Masih Mahasiswa Berjibun Duitnya! Cetak E-mail
(1 vote)

Masih Mahasiswa Berjibun Duitnya!Sekarang kaum muda harus mulai terbuka dengan bisnis. Sayang, masih banyak yang berprinsip bahwa usaha baru bisa dimulai setelah lulus kuliah. Buku ini mencoba membuka wawasan mahasiswa agar terbuka mindset-nya. Mereka dapat mulai usaha meski masih kuliah. Hal ini bukan berarti mengajarkan mahasiswa harus meninggalkan kuliah. Uang yang banyak justru bisa menunjang kuliah lebih lancar.

Dengan uang, mahasiswa bisa memenuhi kebutuhan kuliah tanpa menyadong ke orang tua atau untuk mereka yang di luar kota menunggu transfer dari orang tua. Maka, perlu diapresiasi mahasiswa yang sudah semangat memulai berbisnis sejak kuliah dan sukses juga.

Sebagian dari mereka malah sudah mampu memunyai usaha yang nyata dan menghasilkan uang signifikan tanpa mengganggu belajar, (hlm10-11).

Melatih kewirausahaan sejak dini juga bagus untuk pengembangan diri. Buku ini mendorong mahasiswa untuk tidak takut atau malu berwirausaha. Ada banyak bisnis jasa dan kreatif yang bisa ditekuni, di antaranya membuat event organizer, menjadi biro kos, broker properti, membuka laundry anak kos, mendirikan toko online. Bisa juga dengan jasa wisata, study tour, proofreader, membuka informasi lowongan kerja.

Bisa juga menjual buku, kuliner, jual-beli barang bekas, agen pulsa, bisnis makanan dan minuman. Tak masalah apabila mahasiswa membuka rental komputer, meski hanya dengan satu komputer yang bisa disewakan dalam waktu-waktu tertentu. Uang yang diperoleh bisa ditabung untuk modal membeli komputer lagi sehingga bisa makin banyak.

Mahasiswa berwirausaha turut menopang perekonomian negara dan solusi pengangguran. Untuk menjadi wirausaha, modal finansial kerap kali dianggap kendala. Banyak cara bisa ditempuh untuk berwirausaha, meskipun tanpa sepeser pun dana. Kalau ada peluang pinjaman, ambil. Dengan manajemen keuangan yang baik, pinjaman bisa dikembalikan dengan tetap mendapat keuntungan. Apalagi, sekarang banyak kampus membuka pintu bagi program kreativitas dan kewirausahaan mahasiswa. Ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Dalam berwirausaha perlu membangun mentalitas positif. Tidak melulu bekerja keras, tapi juga cerdas. Dia harus ulet, tekun, dan jujur. Berwirausaha harus dirintis dengan penuh kesabaran karena kesuksesan tidak diperoleh secara instan. Apabila mahasiswa masih saja enggan berwirausaha karena beranggapan akan mengganggu studi, bisa membuka bimbingan belajar atau les privat, kursus bahasa asing, dan terjemahan. Hal itu menunjang studi dan mengasah ilmu yang didapat di bangku kuliah.

Dengan kemampuan keilmuan, penguasaan materi, serta pemahaman tinggi, bimbingan belajar atau les privat layak dikerjakan. Mahasiswa tak harus sendirian mengajar les privat atau bergerak dalam sebuah bimbingan belajar. Mereka dari berbagai disiplin ilmu bisa bersama-sama mendirikan lembaga bimbingan atau les privat, (hlm 102-114).

Mahasiswa perlu mendayagunakan potensinya untuk mandiri mencari penghasilan sehingga setelah lulus tidak melulu mondar-mandir mencari pekerjaan. Usaha-usaha yang dirintis sejak kuliah bisa dibesarkan setelah lulus. (Yulia Rosalin - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

:

Penulis

:

Penerbit 

Tahun

:

Genre 

Tebal

ISBN

:

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
WIRAUSAHA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27236691

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit