Banjir Uang dengan Bisnis Event Organizer dan Wedding Organizer PDF Cetak E-mail
(2 votes)

Perkembangan dunia bisnis era sekarang ini kian pesat dan beragam, baik yang bergerak di bidang barang maupun jasa, baik yang berskala kecil maupun besar. Berbagai kebutuhan manusia terhadap sesuatu pada akhirnya bisa dijadikan sebagai lahan untuk membangun bisnis. Salah satu lahan bisnis yang cukup menjanjikan adalah jasa penyelenggara acara.

Ya, disadari atau tidak, kini jasa penyelenggara acara kian terasa dibutuhkan masyarakat. Terlebih bagi yang berdomisili di perkotaan yang setiap harinya disibukkan beragam aktivitas. Dalam menjalani aktivitas tersebut, tentu masyarakat akan dihadapkan berbagai hajat atau kebutuhan. Seperti, kebutuhan saat acara ulang tahun, perayaan hari besar, pertunjukan seni, hingga hajatan pernikahan. Berbagai lembaga, organisasi, hingga perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak program seperti menggelar berbagai seminar, pun bisa dipastikan tak akan terlepas dari jasa penyelenggara acara.

Maka, tak heran bila sebagian orang lantas memanfaatkan situasi tersebut dengan membuka bisnis penyelenggara acara, seperti event organizer (EO) dan wedding organizer (WO). Saat ini, kedua jenis bisnis ini memang memiliki prospek cukup menjanjikan. Bagi mereka yang telah berpengalaman, dalam satu kali penggarapan acara bisa memeroleh laba bersih sekitar 10-20 juta. Tentu laba yang mereka peroleh menjadi kian berlipat jika event-nya lebih besar, (halaman 10).

EO adalah sebuah jasa penyelenggara acara yang terdiri atas serangkaian mekanisme yang sistematis dan memerlukan ketekunan, kesungguhan serta kekompakan kerja tim. EO memiliki peran sebagai pelaksana acara berdasarkan pedoman kerja dan konsep event tersebut, serta berusaha mengelolanya secara profesional, (halaman 16).

Sementara itu, WO adalah sebuah penyelenggara acara yang memberikan pelayanan jasa pengorganisasian segala aktivitas yang berkaitan dengan kebutuhan pesta pernikahan. Bisnis ini mulai muncul setelah adanya peluang dalam kehidupan modern yang menginginkan kecepatan, kemudahan, serta kepraktisan untuk mengatasi masalah time deficiency masyarakat perkotaan. Di antara fungsi sekaligus tugas WO adalah memberikan informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan acara pernikahan, seperti merumuskan konsep, tanggal, dan tempat pernikahan, (halaman 17).

Seorang EO atau WO harus mampu menggambarkan acara yang akan diselenggarakan, sekaligus membaca tantangan dan halangan teknis yang sewaktu-waktu muncul tanpa diduga. Di sinilah kematangan konsep begitu penting diperhatikan. Maka, salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki mereka adalah memiliki jam terbang pengalaman yang tinggi, (halaman 44-45).

Jika Anda belum memiliki banyak pengalaman dalam mengelola kedua jenis bisnis ini, satu-satunya jalan adalah segera "belajar’ kepada ahlinya, yakni para penyelenggara EO dan WO yang telah kenyang dengan berbagai pengalaman. "Belajar" di sini bisa pula diartikan dengan menjadi salah satu karyawan atau anggota EO tertentu sehingga semakin ke depan Anda semakin banyak mengeruk pengalaman tentang bagaimana cara merancang dan mengelola EO yang baik dan profesional. Selain itu, Anda dituntut menambah wawasan dengan banyak membaca buku atau majalah yang membahas tentang bisnis tersebut, (halaman 46).

Menurut Diani Pranata Chandra, Chief Executive Officer Belladona, yang telah memimpin WO selama 10 tahun dan berpengalaman bekerja di divisi pengantin Martha Tilaar, setidaknya terdapat 7 syarat utama yang harus dimiliki oleh seorang WO, yaitu ia harus memiliki empati, pandai mengorganisasi, bijaksana, bisa bekerja sama dengan baik, memiliki hati melayani, bisa berbahasa Inggris, dan memiliki pengetahuan dasar. Pengetahuan dasar di sini mencakup sikap profesionalisme dan membekali diri dengan ilmu pengetahuan tentang bisnis yang sedang ditekuni, (halaman 49-50).

Buku setebal 212 halaman yang disusun oleh Agus Prabu Wibowo ini akan memandu Anda yang ingin mengelola bisnis EO dan WO dengan profesional. Buku ini mengulas cukup detail kedua jenis bisnis tersebut. Mulai peluang, persiapan, berbagai strategi membuka bisnis beserta promosinya, cara cerdas mengelola keuangan, kiat menggaet sponsor hingga simulasi atau analisis usahanya sehingga Anda bisa memperkirakan kebutuhan modal, kebutuhan biaya variabel, biaya tetap, jumlah pengeluaran hingga batas waktu kapan Anda bisa balik modal. Selamat membaca, semoga sukses menyertai langkah Anda. (Sam Edy Yuswanto)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
WIRAUSAHA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230052

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit