Titik Nol; Makna Sebuah Perjalanan Cetak E-mail
(1 vote)

Titik Nol; Makna Sebuah PerjalananSafarnama berasal dari bahasa Persia. Safar berarti perjalanan. Nama berarti tulisan, (hal 9). Buku ini memaparkan kisah perjalanan ke berbagai negara, seperti Mongolia, Tibet, Nepal, India, dan Pakistan. Salah satu kisah eksotis tentang nuansa mistis puncak Everest.

Menatap puncak Everest, menyaksikan garis kurvanya yang tegak dan curam, tentu terbayang betapa sulit perjuangan para pendaki mencapainya, (hal 113). Meski sudah menelan banyak korban, pesona puncak Everest tidak pernah memudar, bahkan semakin menantang.

Perjalanan adalah eksplorasi untuk menemukan dunia "lain", (hal 133). Betapa dalamnya filosofi dari sebuah pelancongan. Perjalanan adalah proses menyusuri, (hal 259). Mungkin karena alasan inilah, penulis, Agustinus Wibowo, memaparkan kisah perjalanannya dalam buku setebal 552 halaman.

Petualangannya tidak selalu mulus. Berbagai rintangan dan tantangan dihadapi dengan tabah, termasuk menemukan banyak keunikan budaya dan tradisi negara-negara seperti India. Negeri ini memiliki ritus sejak ribuan tahun, termasuk seks dan misterinya, (hal 246). Di Pakistan ditemukan istilah "negeri tanpa wanita".

Selain itu, ada juga sisipan potret kehidupan sosial di berbagai negara. Seperti biasa, orang kecil harus bekerja ekstrakeras walau tetap tidak sejahtera. Mereka menjadi tenaga kerja di Malaysia dengan perlakuan tidak manusiawi. India yang berpenduduk kedua terpadat di dunia memiliki kehidupan sosial sangat memprihatinkan dan jorok. Penipuan di mana-mana. Fasilitas transportasi umum tidak terawat.

Ada juga informasi tentang citra umat Kristen di Pakistan yang digambarkan penuh kemiskinan. Mereka tinggal di perumahan kumuh sebagai pembersih jalan. Mereka dipandang sebagai kelas bawah dan terpinggirkan, (hal 460). Isu ini mestinya bisa menjadi tema penting bagi negara-negara Kristen yang makmur. Mereka perlu mengulurkan tangan bagi saudara seimannya yang masih hidup susah. Keunikan lain dari buku ini tidak semata-mata berkisah tentang perjalanan, tapi juga sisi-sisi lain, seperti sosial dan kemanusiaan atau kekeluargaan.

Perjalanannya diawali dengan sebuah perpisahan mengharukan dengan keluarga. Perjalanan itu belajar melihat dunia luar, tapi juga ke dalam diri. Pulang memang jalan yang harus dijalani. Dari titik nol berangkat ke titik nol pula kembali, (hal 531). Tidak heran, buku ini bertitel Titik Nol! Pembaca bisa memetik pengalaman risiko seperti dirampok, ditipu, dan tentu saja eksotisme tempat-tempat wisata. (Yulia Endang Wahyuningsih - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

:

Penulis

:

Penerbit 

Tahun

:

Genre 

Tebal

ISBN

:

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KISAH NYATA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28796509

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit