Ekspedisi Sungai Nil; Sebuah Perjalanan Spiritual Cetak E-mail
(1 vote)
Sejarah Luar Biasa Mesir 
 
Ekspedisi Sungai Nil; Sebuah Perjalanan SpiritualNegara Mesir diapit benua Afrika dan Asia. Di bagian utara dibatasi Laut Mediterania serta di selatan dibatasi Sudan dan negara-negara Afrika. Mesir memiliki situ-situs sejarah luar biasa tinggi nilainya. Sampai sekarang situs tersebut terus digali para ahli sejarah dan arkeolog kelas dunia.
 
Sebagai negara wisata peradaban masa silam, Mesir memunyai ribuan artefak yang menjadi daya tarik kuat para wisatawan mancanegara, salah satunya peninggalan spektakuler sehingga dimasukkan ke dalam daftar keajaiban dunia adalah Piramida Giza (hal 26). Wisatawan juga bisa menyusuri Sungai Nil yang sangat eksotis. Sungai kontroversial yang melintasi sembilan negara Afrika ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Melihat halaman kompleks Abu Simbel, persis menghadap ke Danau Nasser, penulis dibuat berdecak. Di dalamnya berdiri kokoh dua buah kuil yang megah setinggi lebih dari 30 meter.
 
Meskipun bangunan sudah tidak utuh lagi karena berusia lebih dari 3.000 tahun, masih tetap menakjubkan. Reruntuhan tempat ibadah rakyat Mesir kuno itu masih menyisakan kemegahannya (hal 63). Bukan hanya kuil yang membuat kagum, tetapi juga patung raksasa yang menempel di wajah kuil itu. Ada sepuluh patung yang tingginya 20 meter. Turun dari kawasan Abu Simbel, tepat di Kota Aswan, terdapat pemandangan bukit bebatuan dan padang pasir yang tandus. Enam kilometer memasuki kota, ada Bendungan Aswan yang sangat besar, tempat rakyat Mesir banyak menggantungkan hidupnya. Bendungan raksasa yang dibangun dengan bebatuan sebanyak 17 kali Piramida Giza itu dapat menampung air dalam jumlah yang sangat besar.
 
Turun dari Kota Aswan yang indah, wisatawan dapat melihat Luxor yang merupakan “mekkah”-nya masyarakat Mesir kuno, sekaligus pusat pemerintahan para Firaun di zaman New Kingdom (hal 93). Yang sangat menakjubkan adalah masjid di atas reruntuhan kuil. Awalnya, Kuil Luxor terpendam karena telah runtuh ribuan tahun silam. Yang kelihatan hanyalah ujung-ujung tiang kokoh mencuat di permukaan tanah. Tiang-tiang itu dimanfaatkan untuk dibangun masjid (hal 94). Yang paling mengesankan, kemegahan makam Tutankhamun terbungkus 120 kilogram emas. Sejak pintu masuk, posisi lubang gua makam itu memang sudah menarik karena berada di samping bawah lubang makam Ramses VI. Itulah sebabnya, makam Firaun yang mati dalam usia 18 tahun itu ditemukan paling akhir (hal 127).
 
Jasadnya berada di dalam coffin (peti berbentuk manusia) berlapis 3. Coffin pertama terbuat dari kayu berlapis emas dengan untaian batu-batu perhiasan. Coffin kedua juga terbuat dari kayu berlapis emas dan batu-batu mulia. Coffin ketiga inilah yang membuat Howard Carter menarik napas panjang sambil melotot karena peti berbentuk manusia itu terbuat dari emas murni seberat 120 kilogram dan berhiaskan untaian batu-batu mulia (hal 133). Di Kota Asyut, turis dapat mencari Akhetaten (sebuah kota yang hilang).
 
Kota yang dulu pernah menjadi pusat kerajaan Mesir Kuno selama 15 tahun. Tak hanya itu, terdapat sebuah kawasan masjid yang berdampingan dengan gereja dan sinagoga. Kawasan itu adalah Kairo Lama, tempat kota Tustat dulu berdiri sebagai pusat pemerintahan Mesir. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan mendaki Gunung Sinai dan menyusuri Laut Merah. Mesir memang memunyai daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Situs-situsnya yang masih terjaga banyak menyedot turis asing untuk berwisata. Meskipun Mesir memunyai suhu panas sangat tinggi, antusiasme para wisatawan tak terganggu. (Rina Noviana - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Ekspedisi Sungai Nil

Penulis

: Agus Mustofa

Penerbit 

: PADMA Press

Tahun

: 2013

Genre 

: Pariwisata

Tebal

: 368 Halaman

ISBN

: 978-979-1070-30-0

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PARIWISATA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27202541

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit