Menguak Hubungan Dagang Indonesia-Israel Cetak E-mail
(3 votes)

 Hubungan Dagang yang Perlu Dikuak

Menguak Hubungan Dagang Indonesia-Israel

Sampai saat ini, konflik Timur Tengah antara Palestina dan Israel masih menjadi wacana panas dalam politik internasional. Hal ini tidak terlepas dari sulitnya menemukan kesepakatan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Padahal, medan perang yang dipertikaikan dalam konflik ini tak besar, lebih-kurang hanya seperlima luas Pulau Jawa. Akan tetapi, faktor sejarah panjang yang melatarinya serta besarnya kepentingan-kepentingan yang bermain membuat konflik ini menjadi masalah serius dalam politik internasional.

Seberapa besar dukungan Pemerintah Indonesia dalam proses perdamaian Israel-Palestina? Secara khusus, Indonesia juga termasuk sedikit negara dunia yang mendukung kemerdekaan Palestina. Lewat buku Menguak Hubungan Dagang Indonesia-Israel ini, penulis mencoba menelusuri keabsahan hubungan dagang Indonesia-Israel dari kacamata politik luar negeri bebas-aktif. Di situ disajikan data empiris dan wawancara dengan pihak-pihak yang berwenang.

Harus diakui, secara historis, awal mula konflik Palestina-Israel dipicu suatu keyakinan religius. Negara-negara dunia, termasuk Indonesia, secara umum terus mendukung proses perdamaian Israel-Palestina. Secara khusus, Indonesia dalam kebijakan luar negerinya telah mengatur sesuai kapasitas nasional. Dukungan Indonesia dapat terlihat dari perannya dalam kancah politik internasional, Desember 2009, Bandung (hal 25). Indonesia-Israel tidak ada kerja sama formal.

Namun, di balik ketidakselarasan hubungan politik tersebut, terjalin hubungan ekonomi yang secara dinamis mengalami pergeseran seiring dengan perubahan kondisi domestik maupun global. Secara singkat, pada masa pemerintahan Orde Baru (Orba), ketika itu, pemerintah memberi peluang hubungan Israel (meski sedikit) dalam perekonomian, khususnya perdagangan.

Di samping itu, Israel turut berkontribusi besar bagi modernisasi Angkatan Udara (AU) dalam rangka meningkatkan ketahanan nasional dengan memenuhi pengadaan pesawat A-4 Skyhawk termasuk pelatihan skuadron pada 1980. Situasi seperti ini, secara eksplisit, menggambarkan bahwa kerja sama Indonesia dengan Israel periode Soeharto tidak hanya terkait dalam perdagangan, tetapi juga mencakup ilmu pengetahuan dan teknologi (hal 45).

Pada akhirnya, hubungan antarnegara dan pelaksanaan politik luar negeri serta pencapaian kepentingan nasional, kerja sama di bidang apa pun, sewajarnya dilakukan untuk saling menguntungkan masing-masing negara bersangkutan. Akan tetapi, tidak semua hubungan antarnegara direspons positif, baik dari dalam negeri maupun internasional. Demikian juga dalam hubungan dagang antara Indonesia-Israel. Buku ini mengetengahkan sejarah dan perkembangan hubungan dagang Indonesia-Israel per periode pemerintahan. Dengan demikian, dapat ditemukan signifikansi mengapa hubungan dagang tersebut dijalin dan dilegalkan, terutama dari sudut pandang Indonesia. (M Nafiul Haris - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

Judul

: Menguak Hubungan Dagang Indonesia-Israel

Penulis

: Angga Aulia Akbar

Penerbit 

: Marjin Kiri

Tahun

: 2013

Genre 

: Sosial & Politik

Tebal

: 100 Halaman

ISBN

: 978-979-1260-18-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
SOSIAL & POLITIK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447835

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit