Ajaibnya Toga; Sehat dan Panjang Umur Tanaman Obat Keluarga Cetak E-mail
(2 votes)

Ajaibnya Toga; Sehat dan Panjang Umur Tanaman Obat KeluargaKeanekaragaman hayati di Bumi Nusantara sudah seharusnya dinikmati sebagai anugerah Tuhan yang indah. Tanaman dan tumbuhan juga harus disyukuri karena sangat banyak manfaatnya sebagai bahan pangan dan obat-obatan. Khusus pemanfaatan yang terakhir sering kali disebut tanaman obat keluarga (toga).

Sayang, riwayat toga sering tidak diperhatikan dengan serius. Barangkali itu disebabkan merebaknya iklan obat modern. Banyak tanaman obat tidak dipelihara sehingga musnah.

Padahal, toga sudah dimanfaatkan ribuan tahun lampau. Bahkan, toga menjadi temuan dan primadona ilmuwan barat yang mendarat di Nusantara. Jacobus Rontius (1592-1631) pertama kali mencatat khasiat 60 jenis tumbuh-tumbuhan dalam bukunya De Indiae Untriusquere Naturali et Medica.

Penelitian lanjutan dipelopori NA van Rheede tot Draakestein (1637-1691) dalam buku Hortus Indicus Malabaricus. Tak heran, tahun 1888 didirikan Chemis Pharmacologisch Laboratorium yang menjadi cikal bakal Kebun Raya Bogor. Laboratorium itu menyelidiki bahan-bahan atau zat-zat yang terkandung dalam toga.

Toga, pada hakikatnya, bisa dibudidayakan setiap keluarga sehingga akan terwujud kemandirian pengobatan keluarga. Inilah ikhtiar dari kehadiran buku bertajuk Ajaibnya Toga: Sehat dan Panjang Umur dengan Tanaman Obat Keluarga Racikan Ocha Septia Dewi. Penulis juga memiliki klinik pengobatan herbal di Malang, Jatim, mendedahkan 44 jenis toga sekaligus khasiat dan cara pengolahannya.

Toga dapat ditanam di pekarangan rumah dan berguna sebagai pengusir berbagai penyakit ringan serta berat dan mematikan seperti AIDS dan kanker. Toga juga dapat dijadikan alternatif berobat yang lebih aman dan alami. Selain itu, juga dimanfaatkan untuk kosmetik, menjaga kecantikan, kesehatan kulit, dan tubuh. Ihwal pemakaiannya, tanaman obat dapat dikonsumsi dengan cara diolah sederhana seperti dicuci, direbus, diparut, ditanak, digoreng, diperas, dan dicampur air atau bahan-bahan lainnya.

Sejak awal, diceritakan berbagai khasiat jahe seperti untuk mengobati perut mulas, sariawan, jerawat, dan flek wajah, ketombe, dan nyeri pinggang (hal 7–10). Ajaibnya kunyit yang mampu digunakan sebagai obat diabetes melitus, tifus, usus buntu, amandel, dan berak lendir (hal 11-14).

Manfaat temulawak dan tomat untuk menyembuhkan sakit ginjal, asma, jerawat, wasir, demam, dan komedo (hal 18-23). Juga wortel yang dipakai untuk mengatasi kejang jantung, penyakit eksim, cacing kremi, mata minus, juga mampu menghaluskan wajah (hal 24-27).

Selain itu, masih banyak lagi jenis toga seperti bawang putih, lobak, lengkuas, kencur, anting-anting, bayam, pare, ubi, cabai, ciplukan, daun sirih, jambu biji, jeruk nipis, lidah buaya, dan mentimun.

Buku ini seamsal ensiklopedi resep toga yang murah, mudah didapat, dan dibudidayakan. Buku ini layak dibaca siapa pun, terutama para ibu rumah tangga yang paham dan telaten meracik toga. Karya tersebut menjadi solusi praktis di tengah mahal serta ancaman kandungan kimia obat modern. (Siti Anisah - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

:

Penulis

:

Penerbit 

Tahun

:

Genre 

Tebal

ISBN

:

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
TANAMAN OBAT

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236773

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit