Misteri Segi Tiga Bermuda Cetak E-mail
(1 vote)

Menguak Tabir Fenomena Misterius Bermuda Triangle

Misteri Segi Tiga BermudaSegi Tiga Bermuda terletak di sebelah barat daya Pulau Bermuda ke arah Miami, dari selatan Florida ke arah Key West, dari Bahama menuju Puerto Rico sejauh 150 LU. Wilayah yang membentuk segi tiga ini berada di Samudera Atlantik Utara bagian barat. Wilayah laut ini menyimpan cerita misteri karena di sinilah 20 pesawat terbang dan 50 kapal laut hilang dalam 100 tahun terakhir. Anehnya lagi, kapal-kapal dan pesawat-pesawat itu hilang tanpa meninggalkan bekas sebagaimana biasa terjadi pada kecelakaan moda transportasi.

Jawaban atas kejadian-kejadian itu sampai kini tak pernah terungkap. Kalaupun ada sesekali, jawaban itu berputar pada persoalan mistis irasional yang hanya memunculkan pertanyaan-pertanyaan baru yang tak pernah terjawab tuntas. Akhirnya orang melupakan peristiwa-peristiwa itu, dan kalaupun terjadi lagi, telah dianggap sebagai kejadian biasa.

Gian J Quasar, penulis buku ini, mencoba menjawab misteri Segi Tiga Bermuda dari sudut pandang ilmiah. Lulusan Universitas Oxford dan Universitas Cambridge ini telah melakukan serangkaian penelitian selama 12 tahun untuk mengungkap misterinya. Hasil penelitian dituangkan dalam buku 12 bab ini.

Serangkaian peristiwa Segi Tiga Bermuda karena adanya anomali waktu (time warp) terbentuk atas dasar perpaduan kekuatan waktu itu sendiri dengan medan magnetik. Hal itu sejalan dengan teori relativitas Einstein yang menempatkan perpaduan waktu dan magnetisme serta gravitasi sebagai faktor vital. Teori relativitas memandang gravitasi bukan sebagai kekuatan, namun kelengkungan ruang (curvature of space) di dekat objek yang besar. Cahaya yang merupakan panjang gelombang elektromagnetik yang umumnya mengikuti garis lurus akan membengkok ketika menjelajahi ruang yang lengkung. Relativitas juga menyatakan gravitasi mendistorsi waktu.

Berdasarkan teori ini, di kawasan Segi Tiga Bermuda, terjadi anomali medan elektromagnetik dengan pusaran magnetik yang mampu membelokkan gravitasi secara lokal. Akibatnya, juga membelokkan ruang dan waktu. Kapal dan pesawat yang berjalan melalui pusaran ini hilang karena tertelan waktu (halaman 141).

Fakta lainnya yang terungkap dari kawasan Segi Tiga Bermuda adalah adanya peradaban prasejarah yang terbenam di bawah laut 11.400 tahun lalu. Peradaban ini pernah mencapai kejayaan selama ribuan tahun dengan berbagai pencapaian teknologi yang mengagumkan. Peradaban ini berada di perairan Kepulauan Bahama.

Serangkaian bukti mendukung temuan ini. Perairan Kepulauan Bahama adalah satu-satunya perairan dangkal di dunia yang membentuk sebuah pulau besar jika ketinggian air laut diturunkan hanya 50 kaki. Pulau besar itu dulu merupakan lokasi peradaban prasejarah tadi.

Bukti-bukti arkeologis juga ditemukan. Berdasarkan penelitian J Manson Valentine dari Universitas Miami, yang hasil penelitiannya juga dimasukkan untuk memperkuat buku ini, di bawah laut Kepulauan Bahama ditemukan 30 lokasi batu berbentuk poligonal (bersudut banyak), mirip batu kebudayaan prasuku Inca di Peru.

Keberadaan peradaban prasejarah ini telah dikemukakan filsuf Plato menyangkut Atlantik (Kepulauan Bahama) sangat tepat, terutama perbedaan ukuran dibanding Mediterania, Karibia, dan Amerika (halaman 169).

Peradaban prasejarah ini telah berhasil menciptakan teknologi canggih yang sejalan dengan teori hutchinson effect yang ditemukan ilmuwan John Hutchinson. Ketika Hutchinson mempelajari panjang gelombang longitudinal dengan menyalakan berbagai peralatan yang memancarkan medan elektromagnetik dalam periode waktu tertentu, berbagai objek secara tiba-tiba tidak tampak, air dalam wadah berputar, dan manifestasi corona (cahaya eksotik) memenuhi ruangan (halaman 153).

Percobaan dengan "batu" juga telah memunculkan efek yang sama. "Batu" yang digunakan Hutchinson sejenis dengan batu poligonal yang ditemukan di perairan Kepulauan Bahama. Objek yang secara tiba-tiba tidak tampak membuka tabir tentang pesawat atau kapal yang hilang. Air yang berputar menjelaskan tentang gelombang dahsyat yang muncul. Manifestasi corona mengisyaratkan kabut yang menyergap, yang semuanya dialami pesawat atau kapal yang mengalami musibah di Segi Tiga Bermuda. (Muhamad Ilyasa - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Misteri Segi Tiga Bermuda

Penulis

: Gian J. Quassar

Penerbit 

: Ufuk Press

Tahun

: 2013

Genre 

: Fenomena Alam

Tebal

: 460 Halaman

ISBN

: -

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
FENOMENA ALAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28739739

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit