Manfaat Air Kelapa dan Minyak Kelapa Cetak E-mail
(1 vote)
 Kelapa dan Khasiatnya yang Luar Biasa
 
Manfaat Air Kelapa dan Minyak Kelapa
Selama ini, minyak kelapa dianggap dapat meningkatkan kolesterol darah dan risiko penyakit kardiovaskular. Anggapan ini sebenarnya keliru (hal. 93). Buku ini tidak hanya mengungkap khasiat minyak kelapa, tetapi juga menjelaskan manfaat air kelapa untuk diet dan kesehatan disertai landasan medis. Buku ini juga mengulas manfaat buah kelapa untuk kecantikan dan cara membuat aneka obat berbahan dasar kelapa (hal. 11).
 
Pembaca yang ingin menurunkan berat badan, air kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman diet karena mengandung kalium yang mengubah lemak menjadi massa otot sehingga metabolisme tubuh akan meningkat dan memudahkan penurunan berat badan (hal. 47). Minum air kelapa secara umum juga memiliki khasiat untuk menetralisasi berbagai racun dalam tubuh seperti racun ikan pada ikan tongkol karena zat albumin dalam air kelapa dapat membunuh bakteri histidin (penghasil histamin) sehingga tidak terbentuk histamin pada ikan (hal. 59).
 
Di buku ini, Murray Price PhD, seorang pakar pengobatan alternatif lulusan Hawaii School of Medicine, mengungkap bahwa semua minyak sayur sangat berbahaya bagi kesehatan karena mudah teroksidasi dan berubah menjadi trans fatty acid yang dapat memicu stroke, serangan jantung, darah tinggi, dan gagal ginjal. Sementara itu, minyak kelapa murni yang tinggi kandungan asam laurik sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah (hal. 97).
 
Minyak kelapa juga bermanfaat mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan ferulic acid dan asam p-coumaric (hal. 104). Asam lemak (lauric acid) pada virgin coconut oil mirip asam lemak pada air susu ibu yang memberi ketahanan tubuh dan membunuh virus, termasuk HIV (hal. 107).
 
Bagian lain dari kelapa yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan adalah tempurung. Suku Dayak di Kalimantan Tengah menjadikan tempurung sebagai obat diabetes. Cara membuat dan pemakaian obat diabetes dengan menggunakan tempurung kelapa dijelaskan dalam halaman 109-110.
 
Buku juga mengulas cara membuat aneka ramuan menggunakan air, ampas, minyak, dan krim kelapa untuk kecantikan. Juga ada ramuan untuk menghilangkan ketombe, jerawat, kerutan wajah, melembapkan kulit, menghaluskan tumit pecah-pecah, menyamarkan lutut dan siku hitam. Kemudian juga dijelaskan cara mengatasi kuku rapuh dan mencegah uban. Selain cara pembuatan, buku ini juga menjelaskan cara pemakaian dari aneka ramuan tersebut (hal. 122-136).
 
Dijelaskan pula ramuan obat lain seperti untuk luka bakar, sakit panas, cacingan pada anak, gatal, eksim, kencing batu, dan disentri. Selanjutnya, mengurangi sakit pada saat haid, panas dalam, influenza, demam berdarah, gigi berlubang, dan mengusir cacing kremi (hal. 137-144).
 
Penulis adalah penggemar dunia kesehatan dan sarjana farmasi yang membuka klinik tentang obat-obatan dan apotek rakyat. Jadi, aneka ramuan obat dari kelapa yang dianjurkan penulis tidak perlu diragukan hitung-hitungan medisnya. Cara pembuatannya pun sangat mudah sehingga dapat dilakukan sendiri. (Andrie Susanto - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Manfaat Air Kelapa dan Minyak Kelapa

Penulis

: Aryo Bogadenta

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2013

Genre 

: Tanaman Obat

Tebal

: 148 Halaman

ISBN

: 978-6022-790-33-4

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
TANAMAN OBAT

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29053931

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit