Haji Koboi; Catatan Perjalanan Haji Backpacker Cetak E-mail
(1 vote)

 Petualangan Spiritual

Haji Koboi; Catatan Perjalanan Haji Backpacker

Biasanya, para calon haji yang akan berangkat diberi kelengkapan dari Kementerian Agama berupa buku saku beribadah haji. Di dalamnya tertulis jelas soal rukun haji, jadwal kegiatan, dan daftar barang-barang wajib.

Secara pribadi, calon haji sebaiknya juga menambah informasi dari sumber lain, jangan hanya terpaku pada buku panduan Kementerian Agama, seperti buku haji backpacker ini yang berisi pengalaman penulis berhaji.

Banyak informasi yang sangat bermanfaat. Buku haji backpacker biasanya berkisah langsung tentang kejadian-kejadian selama ibadah haji, dan biasa berbeda jauh dari teori. Buku Haji Koboi kebetulan ditulis seseorang yang sudah enam kali melaksanakan haji dengan prosedur yang beragam. Informasi di dalamnya sangat lengkap, mulai urusan surat-surat izin, prosesi hari tarwiyah, info makanan, sampai penipuan.

Bab awal menceritakan prosedur melaksanakan ibadah haji. Dia melaksanakan haji dua kali dengan paket resmi, dua kali via paket semi resmi, dan dua kali dengan cara haji koboi. Paket resmi biasanya mengikuti dalil-dalil agama dan peraturan pemerintah. Paket haji semi resmi ada surat izin berhaji tidak sampai 100 persen. Adapun paket haji koboi tanpa surat kelengkapan haji sama sekali. Namun, haji koboi justru tingkat efisien dan kekhusyukannya lebih tinggi karena bisa menghilangkan hal-hal yang tidak perlu pada paket haji resmi dan semi resmi.

Walau demikian, haji koboi memang menuntut kesiapan fisik dan mental yang luar biasa karena semua prosedur haji betul-betul dilakukan mandiri. Jangan pernah mencoba paket haji ini kalau belum paham betul medan juangnya. Sebab risiko tinggi, terutama ditangkap petugas Pemerintah Arab Saudi (halaman 3). Dengan sharing pengetahuan ini, calon menjadi punya bayangan trik yang harus dipikirkan agar urutan rukun haji bisa terlaksana, namun tetap bisa menembus "birokrasi".

Dalam bab-bab akhir, diceritakan macam macam penipuan di Arab. Yang paling sering terjadi, ada calo Hajar Aswad yang sering memeras jemaah haji dengan iming-iming kemudahan mencium Hajar Aswad. Banyak yang ingin mencium karena Hajar Aswad dijadikan tempat penyembahan untuk mendapat berkah. Kalau demikian, sudah termasuk musyrik (halaman 107)

Buku ini juga memberi tip singkat tapi mendetail yang mungkin tidak ditemukan dalam panduan dari Kemenag atau lembaga bimbingan haji. Contoh tip, kenali pintu-pintu darurat selama di perkemahan, baik di Arafah maupun Mina. Siapkan krim anti nyamuk. Hafal beberapa kata penting dalam bahasa Arab, seperti syukron (terima kasih), afwan (maaf), away (ya) dan la (tidak). Karya ini layak dibaca calon haji. (Rena Puspa - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Haji Koboi; Catatan Perjalanan Haji Backpacker

Penulis

: Rita Audriyanti

Penerbit 

: Gramedia Widiasarana Indonesia

Tahun

: 2013

Genre 

: Memoar Traveling

Tebal

: 160 Halaman

ISBN

: 978–6022-511-14–4

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MEMOAR TRAVELING

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29807893

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit