Lonceng Cinta di Sekolah Guru Cetak E-mail
(1 vote)

Lonceng Cinta di Sekolah GuruBuku ini diawali dengan sebuah cerita pada pertengahan tahun 1983 tentang Nurus, tokoh utama yang merantau dari kampung halamannya di Supayang, Batusangkar, ke Padang Panjang untuk menempuh pendidikan di Sekolah Pendidikan Guru (SPG). Nurus berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya hanyalah seorang pedagang yang acap merantau ke luar kota.

Sebenarnya dia tak ada niat bersekolah di SPG. Namun, ketika tamat SMP, dia mencoba mendaftar ke beberapa SMA di Batusangkar, dan ternyata ijazahnya tak memenuhi syarat. Hanya SPG itulah sekolah yang mau menerimanya. SPG ini luasnya 5 hektare dengan dua bangunan induk, ruang belajar, ruang guru, serta dua asrama.

Asrama menjadi garansi bagi orang tua yang menitipkan anak mereka belajar karena dengan tata tertib dan peraturan yang ketat, siswa SPG diajarkan disiplin, patuh, serta lebih fokus dalam belajar. Nurus sendiri tidak menjadi bagian dari asrama putra karena tak suka peraturan ketat. Dia juga menolak dibentak para senior asrama. Dia pun sesungguhnya tak punya cukup uang buat tinggal di asrama. Nurus adalah siswa senior pada saat itu.

Dia jatuh cinta pada adik kelasnya, Zeta Zazara. Nurus tergilagila pada Zeta dan memanggilnya bidadari. Namun, kisah cinta Nurus dengan Zeta ternyata banyak mendapatkan halangan. Nurus juga memiliki keahlian konsultan cinta. Banyak kawan wanita dan pria minta dibuatkan surat cinta. Nurus senang-senang saja melakukannya. Malah suatu kali ia sempat membuat seorang gadis jatuh cinta padanya karena keahliannya merangkai kata-kata.

Tata nama gadis itu. Dia menyatakan cintanya pada Nurus melalui surat. Meski Nurus tengah mabuk cinta pada Zeta, dia tergoda juga untuk membalas perasaan Tata. Jadilah cinta segi tiga. Di kelas, ada pula temannya bernama Ridwan yang jatuh cinta pada Zeta. Bukannya melarang Ridwan untuk menghentikan perasaannya, Nurus malah membiarkan Ridwan bersaing dengannya secara sehat.

Dia ingin menguji kualitas cinta Zeta. Setelah menyelesaikan pendidikan di Padang Panjang, Nurus harus berpisah dengan Zeta. Mereka saling berjanji untuk terus memberi kabar dan tak pernah berubah dalam perasaan. Nurus sempat mengunjungi Yogyakarta dan Jakarta sebelum akhirnya lulus Sipenmaru dan diterima di IKIP Padang. Apakah Nurus akhirnya akan berjodoh dengan Zeta atau terpisah? Buku ini menceritakan sisi lain kehidupan seorang guru.

Di dalamnya juga diajarkan banyak sekali petuah dari ajaran orang tua di masa lampau, khususnya daerah Sumatra Barat. Membaca buku ini seperti menghayati sebuah karya klasik sebab bahasa Melayu yang kental begitu terasa dalam tulisan. Meski begitu sederhana, ceritanya tak bosan dibaca sampai lembar terakhir.

Namun, alur cerita yang bolak-balik dan kadang melompat-lompat mungkin agak membingungkan juga. Misalnya ketika Nurus bercerita saat pulang kampung dan membuat sandiwara. Lalu ada cerita masa SD dan tentang Ridwan yang ayahnya masuk penjara. Buku ini juga menggambarkan dengan sangat detail suasana alam di daerah Padang Panjang, Batusangkar, Kerinci, Lembah Anai, dan kampung halaman Nurus sendiri, Supayang. Barangkali semua keasrian itu sudah berubah sekarang, dan masyarakat tak sempat menikmati lagi. (Yuliasih Puji R Hardy - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

:

Penulis

:

Penerbit 

Tahun

:

Genre 

Tebal

ISBN

:

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL ROMANTIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27935756

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit