang paling utama, kata Lahandi Baskoro, membangun suatu Startup harus sesuai passion. Jika tidak maka, Startup yang kita bangun akan terasa membosankan. (*)

(Untung Wahyudi)
 
 
 

Judul

: It`s My Startup

Penulis

: Lahandi Baskoro

Penerbit 

: Metagraf (Grup Tiga Serangkai)

Tahun

: 2013

Genre 

: Wirausaha

Tebal

: 174 Halaman

ISBN

: 978-6029-212-86-0

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
WIRAUSAHA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28557429

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit