Masque of the Red Death Cetak E-mail
(1 vote)

Klasik dan Mencekam

Masque of the Red Death

Buku Masque of the Red Death merupakan karya fiksi yang menggabungkan kekuatan klasik dan modern. Bethany Griffin berhasil menyajikan karya langka dengan modal ikhtiarnya dalam merangkai imajinasi serta intuisi yang asyik dan menghentak. Novel fantasi ini tidak terjebak pada problematika dan idiom-idiom klise yang ditawarkan karya-karya serupa. Dia mengajak pembaca untuk bersama-sama mengatasi persoalan yang membelit tokoh utama, tanpa menggurui. Novel terinspirasi Edgar Allan Poe dalam The Masque of the Red Death. Guna mengekalkan kecintaan penulis terhadap kebesaran pengarang favoritnya itu, judul novelnya pun dibuat hampir mirip dengan dengan menghilangkan "the" di depannya.

Jadilah Masque of the Red Death. Kisahnya dibuka dengan peristiwa mengejutkan. Berawal dari wabah yang menyebabkan banyak kematian, diciptakanlah masker (topeng) untuk menyelamatkan masyarakat. Sayangnya, penutup muka berbahan keramik ini harganya selangit sehingga yang dapat membeli hanya orang kaya. Masyarakat miskin tak mungkin memilikinya. Dengan kondisi demikian, lahirlah ketimpangan-ketimpangan sosial. Para pemakai masker bisa menjalankan aktivitas sesuka hati. Mereka yang tidak mengenakannya hanya mampu mengurung diri di rumah demi menghindari wabah.

Mahalnya harga masker menimbulkan banyak protes orang-orang miskin. Mereka menginginkan agar nilai nominal pelindung lubang hidung dan mulut tersebut diturunkan. Dr Worth, perancangnya, terkena imbas. Dia dianggap telah melakukan konspirasi sehingga hanya orang-orang kayalah yang leluasa berkeliaran ke sana kemari tanpa ada kekhawatiran sedikit pun. Padahal, dengan merancang alat penyaring virus berbahaya tersebut, Woth ingin mengabdikan diri untuk keselamatan dan kesejahteraan manusia. Tingginya harga masker di luar tanggung jawabnya. Pemilik pabrik pembuat maskerlah penentunya.

Novel dibagi ke dalam 27 babak dengan tokoh utama Araby. Gadis yang setiap hari bermukim di katedral dengan pengawalan ketat tersebut berduka dan kerap bertanya dalam hati, mengapa ayahnya, Worth, menanggung beban berat dalam hidupnya. Padahal, seharusnya atas jasa-jasanya, dia memetik penghargaan dan sanjungan, bukannya malah dicaci maki. Problem-problem psikologis menghinggapi Araby. Dia begitu tertekan karena selalu teringat kematian Finn, kakaknya. Tambah lagi dengan bayangan penderitaan anak-anak kecil yang sangat rentan tertular penyakit mematikan. Kepedulian terhadap mereka yang didera musibah, di antaranya dibuktikan dengan memberikan masker kepada Henry, bocah yatim piatu yang tidak bersekolah hanya gara-gara tak punya masker.

Dengan rela hati, Araby berkata kepada kakak bocah kecil tersebut, "Aku punya sebuah masker untuk Henry. Aku membawakannya untukmu" (hal 245). Berlawanan dengan suara nurani Araby, tokoh kaya raya Prince Prospero malah memanfaatkan situasi. Bermodal kekuatan dan kekayaan, dia berupaya menguasai keadaan dengan mengumpulkan massa sebanyak-banyaknya untuk diperalat. Dia ingin Woth bergabung dengannya. Tetapi Woth memilih selalu menjauhkan diri dari jangkauan Prospero. Woth lalu tinggal di sebuah tempat dan melakukan berbagai eksperimen. Guna mengurangi beban penderitaan orang-orang yang kurang beruntung, suatu hari Araby nekat mencuri rancangan dan sketsa yang dibuat ayahnya lalu menyerahkannya kepada Elliot, yang berhasrat mendirikan pabrik masker, tapi tak berhasil.

Novel yang lahir setelah penulisnya merampungkan karya Handcuffs ini kian menarik dengan persoalan cinta yang dihadapi Araby. Dia sangat terpesona dengan William, tapi juga tertarik pada Elliot. Sialnya, bukannya memetik balasan terhadap kebaikan-kebaikan yang ditunaikan, dia malah mendapat pengkhianatan. Tanpa rasa menyesal, William menyerahkan Araby kepada mereka yang membenci Woth, dengan berkata, "Aku membawanya ke sini, seperti yang pernah kujanjikan" (hal 337). Di akhir kisah, Araby mampu melepaskan diri dari bermacam-macam jeratan. Menaiki kapal bersama Elliot, dia meninggalkan kota yang penuh virus demi menemui kehidupan baru yang lebih menjanjikan. Dia tahu dengan pilihan tersebut, kesempatan untuk bersua kembali dengan ibu dan ayahnya sangat kecil. (Riza Multazam Luthfy - sumber: www.koran-jakarta.com)

  , Bethany Griffin (2013), "Masque of the Red Death", Mizan Fantasi, 978-979-433-757-8: 400 Halaman.

Judul

: Masque of the Red Death

Penulis

: Bethany Griffin

Penerbit 

: Mizan Fantasi

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Fantasi

Tebal

: 400 Halaman

ISBN

: 978-979-433-757-8

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL FANTASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28780447

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit