Betang; Cinta yang Tumbuh dalam Diam Cetak E-mail
(1 vote)
Betang; Cinta yang Tumbuh dalam DiamDayung merupakan salah satu jenis olah raga andalan Indonesia. Atlet cabang ini pernah mempersembahkan sembilan medali emas di Sea Games Palembang tahun 2011. Novel ini bercerita tentang seorang gadis remaja bernama Danum, yang jatuh cinta pada olah raga tersebut sejak pertama kali memegang alat dayung. Dia kemudian menjadikan atlet dayung sebagai urutan pertama pada daftar cita-citanya, (hal 17).
 
Danum, yang lahir dan dibesarkan di betang (rumah adat Kalimantan), bersahabat dengan seorang pria bernama Dehen sejak kecil. Dehen juga menyenangi dayung dan bercita-cita sama. Sejak kecil, mereka bersama-sama menyusuri sungai dengan jukung (perahu) dan balapan. Kebersamaan diam-diam menumbuhkan perasaan simpati keduanya, namun tak pernah terungkap. Perjalanan Dehen menuju cita-citanya menjadi atlet dayung terbilang mulus. Dalam waktu singkat, dia telah berhasil masuk pelatnas dan mengharumkan nama Indonesia karena meraih medali emas dalam kejuaraan Korea Terbuka di Busan, (hal 41).
 
Namun sebaliknya dengan Danum, dia berkali-kali gagal di perlombaan tingkat daerah hingga jauh tertinggal dari Dehen. Ketika akhirnya berkesempatan dipanggil kualifikasi tim provinsi, Danum agak bimbang karena harus ke Palangkaraya. Ini artinya, Dia harus meninggalkan kakek yang sangat disayanginya di rumah betang. Kakek menjaga Danum sejak ibu meninggal, sementara ayahnya kabur.
 
Kakaknya, Arba, sempat ikut ayahnya. Namun, Arba kembali ke betang karena ayahnya dipenjara. Berkat dukungan penuh Arba dan kakek, Danum memutuskan mengejar cita-cita. Dia lolos kualifikasi. Kebimbangan kembali mendera karena dia harus pemusatan latihan berbulan-bulan. Danum merasa tak sanggup berpisah begitu lama dengan betang, kakek, dan juga Arba. Selama ini, kakek tidak pernah meninggalkan. Kakek selalu ada saat satu demi satu orang-orang yang dicintainya pergi, (hal 70).
 
Novel 175 halaman ini sarat pesan moral dalam perjuangan meraih cita-cita dan cinta. Latar lokalitas Kalimantan, kultur Dayak, dan selipan kosakata daerah, turut mewarnai nuansa eksotis jalinan cerita. Pembaca diajak mengenali rumah betang dan ciri-cirinya, suasana pedesaan di tanah Borneo yang hijau dan asri. Di dalamnya juga disuguhkan kehidupan masyarakat setempat, di antaranya bertanam dan mengembangbiakkan kayu ulin. Meski tidak menyajikan konflik yang tajam, novel cukup memberi nilai-nilai inspiratif lewat kalimat-kalimat motivasi yang disebar pada setiap bab. Melalui tokoh Danum, novel ini mengajarkan pentingnya arti kegigihan dan pengorbanan, termasuk saat harus meninggalkan keluarga yang dicintai demi mengejar cita-cita.
 
Novel ini seakan ingin mengingatkan, negeri ini menyimpan potensi atlet olah raga yang tak kalah bersinar dibandingkan cabang populer seperti bulu tangkis dan sepak bola, yaitu dayung. Apalagi, kondisi geografis Indonesia yang banyak memiliki sungai dan di kelilingi lautan, sangat memungkinkan melahirkan lebih banyak lagi atlet-atlet dayung potensial untuk mengharumkan bangsa. Tak peduli meski berasal dari daerah terpencil sekalipun, setiap orang berhak membela negara. Yang penting gigih dan komitmen dalam meraih cita-cita seperti Danum, yang akhirnya sukses menjadi atlet dayung andal dan melambungkan merah putih. (Riawati Elyta - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Betang; Cinta yang Tumbuh dalam Diam

Penulis

: Shabrina WS

Penerbit 

: Quanta

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Drama

Tebal

: 175 Halaman

ISBN

: 978-6020-220-35-2

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL DRAMA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27202328

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit