Tips Diet Berdasarkan Golongan Darah Cetak E-mail
(1 vote)

Mungkin yang membuat bersedih, pemilik golongan darah B justru perlu membatasi konsumsi kedelai dan hasil olahannya seperti tempe, tahu, dan susu. Kedelai tidak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh golongan darah B.

Diet sering diartikan upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Menurut Encyclopedia Websters New World diet adalah seleksi makanan bagi orang tertentu. Lebih tepatnya, diet adalah suatu perilaku untuk mengatur pola makan, bisa untuk menurunkan berat badan, meningkatkan berat badan, atau pantangan terhadap makanan tertentu.

Ada berbagai metode diet. Di dalam buku ini dijelaskan seluk-beluk diet berdasarkan golongan darah mulai dari manfaatnya hingga tata cara pelaksanaan. Makanan dan minuman tiap golongan darah dibagi berdasar sangat bermanfaat, netral, dan pantangan. Mungkin ada yang baru mendengar diet berdasarkan golongan darah, padahal sudah populer sejak lama. Penelitian menyebutkan, golongan darah berpengaruh besar terhadap program diet karena dapat mempengaruhi sistem pencernaan (hlm. 11-12).

Diet mulai dari golongan darah A, AB, B, dan O. Yang bergolongan darah A karena rentan terhadap serangan jantung, kanker, dan diabetes mellitus, maka penting memilih makanan yang segar, alami, serta organik. Golongan darah ini sulit mencerna daging karena kadar asam lambungnya rendah. Produk-produk susu juga susah dicerna dan bisa memperlambat proses metabolisme. Golongan darah A bisa menoleransi sejumlah kecil produk susu yang difermentasi. Golongan darah A sensitif terhadap lektin yang terdapat pada kentang, ubi jalar, kol, tomat, dan merica.

Sayur-sayuran sangat penting bagi golongan darah A sebagai sumber mineral, enzim, dan antioksidan. Seharusnya menghindari mangga, pepaya, melon dan jeruk karena tidak bagus bagi saluran pencernaan. Buah yang boleh seperti berry, plum, persik, pisang, anggur, dan apel. Buah-buahan lainnya seperti nanas, cery, aprikot, grapefruit, dan lemon memiliki enzim yang bagus untuk membantu sistem pencernaan.

Bagi pemilik golongan darah B yang rentan terhadap penyakit autoimun (penyakit yang diakibatkan gangguan sistem kekebalan tubuh) dan akibat serangan virus sangat penting mengonsumsi banyak sayuran hijau yang umumnya kaya magnesium. Namun, harus waspada terhadap lobak, tomat, dan jagung, termasuk jagung muda untuk sayur bening atau perkedel jagung, karena dapat menurunkan metabolisme dan membuat darah lebih pekat. Yang sensitif malah dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung (hlm 70).

Mungkin yang membuat bersedih, pemilik golongan darah B justru perlu membatasi konsumsi kedelai dan hasil olahannya seperti tempe, tahu, dan susu. Kedelai tidak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh golongan darah B. Justru membutuhkan makanan hewani, terutama ikan, susu, dan hasil olahannya, serta daging sebagai sumber utama protein untuk mendapat kesehatan prima. Dia bebas mengonsumsi berbagai macam sayuran, kecuali tomat dan jagung muda (hlm 74-75).

Bagi pemilik golongan darah O, hindari susu yang berlemak karena sulit diubah menjadi energi. Bila ingin mengonsumsi susu sebaiknya dari kedelai rendah lemak. Hindari juga buncis dan kacang polong karena mengandung lektin yang dapat menimbulkan rasa nyeri. Semua jenis buah dapat dikonsumsi, kecuali buah dengan kandungan asam tinggi, seperti jerus manis dan jeruk keprok. Kandungan asam yang tinggi dapat menyebabkan keracunan usus. Harus juga berhati-hati dalam mengonsumsi kopi karena dapat meningkatkan kadar asam lambung (hlm 124).

Diet berdasarkan golongan darah bukan sekadar mendapat tubuh langsing, tetapi juga kesehatan prima berkat kesesuaian pola makan dan tubuh yang saling menunjang. (Budhi Dariyah Astuti - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Tips Diet Berdasarkan Golongan Darah

Penulis

: Hamid Prasetya Subagja

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2013

Genre 

: Kesehatan

Tebal

: 169 Halaman

ISBN

: 978-6022-552-91-8

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 26337166

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit