Storycake for Your Life; Living Abroad Cetak E-mail
(1 vote)

Susah Senang di Negeri Orang

Storycake for Your Life; Living Abroad

Tinggal di negeri orang membuat seseorang dapat menimba banyak pengalaman. Dia juga dapat berjalan-jalan ke tempat-tempat mengasyikkan yang tak terbayangkan sebelumnya atau berbelanja dan bertemu banyak orang dengan aneka latar budaya. Itu kabar manisnya.

Hidup selalu memiliki dua sisi, positif dan negatif. Hidup atau tinggal di luar negeri tak selalu indah. Ada juga sisi-sisi berjuangnya. Itulah yang dialami 24 partisipan antologi Living Abroad dari seri Storycake for Your Life. Karya disajikan mengambil model tulisan-tulisan Chicken Soup for the Soul, kumpulan tulisan yang menggugah dan inspiratif. Para partisipan seluruhnya kaum hawa yang tinggal di luar negeri. Mereka berada di negeri orang dengan berbagai alasan seperti kuliah, mendampingi suami, bekerja, atau dinikahi warga asing.

Ceritanya mulai dari Asia hingga Eropa. Dari panasnya suhu Arab Saudi sampai dinginnya Swedia, negeri cantik berselimut salju. Mereka tinggal di 24 negara dalam empat benua.

Salah satu penulis, Lina Herlina Yusuf, menuturkan tentang kekagetannya serta rasa kagum saat pertama kali tinggal di sebuah perkampungan di atas air, Brunei Darussalam. Bukan karena pertama kali melihat rumah-rumah sederhana di atas air dan berjembatan kayu, namun berfasilitas serbamodern (hal 15).

Ada juga Nyi Penengah Dewanti, seorang buruh migran Indonesia di Hong Kong. Dia menceritakan pengalaman kerja dengan majikan yang kurang bersahabat. Lalu Atik HW menuturkan suka-duka mengikuti tugas suami berpindah-pindah dari Argentina dan Brasil hingga melahirkan anak pertama. Dia harus lalu hidup di kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di dunia, Rio de Janeiro.

Pengalaman cukup ekstrem dialami Anizma Ridho di Oman mengikuti tugas suaminya. Pertama datang mereka disambut badai gurun dahsyat bernama Gonu. Pintu lobi hotel yang biasanya harus didorong dulu agar bisa berputar, kali ini bagaikan kipas angin. Dia terus berputar tanpa henti didorong angin kencang dari luar. Pohon-pohon kurma di depan dan di samping hotel bergoyang nyaris roboh. Semua orang terpana. Bahkan, penduduk asli, Omani, tak pernah mengalami ini (hal 79).

Pembaca dapat memetik pelajaran penting bahwa menjalani hidup di belahan bumi mana pun akan selalu berhadapan dengan dua sisi: hitam-putih, senang-sedih, suka-duka, positif-negatif. Dua sisi ini akan selalu menyertai kehidupan tanpa bisa dihindari. Yang penting pembaca harus mampu menyikapi dua sisi yang saling bertolak belakang ini agar hidup menjadi seimbang. (Fardelyn Hacky - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Storycake for Your Life; Living Abroad

Penulis

: Nurul Asmayani, dkk

Penerbit 

: Gramedia Pustaka Utama

Tahun

: 2013

Genre 

: Motivasi

Tebal

: 300 Halaman

ISBN

: 978-979-22-9558-0

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27945278

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit