Biru; Sabar hingga Akhir Waktu Cetak E-mail
(1 vote)

Biru; Sabar hingga Akhir WaktuMotivasi sering digali dari kisah orang-orang besar yang sukses keluar dari jerat kemiskinan. Namun, goresan pena Leyla Hana dan kawan-kawan yang terangkum dalam buku ini agak lain. Dari mereka yang tergolek lemah di pembaringan serta orang-orang yang setia menjaganya, pembaca dapat belajar banyak tentang makna sabar dan syukur.

Sakit mengingatkan manusia betapa penting menjaga kesehatan. Manusia semakin menghargai waktu yang tersedia untuk berbuat kebaikan lebih banyak lagi di saat tubuh sedang sehat (hal vii).

Salah satu kisah penuh makna yang terangkum dalam buku tersebut adalah tentang pengalaman seorang Nenny Makmun dalam mengisi liburan kuliah. Nenny, yang kala itu masih kuliah semester 6, dimintai tolong Eyang Putri untuk menjaga pamannya yang dirawat di rumah sakit jiwa Yogyakarta bernama Roso yang merupakan seorang pebisnis tanah dan pegawai bank swasta.

Dia jatuh miskin lantaran tertipu besar-besaran dalam bisnis tanah dan tersangkut penyalahgunaan uang perusahaan. Dia dipecat secara tidak hormat. Tak sanggup menahan beban mental, Roso mengidap melancholia, salah satu jenis penyakit jiwa.

Selama turut menjaga pamannya, beragam pengalaman baru diperoleh Nenny mulai dari rasa ketakutan manakala mendapati Roso membanting apa saja yang di dekatnya, hingga perasaan iba yang menusuk jiwa tatkala menyaksikan kesabaran Eyang Putri yang sudah renta dalam merawat anaknya. Sungguh berat menjaga orang sakit (hal 81).

Kisah lain tak kalah menyentuh terkait Aoi Tenshi. Wanita yang berprofesi guru itu menuturkan kenangan tentang suami tercintanya yang meninggal di usia muda. Sayang, kebahagiaan sebagai pengantin baru tak bertahan lama karena suami mengidap kanker hati stadium lanjut. Selama ini, suami tak pernah menceritakan penyakitnya.

Suatu saat suami muntah dan mencret darah terus-terusan. Dokter memvonis bahwa pembuluh darahnya sudah pecah. Tenshi yang sebelumnya sangat ngeri melihat darah, kali ini mampu bertahan melihat ceceran darah. Bahkan, dengan sabar dia menyeka mulut suaminya dan membersihkan bekasnya. Ketulusan cinta sanggup mengalahkan ketakutan sebesar apa pun.

Satu percakapan mengharukan terjadi di antara keduanya menjelang ajal sang suami. "Saat siuman, suami langsung mencari saya dan tersenyum sambil berkata bahwa ia bahagia telah menemukan dan menikah dengan saya. Ia pun bertanya apakah saya bahagia menikah dengannya? Saya katakan bahwa saya bahagia bertemu dan menikah dengannya" (hal 154). Tak berselang lama, suami tercinta mengembuskan napas terakhir di usia 25 tahun atau di hari ke-36 setelah menikah.

Masih terdapat 23 kisah lain yang tak kalah menggugah. Menelaah buku tersebut, sungguh memantikkan motivasi bagi segenap pembaca yang tengah merasa terpuruk menghadapi situasi berat. Jangan pernah merasa menjadi orang paling menderita. Di tempat lain masih ada mereka yang tergolek lemah tak berdaya. Mereka sepenuhnya menggantungkan uluran kasih sayang dan perhatian dari orang-orang terdekat. (Karyono - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

:

Penulis

:

Penerbit 

Tahun

:

Genre 

Tebal

ISBN

:

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KISAH NYATA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215161

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit