Jacatra Secret, the; Misteri Simbol Iblis di Jakarta Cetak E-mail
(4 votes)

 Konspirasi di Sekitar Kita

"Sebuah novel kadangkala sering lebih jujur bertutur tentang sejarah ketimbang buku-buku teks di sekolah-sekolah resmi" (halaman 42).

The Jacatra Secret; Misteri Simbol Iblis di Jakarta

Sebaris kalimat tersebut terbetik dalam hati John Grant, salah satu tokoh novel The Jacatra Secret dan menjadi poin penting yang ingin disampaikan. Sejarah dan konspirasi, yang menjadi tema besar novel, dipaparkan secara terperinci. Sejarah VOC dan perjuangan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah, masa gemilang kepemimpinan Presiden Soekarno, hingga kejatuhannya, dijelaskan cukup gamblang. Tentu dengan perspektif anti-mainstream, dihubungkan dengan soal Freemasonry.

Buku dibuka dengan prolog mengenai pelarangan Freemasonry di Indonesia pada tahun 1962 oleh Presiden Soekarno. Awalan ini berhasil membawa suasana mencekam pembaca. Cerita berlari ke waktu sekarang. Ada pembunuhan seorang ekonom terkemuka berhaluan neolib oleh seorang lelaki misterius. Ini terjadi tepat di depan museum sejarah Jakarta atau Fatahillah. Ekonom yang dibunuh bernama Profesor Sudrajat. Dia meninggalkan beberapa petunjuk sebelum mengembuskan napas terakhir.

Petunjuk-petunjuk tersebut, oleh seorang gadis blasteran Minang-Prancis, Angelina Dimitreia, dilemparkan kepada Dr John Grant, seorang ahli simbol dari Universitas George Washington. Angelina Dimitreia sedang riset untuk gelar masternya di Mabes Polri sehingga ketika peristiwa pembunuhan terjadi, diberi kesempatan melihat langsung tempat kejadian perkara. Sementara, John Grant, selain sebagai seorang ahli simbol, tengah menjadi salah satu pembicara di acara "Conspiratus Society" di Jakarta.

Keduanya saling mengenal di acara tersebut sehingga ketika Angelina diminta ikut ke TKP oleh pihak kepolisian, ia lantas memanggil John Grant untuk menerjemahkan kode anagram yang ditinggalkan almarhum Sudrajat.

Ada satu hal yang sangat menarik ketika John Grant mempresentasikan hasil penelitiannya selama tujuh tahun di hadapan anggota Conspiratus Society, sebuah komunitas penikmat teori konspirasi. Makalahnya yang berjudul Masonic Symbols in Jakarta City menyedot perhatian seluruh peserta seminar. Bagaimana tidak, dengan bukti-bukti akurat, John Grant menunjukkan betapa Jakarta ternyata sarat dengan tebaran simbol Persaudaraan Bebas di seantero kota. "Monas adalah The Sacred Sextum" (halaman 29).

"Siapa yang membantah jika air mancur di Bundaran Hotel Indonesia merupakan simbol Mata Horus? Silakan kalian lihat nanti dari Google Earth. Lalu, logo korporasi, ada simbol hexagram yang begitu jelas pada logo Debindo dan juga Indosat, simbol Baphomet tersembunyi di balik simbol mawar Departemen Pertanian…" (halaman 33 dan 34).

Sudrajat adalah anggota Persaudaraan Bebas. Dia bergelagat bertobat dan ingin menyelamatkan negeri dari cengkeraman organisasi itu. Akhirnya dia harus "dihapus". Selain bermuatan sejarah, novel ini menghadirkan aksi-aksi heroik. Ada kejar-kejaran di jalanan Jakarta dan lorong-lorong bawah Istiqlal.

Ibu Kota Indonesia dibedah dengan cara pandang yang tak biasa menjadi daya tarik tersendiri. Jakarta ternyata boleh dikatakan sama misteriusnya dengan kota-kota tua di Eropa yang menjadi sumber gerakan Persaudaraan Bebas. Tak perlu jauh-jauh menyaksikan jejak mereka karena rupanya di Jakarta juga ada. Pembaca dapat merenungi seberapa bebas negeri ini dari belitan Freemasonry. (Marisa Agustina - sumber: www.koran-jakarta.com)

 


Judul

: The Jacatra Secret; Misteri Simbol Iblis di Jakarta

Penulis

: Rizki Ridyasmara

Penerbit 

: Indie Publishing

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Sejarah

Tebal

: 488 Halaman

ISBN

: 978-6027-888-46-3

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL SEJARAH

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28970862

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit