Transportasi dan Investasi; Tantangan dan Perspektif Multidimensi Cetak E-mail
(1 vote)
Transportasi dan Investasi; Tantangan dan Perspektif MultidimensiTransportasi mungkin menjadi salah satu masalah paling krusial di Indonesia, mulai dari jalan jelek, angkutan umum yang tidak layak, keterlambatan pemberangkatan, sampai minimnya infrastruktur. Transportasi di ibu kota Jakarta, misalnya, masih mandek dari waktu ke waktu. Belum ada solusi jitu. Transjakarta hanya proyek gampang- gampangan, tidak mau membuat jalan sendiri seperti monorel. Transjakarta proyek gampanggampangan karena tinggal memagari jalan orang sehingga jalan umum berkurang, sementara penambahan jalan sama sekali tidak ada. Masih ada diskusi soal penggunaan transportasi massal cepat (MRT).
 
Sebaiknya itu segera direalisasikan untuk menunjang kepentingan transportasi di Jakarta. Di sinilah arti penting kehadiran buku ini yang mencoba membuka problem transportasi secara komprehensif. Transportasi Dilihat dari Berbagai Sisi (bab I). Buku ini mencoba menyajikan transportasi secara lengkap: darat, laut, dan udara. Di mana untuk transportasi darat, "Kereta Api Adalah Tumpuan Harapan" (bab 3).
 
Ini bukan ide baru karena negaranegara maju telah lama mengandalkan kereta sebagai angkutan massal. Di mana-mana ada kereta api. Sayang, Indonesia yang memiliki begitu banyak pulau, malahan kereta baru ada di Jawa dan Sumatra (hal 83). Itu pun peninggalan zaman Belanda dan hingga kini tak banyak bertambah secara berarti jumlah relnya. Jalur-jalur yang ada sebagian besar masih merupakan peninggalan penjajah Belanda. Jepang dan China, misalnya, sudah lama memiliki kereta api supercepat (hal 117).
 
Demikian juga Prancis. Tapi, Indonesia masih jauh dari angan-angan untuk memiliki kereta api supercepat. Padahal, kereta api supercepat mungkin akan menjadi pilihan pada hari-hari libur besar, bila pesawat udara penuh. Terkait angkutan air, negeri ini juga masih kekurangan banyak kapal. Di Merak sering kali banyak kendaraan harus antre berhari-hari karena kapal kurang, tambah lagi cuaca buruk. Ini harus dicari solusi agar tidak terjadi lagi dan lagi.
 
Jalur itu saat ini dilayani 41 kapal dan 38 yang reguler, tiga sebagai bantuan untuk mengurangi antean truk (211). Pertumbuhan penumpang udara di Indonesia sebenarnya bagus, rata-rata 12 persen. Jumlah penumpang mencapai 60 juta tahun 2011 (hal 255).
 
Hebatnya, pertumbuhan penumpang ke luar negeri jauh lebih tinggi, 23 persen. Tarif murah penerbangan memang memberi alternatif bagi penumpang. Dari Jakarta ke Yogyakarta kalau untung pada hari biasa bisa mendapat harga 312.000 rupiah, sementara pada akhir pekan tiket kereta api resmi 310.000 rupiah untuk Taksaka. Ini mendorong orang memilih pesawat karena lebih cepat dan harganya sama.
 
"Kompetisi harga yang terjadi di antara 15 maskapai penerbangan Indonesia memberi peluang bagi masyarakat menggunakan moda udara yang sesuai dengan kemampuan ekonomi dan preferensinya," (hal 255). Sayang, kondisi Bandara Soekarno Hatta kadang tidak mendukung agar pesawat bisa on time berangkat karena pesawat-pesawat harus antre untuk dapat lepas landas. Aneh, delay karena antre mengudara. Ini harus diatasi pengelola bandara supaya lebih kompetitif jasa penerbangan dalam negeri. (Paulina Sri Rahayu - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

:

Penulis

:

Penerbit 

Tahun

:

Genre 

Tebal

ISBN

:

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28793956

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit