Pengakuan; Eks Parasit Lajang Cetak E-mail
(3 votes)

Pengakuan; Eks Parasit LajangKarya terbaru Ayu Utami dengan judul Pengakuan Eks Parasit Lajang adalah seri novel terakhir dari trilogi Si Parasit Lajang yang bagian pertamanya terbit sepuluh tahun silam.

Terbitan seri terakhir ini terhitung cukup cepat, hanya terpaut satu tahun setelah seri keduanya, Cerita Cinta Enrico (2012). Novel ini merupakan kisah nyata atau pengalaman hidup penulisnya sendiri, yang di dalam cerita ditokohkan sebagai A.

Ia dengan jujur dan blak-blakan mengakui petualangan cinta, seks, dan iman yang penuh ironi. Karenanya, novel ini disebut sebagai autobiografi seksualitas dan spiritualitas. A adalah seorang gadis yang memutuskan untuk melepas keperawanannya di usianya yang kedua puluh.

Di usia dua puluh itu A adalah seorang yang imannya mulai surut. Dia berpacaran dengan Nik yang taat beribadah. Bersama Nik itulah keperawanan A ditanggalkan (hal 37). Lika-liku asmara A ibarat petualangan seks tanpa komitmen.

Berulang kali A terjerat perangkap di antara dua lelaki. Cinta segitiga A itu di antaranya Mat dan Nik, Nik dan Dan, Nik dan Rik, juga Rik dan Lelaki Biru. Hingga pada titik waktu perjalanan hidupnya A menyadari dirinya sebagai peselingkuh.

Situasi cinta segitiga itu terus berlanjut karena A telah memutuskan untuk tidak menikah. A menyebut dirinya "parasit lajang" yang punya 10 1 alasan untuk tidak menikah. (Sebelas alasan tidak kawin itu telah dijelaskan Ayu Utami dalam seri pertama Si Parasit Lajang).

Mengapa? Pada dasarnya ada dua persoalan utama yang membuat A berkeputusan melajang, yakni soal keperawanan dan perkawinan itu sendiri.

Sebetulnya A kecil tumbuh dalam asuhan ibu yang mengajarkan ketaatan terhadap agama. A menentang konsep keperawanan yang dianut masyarakat kebanyakan. "Kupikir keperawanan itu tidak ada sebagai benda. Ia hanya konsep" (hal 164).

Celakanya, konsep keperawanan telah dilekati suatu nilai khusus hingga menjadi komoditas yang "diperjualbelikan" secara sopan melalui perkawinan. Akibatnya, perempuan yang hilang keperawanannya sebelum menikah tidak lagi dihargai.

Di sisi lain, perawan tua yang tidak menikah, entah karena tidak ingin atau karena tidak laku, juga mendapat stigma buruk di masyarakat.

A punya pengalaman pahit tentang kedua bibinya yang menjadi perawan tua. Selain itu, A menilai perkawinan tidak lebih sebagai norma sosial-budaya yang ujungnya hanya memosisikan lelaki dan perempuan secara tidak setara.

Dia bertambah sengit karena pandangannya bahwa agama justru mengukuhkan nilai-nilai patriarki. Layaknya di dalam keluarga, lelaki didapuk sebagai kepala keluarga atau imam, sementara perempuan ibarat pengekor. Karena itulah A menjalani tahun- tahun dalam hidupnya untuk melawan nilai-nilai adat, agama, dan hukum patriarkal yang bias gender.

Krisis hubungan A dengan agama mengalami titik nadir ketika A kehilangan imannya. A ibarat Yakub yang berseteru dengan Tuhan, tetapi tetap dibiarkan selamat. "Aneh sekali, tapi aku percaya bahwa Tuhan mengizinkan aku untuk tidak percaya kepadanya" (hal 157).

Di usia 40-an, A bertemu dengan Rik, fotografer yang juga mencintai kebebasan. Rik juga anti-menikah, alasannya tidak mau mengekang kebebasannya. Merasa cocok, A dan Rik menjalin cinta. Seiring kebutuhan untuk hidup bersama, akhirnya A dan Rik memutuskan menikah.

Begitulah A menjadi "eks parasit lajang" setelah puluhan tahun prinsipnya anti-menikah diikuti banyak perempuan. Novel ini diberi judul "Pengakuan", mengikuti jejak Santo Agustinus (354- 430 M) yang 16 abad silam menulis perjalanan rohaninya dalam buku Confessiones (Pengakuan-pengakuan Agustinus).

Dalam khazanah sastra dunia, Confessiones diakui sebagai autobiografi pertama, dan sekarang masih dibaca banyak kalangan.

Novel Ayu Utami sendiri seolah hendak menegaskan bahwa ada jalan kesucian setelah dosa dan kekejian. Jadi, meski orang terkenal, ada juga pilihan hidup yang tidak perlu ditiru. Nilai-nilai seksualitas tetap sesuatu yang sakral dan harus dijaga. (Musyafak - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

Judul

: Pengakuan; Eks Parasit Lajang

Penulis

: Ayu Utami

Penerbit 

: Kepustakaan Populer Gramedia

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Fiksi

Tebal

: 307 Halaman

ISBN

: 978-979-91-0537-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL FIKSI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225566

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit