Perempuan-Perempuan yang Mengubah Wajah Dunia Cetak E-mail
(1 vote)

Perempuan-Perempuan yang Mengubah Wajah DuniaUngkapan di balik kesuksesan seorang pria pasti ada wanita yang hebat (There always the tough woman behind a great man) cukup populer. Ini menegaskan peran penting perempuan di balik layar kiprah kaum pria. Tetapi, lewat buku ini, pembaca disuguhkan kisah perempuan yang berada di depan layar alias garda depan. Mereka bahkan memengaruhi gerak dunia. Sebenarnya, dalam berbagai bidang, ada perempuan yang berani berinisiatif, menjadi pelopor, dan bersumbangsih nyata, misalnya Bunda Teresa (1910-1997). Bunda Theresa termasuk salah satu tokoh yang paling dikagumi dalam sejarah.

Perempuan hebat ini mengubah dunia melalui ketulusannya melayani orang miskin, orang sakit, yatim piatu, dan orang sekarat. Dia mendirikan Misionaris Cinta Kasih (Missionaries of Charity) pada tahun 1950 di India. Bunda Teresa dengan setia melakukan pekerjaan kemanusiaan dan advokasi bagi hak-hak orang lemah dan terpinggirkan. Misionaris Cinta Kasih berkembang sepanjang hidupnya, tak hanya di India, tapi juga di negara-negara lain. Pada tahun 1983, Bunda Teresa pernah mengalami serangan jantung. Meskipun berganti tahun semakin parah, dia tiada henti menebarkan cinta kasih.

Sekitar tahun 1996, dia bahkan mengalami gagal jantung di ventrikel kiri. Tentu, dedikasi Bunda Teresa layak diteladani. Bahkan, sampai kematiannya, dia telah menjalankan sekitar 610 misi di 123 negara, termasuk penampungan dan rumah bagi penderita HIV/AIDS, lepra, dan TBC, program counseling bagi anak dan keluarga, panti asuhan, serta sekolah (hal 21-24). Perempuan dalam dunia penerbangan, Amalia Mary Earhart (lahir 1897) layak disebut. Dia perempuan pertama yang menerima Distinguished Flying Cross, atas keberaniannya terbang solo menyeberangi Samudera Atlantik. Dia juga membuat banyak rekor lainnya seperti menulis buku yang terjual laris tentang pengalaman terbangnya dan berperan penting dalam pendirian Ninety Nine (organisasi pilot wanita). Sebelum pensiun, dia ingin terbang mengelilingi dunia.

Namun, dalam usahanya itu, Earhart hilang secara misterius di Samudra Pasifi k sekitar tahun 1937. Dia telah menginspirasi kaum perempuan untuk unjuk terbang (hal 31-33). Banyak tokoh perempuan disajikan dalam buku ini, seperti Ada Lovelace (penemu komputer mekanika pertama), Meg Whitman (perempuan paling berpengaruh di dunia teknologi), Dame Anita Perella Roddick (pengusaha sukses internasional), Elena Elena Lucrezia Cornaro Piscopia (perempuan pertama peraih gelar akademis Phd), atau Florence Nightingale (pengembang ilmu keperawatan). Apakah tokoh perempuan yang bisa mengubah dunia hanya dari luar negeri? Ternyata tidak. Ada profi l Roemwerdiniadi Soedoko yang dijuluki “The Queen of Cancer Control”.

Perempuan kelahiran Blitar tahun 1937 ini banyak mendapat penghargaan internasional karena kegigihannya dalam kampanye kesehatan, terutama untuk perempuan. Dia tak minta uang transportasi, apalagi bayaran. Perjalanan dari pulau ke pulau, keluar-masuk pulau-pulau terpencil, dilaluinya. Baginya, tiada kegembiraan selain berhasil menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan. Di dunia ini memang ada Hillary Clinton yang juga menaruh perhatian terhadap kanker.

Bedanya, Hillary mengkhususkan pada kanker payudara yang banyak diderita perempuan AS karena keengganan menyusui, sedangkan Roem pada semua penyakit kanker, terutama 10 penyakit kanker terbanyak di Indonesia seperti kanker mulut rahim, payudara, ovarium, dan leukemia. Dia benar-benar men dedikasikan hidupnya untuk itu (hal 269-272) Karya ini menyemangati kaum perempuan untuk senantiasa mendayagunakan potensi dan bertindak besar bagi kehidupan. Indonesia pun bisa memunculkan banyak tokoh perempuan yang mengguncangkan dunia karena kontribusi yang signifi kan. (Armawati - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

:

Penulis

:

Penerbit 

Tahun

:

Genre 

Tebal

ISBN

:

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KISAH NYATA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28331602

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit