Jangan Panggil Aku Kitty; Cinta Tanpa Batas Dunia Cetak E-mail
(3 votes)
Jangan Panggil Aku Kitty; Cinta Tanpa Batas DuniaDalam novel yang menjadikan kucing sebagai tokoh imajiner ini, pembaca diajak menyelami kehidupan seekor kucing bernama Kitty. Kucing bisa memiliki karakter baik apabila dibesarkan dan dididik secara baik pula. Awalnya, tokoh kucing dalam cerita ini hidup di alam liar. Nama Kitty diberikan Dinik yang menemukannya di got dekat rumah.
 
Umurnya sekitar 3 bulan dengan tubuh kurus. Kucing hitam pekat tersebut setelah dirawat menjadi gemuk. Kitty selalu dimandikan. Bulunya kian mengilap. Sorot mata pun tajam (hlm 14–15). Pada umumnya, kucing membenci air. Namun, itu hanya sebentuk ketakutan yang telanjur menjadi mitos.
 
Dengan kesabaran, Dinik memandikan Kitty unutk melawan ketakutan air. Pelajarannya, ketakutan-ketakutan juga kerap kali menghinggapi manusia dan bisa membebani. Padahal, ketakutan tersebut hanya rekayasa pikiran yang belum terbukti benar. Novel Jangan Panggil Aku Kitty mengandung pesan agar menjadi manusia yang benar-benar dewasa. Setelah besar, kucing tersebut tak mau dipanggil Kitty lagi karena itu nama kucing kecil yang imut. Kini, dia sudah dewasa dan tak lucu lagi (hlm 107).
 
Ia tak ingin selamanya menjadi kucing rumahan. Dengan tekad bulat, dia berkelana. Dengan sesama kucing, dia mengenalkan diri bernama si Hitam. Tantangan pun mengadang. Dulu selalu disiapkan makanan, kini sekuat daya dia harus mencari tikus karena tak mau mencuri. Ketika melihat orang makan, Hitam tak mau merintih dengan suara khas agar diberi.
 
Berpekan-pekan di alam bebas, keterampilan mencari makannya terasah. Manusia juga perlu hidup dalam tantangan. Alam bebas justru membuatnya mampu beraktualisasi diri dan mengembangkan potensi. Seperti manusia mencari nafkah, Hitam kerap kali kesulitan mendapat makanan. Tikus-tikus yang biasanya banyak, terkadang menyusut.
 
Menyadari masa paceklik, kucing terenyuh melihat nasib kucing lainnya. Ketika berhasil mendapat makanan, ia membagi makanan ke teman-temannya. Hitam tak mau mementingkan dirinya sendiri. Dalam masa kesusahan, Hitam mengetahui populasi tikus cepat berkembang di persawahan.
 
Tapi, dia menyadari ada ekosistem yang telah digariskan Tuhan. Menurutnya, tikus di sawah telah didesain Sang Pencipta sebagai santapan hewan predator lainnya. Ular sebagai predator tikus, juga mulai menyusut karena ditangkap. Kulitnya untuk bahan dompet, ikat pinggang, atau keperluan lainnya, sedangkan daging dan jeroannya untuk obat.
 
Hidup di alam bebas, Hitam merasakan ada ekosistem tak seimbang. Panen gagal karena serangan hama tikus sehingga menyebabkan harga beras melonjak. Manusia yang susah malah bertindak lebih ngawur lagi sehingga melahirkan bencana di manamana (hlm 137). Novel dengan sudut pandang kucing ini menarik disimak karena seolah-olah menyindir manusia yang dianugerahi akal acap kali bertindak tanpa mengindahkan etika sosial dan lingkungan. Manusia sering tidak dewasa. Dia harus lebih arif menjalani kehidupan dibanding kucing! (Hendra Sugiantoro - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Jangan Panggil Aku Kitty; Cinta Tanpa Batas Dunia

Penulis

: Samsaimo Paramina

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Romantis

Tebal

: 188 Halaman

ISBN

: 978-6027-724-34-1

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL ROMANTIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28793946

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit