Pesona Izmir Cetak E-mail
(3 votes)

Pesona IzmirJejak perempuan terkadang menghadirkan wajah getir. Sosok perempuan acap kali terhambat dalam aktualisasi diri karena pandangan keliru lingkungannya. Itulah yang dialami Pia Cristallayne, tokoh dalam novel Pesona Izmir.

Pia ingin menuntut ilmu setinggi-tingginya dan menjadi peneliti. Dia juga ingin jadi penulis, pencipta lagu, dan petani. Namun, ayahnya selalu membuat mentalnya down. Menurut ayahnya, Pia sebagai anak perempuan di dapur saja, belajar memasak, cuci-cuci, mengurus rumah, belajar sebelum berumah tangga sendiri nantinya (hal 81-98).

Pada dasarnya, setiap anak memiliki potensi unik dan aspirasi cita-cita. Pekerjaan sebagai peneliti yang diimpikan Pia memang tak langsung terlihat hasilnya secara kasat mata. Ayahnya benar-benar tak menghargai sepak-terjangnya yang ingin mengembangkan diri. Perlakuan ayahnya membuat Pia tak sekadar pusing, tetapi juga depresi. Untung, dia tak berlarut-larut menderitakan diri dalam tekanan emosional.

Dia berkukuh dengan impiannya. Bangku perguruan tinggi S-1 pun berhasil ditempuh dengan mengambil jurusan teknologi pangan. Maksud Pia ingin menjadi petani lebih pada pengembangan teknologi di bidang pertanian, yang juga berkorelasi dengan keinginannya sebagai peneliti.

Novel ini tak menceritakan kisah Pia bak "pahlawan" yang selalu tegar dan tanpa cacat. Sisi manusiawinya juga ditonjolkan. Yang mengesankan, ketabahan, dan konsistensi dengan segala cita-citanya. Dia tetap bertahan dengan keinginan hati dan prinsip hidup. Pergaulannya tak terbatas di Indonesia. Teman-temannya di negeri manca juga banyak, salah satunys Osman Yazici dari Turki.

Perlahan, Pia menaruh hati dengan Osman. Awalnya, hubungan mereka berjalan mulus. Namun, kenyataan pahit harus dihadapi ketika Osman justru menduakan dirinya dengan Beyza. Perjalanan cinta Pia yang menyayat hati membuatnya tak berpikir jernih. Di Laut Bosporus, Turki, dia berniat bunuh diri dengan menekankan gunting pada tangan kirinya. Untung, tokoh ini berhasil diselamatkan.

Kasus ini tak menyurutkan mimpi. Dia melanjutkan kuliah di Fulda University of Applied Sciences dan di Kassel University, Jerman (hal 136). Untuk menopang finansialnya, wanita tersebut bekerja paro waktu. Prinsip hidupnya dipegang teguh sampai berhasil lulus dengan memuaskan.

Bagi anak desa ini, Turki seolah-olah negara keduanya, apalagi, akhirnya Pia menikah dengan Onur Yildiz yang membawanya bertempat tinggal di Kota Izmir. Pia pun kembali ke Jerman untuk studi S-3. Tapi dia gamang karena suaminya di Turki. Sebagai seorang istri, Pia luluh pada prinsip sebagai pendamping suami. Dalam proyek penelitiannya berjangka waktu tiga tahun, Pia mengundurkan diri demi hidup bersatu dengan suaminya di Izmir (hal 325-338).

Ambisi dan prestasi Pia dalam studi bisa dikatakan menakjubkan. Jalinan cinta yang terkesan rumit dan unik menambah kesegaran novel ini. Lewat perjalanan dalam novel ini, pembaca disuguhi keindahan pesona Turki. Kota-kota seperti Istanbul, Antalya, dan Izmir dapat dijejaki untuk melihat peninggalan sejarah dan warisan budaya. Izmir memiliki pantai yang indah dan banyak peninggalan Yunani kuno sebab dulu bagian dari Yunani, tapi direbut Kerajaan Turki. Di Izmir juga ada House of Virgin Mary yang konon tempat Maria, Ibunda Yesus, menutup usia. (Hendra Sugiantoro - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Pesona Izmir

Penulis

: Putri Indri Astuti

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Romantis

Tebal

: 415 Halaman

ISBN

: 978-6027-663-98-5

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL ROMANTIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28793939

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit