Kotak Hitam Sang Burung Manyar; Kebijaksanaan dan Kisah Hidup Romo Mangunwijaya Cetak E-mail

Kotak Hitam Sang Burung Manyar; Kebijaksanaan dan Kisah Hidup Romo MangunwijayaRomo YB Mangunwijaya adalah sosok sederhana, karismatik, dan memiliki visi hidup yang multidimensi. Begitu banyak bidang keilmuan yang ditekuni. Sisi hidup yang diselami sangat luas. Wajar jika dalam sinopsis buku Kotak Hitam Sang Burung Manyar: Kebijaksanaan dan Kisah hidup Romo Mangunwijaya ini dikatakan "Berbicara tentang Romo Mangun, seperti masuk dalam samudra” (hal v).

Membaca Romo Mangun seolah tiada pernah habis hikmah yang dapat dipetik, senantiasa meninggalkan hal menarik untuk dianalisis dan diinternalisasikan dalam hidup sehari-hari. Suyatno–murid sekaligus orang yang dekat dengan Romo Mangun– menuangkan nasihat-nasihatnya dalam bentuk potongan-potongan cerita yang mudah dicerna. Buku dibagi enam bahasan: Membongkar Wajah Seminari, Berpihak pada yang Lemah, Gereja yang Bisu dan Dungu, Manajemen Gereja Tetangga Ikut Menghidupi, Agama Kaum Muda Dewasa Ini, Belajar dari Sekitar untuk Menjadi Manusia.

Dari sekian banyak subbab yang disajikan, buku ini tak absen memotret kisah hidup Romo Mangun yang sarat kebijaksanaan. Misalnya, pada tulisan yang berjudul Baik, Belum Tentu Bijaksana, yang menceritakan nasihat Romo Mangun saat ditanya tentang seorang pastor mengambil sisa nasi tanpa izin saat puasa. Nasi tersebut diberikan kepada masyarakat Code. Romo mangun menjawab "Kuwi bener ning ora pener”, itu benar tapi tidak tepat (hal 4).

Hal ini mengajarkan bahwa tidak selamanya kebaikan dalam hidup mencerminkan kebijaksanaan. Selain memotret kehidupan Romo Mangun, buku ini juga menyajikan tentang teologi Katolik dan eksistensi Gereja serta hubungannya dengan solidaritas kemanusian di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, teologi Katolik sangat erat hubungannya dengan solidaritas kemanusian. Gereja sebagai tempat beribadah selalu memiliki program kemanusian dan menebar berkah bagi seluruh manusia.

Hal ini dibuktikan dengan perjuangan kemanusian yang kerap dilakukan Romo Mangun semasa hidup. Untuk itu, ketika Romo Mangun ditanya tentang aktivitasnya, dia menjawab, "Sebenarnya yang saya lakukan hanya untuk menyebarkan Injil dan iman Katolik” (hal 20). Tidak hanya itu, disorot pula dekadensi moral dan minimnya penghayatan kaum muda terhadap ajaran agama dewasa ini. Kaum muda yang dipandang sebagai pemangku masa depan bangsa, menurut Romo Mangun, seharusnya tidak mengabaikan etika dan ajaran agama.

"Kecenderungan kawula muda saat ini menganut agama Th e Happy Religion, nabinya tokoh sinetron, kitab sucinya play station, tempat ibadahnya mal atau kafe, sedang spiritualitasnya fashion and food. Jadi, wajar jika zaman semakin maju, namun etika tambah hancur.

Ajaran agama hanya berada dalam kitab suci, tidak dalam hidup keseharian” (hal 80). Dalam upaya menjadi manusia utuh, yang siap menghidupi lingkungan sekitar dan menginternalisasikan ajaran-ajaran agama yang penuh damai dan lebat kebijaksanaan, Suyatno, penggerak Interfait (Forum Persaudaraan Umat Beriman Yogyakarta), menuliskan kembali nasihatnasihat dan sharing pengalamannya bersama Romo Mangun. Sebagai buku yang ditulis berdasarkan hasil rekam ingatan, tentu saja tak cukup mewakili gambaran kebijaksanaan serta kisah hidup Romo Mangun secara utuh. (A Rusliyanto - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Kotak Hitam Sang Burung Manyar; Kebijaksanaan dan Kisah Hidup Romo Mangunwijaya

Penulis

: Y Suyatno Hadiatmojo Pr

Penerbit 

: Galang Press 

Tahun

: 2013

Genre 

: Katolik

Tebal

: 110 Halaman

ISBN

: 978-6028-174-89-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KATOLIK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29369216

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit