Katekismus Kristologi Cetak E-mail
(1 vote)

Katekismus KristologiUmur agama-agama besar terhitung sudah tua. Namun begitu, senantiasa masih saja ada sejumlah pengertian atau pemahaman yang perlu digali lebih dalam lagi. Dengan kata lain, selalu ada pertanyaan tersisa kaum agamis menyangkut kehiduan imaninya. Ada pertanyaan yang belum tuntas terjawab. Semua itu diupayakan untuk dijawab demi totalitas dalam beragama.

Problem pada agama-agama besar hampir selalu senada, senantiasa diikuti bidah-bidah atau penyimpangan, tak terkecuali agama Kristen. Kaum beragama senantiasa memiliki sejumlah pertanyaan yang terus-menerus menyertai dan juga berusaha mencari jawab. Pertanyaan tersebut di antaranya menyangkut seputar pendiri. Hal ini tak terkecuali terjadi juga pada kalangan Kristiani. Mereka memiliki pertanyaan seputar siapa Yesus. Bahkan secara khusus menggelutinya dalam "ilmu” khusus kristologi.

Dalam sejarahnya ada bermacam-macam bidah yang berkembang menyangkut pengertian yang salah tentang Yesus. Orang-orang zaman modern memiliki banyak pertanyaan tentang Dia (hal 5). Untuk itu, berbagai langkah terus dilakukan para ahli, baik teolog maupun filsuf, guna menjawab berbagai kegelisaan masyarakat beragama.

Dalam buku Katekismus Kristologi ini termuat 25 pertanyaan seputar Yesus yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat menyangkut, di antaranya, kehidupan masa kecil, mukjizat, hingga apakah Yesus mengetahui segala sesuatu dan tentang masa depan. Dari judulnya sebagai katekismus, tentu buku ini tidak ringan dan mungkin juga kering.

"Buku ini mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang hidup di masyarakat dan usulan dengan membatasi diri atas dasar Kitab Suci menggunakan metode-metode tafsir modern (kover belakang). Pembaca harus membuka lembar per lembar halaman sendiri untuk mengetahui seluruh isi buku karena tidak dibuat daftar isi. Memang andai dibuat 25 daftar pertanyaan sebagai daftar isi akan memudahkan pembaca untuk memilih tema atau pertanyaan yang akan digeluti.

Tidak mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan, misalnya seputar mukjizat. Ini akhirnya menjadi pergumulan filosofis ataukah memang Allah begitu terlibat dalam segala sesuatu (hal 92-93). Memang harus tetap tinggal begitu sebab andai seluruh pertanyaan seputar Dia terjawab, sudah bukan yang ilahi lagi.

Akhirnya semua kembali kepada kodrat manusia bahwa dia tidak mungkin mampu menyelami keseluruhan yang ilahi. Namun, ini tidak boleh memutuskan semangat atau dorongan bagi manusia untuk terus-menerus menemukan jawab "Siapa Dia”. Setiap kaum beriman harus tidak putus mengejar dan mencari-Nya demi mendekati kebenaran yang sejati.

Maka, mungkin 25 pertanyaan terlalu sedikit. Ada ribuan pertanyaan yang tersisa. Maka sedikit demi sedikit harus dicari oleh manusia agar hari demi hari semakin mendekati kebenaran. Setiap penemuan jawaban atas sebuah pertanyaan akan timbul pertanyaan lagi. Begitu seterusnya sehingga pencarian tak boleh dihentikan sampai dihentikan oleh sang maut itu sendiri. (Dominica Xyannie - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

:

Penulis

:

Penerbit 

Tahun

:

Genre 

Tebal

ISBN

:

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KRISTEN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 26294313

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit