Perempuan Menyulam Bumi; Rekam Jejak Lima Tahun Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Cetak E-mail
(1 vote)

Perempuan Menyulam Bumi; Rekam Jejak Lima Tahun Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara"Bukan alam yang bergantung pada manusia, melainkan manusia yang bergantung pada alam." Kutipan ini harusnya menyadarkan setiap pribadi akan pertumbuhan pembangunan di dunia yang sangat pesat, namun tidak mempertimbangkan lingkungan. Belakangan isu lingkungan hidup menjadi problem global yang menggemparkan. Akibat efek rumah kaca dan perusakan alam karena industri, bencana pemanasan global mulai kentara.

Lihat saja, perubahan iklim dan cuaca memicu bencana banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, dan kekeringan, semua terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dari sana, mulai banyak gerakan peduli lingkungan mengampanyekan upaya pelestarian lingkungan, juga menggalang dana untuk penanaman pohon. Dalam konteks ini, buku Perempuan Menyulam Bumi semakin penting dan menarik untuk dibaca.

Buku berisi kumpulan tulisan berupa laporan terkait pengalaman dan rekam jejak lima tahun Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP). Semangat gerakan ini lebih ditekankan kepada peningkatan kesadaran dan tanggung jawab seluruh masyarakat untuk melestarikan lingkungan dengan menanam jenis-jenis pohon yang sesuai (hal x).

Sebagai catatan, disertakan pula Rekapitulasi Penanaman GPTP tahun 2007-2011 sebanyak 83.448.420 pohon dari berbagai jenis, seperti mahoni, sengon, jati, cempaka, cendana, kantil putih, dan lain sebagainya (hal 104). Buku ini terdiri dari empat bagian penting: (1) Perempuan Melampaui Zamannya, (2) Dari Iklim sampai Cabai, (3) Yang Tumbuh dan yang Tumbang, (4) Menanam dan Terus Menanam.

Pada dasarnya, perempuan memiliki kodrat sebagai ibu dalam arti luas: membawa kehidupan. Perempuan memiliki sifat natural yaitu senang memelihara, mendidik, dan mengasuh. Sifat ini juga bisa dilakukan pada pohon. Bumi juga demikian, karenanya bumi disebut mother Earth. Demikian perempuan diakui memiliki potensi untuk melakukan sebuah revolusi ekologis dalam menyelamatkan lingkungan. Secara teoretis, kesadaran ini disampaikan oleh Francoise d’Eaubonne, seorang feminis Prancis dalam bukunya Le Feminisme ou La Mort.

Pada bab kedua penulis mengajak pembaca untuk menyadari betapa pentingnya penghijaun. Bukan sebatas menanam pohon-pohon hijau, akan tetapi untuk memastikan pohon yang ditanam bisa hidup butuh pemeliharaan rutin. Perempuan menyulam bumi dimaknai dengan menanam dan memelihara tanaman untuk memperindah kembali bumi yang telah gersang. Bila ada pohon yang mati, harus disulam hingga diperoleh pepohonan yang terpelihara, kokoh, menyegarkan, meneduhkan, dan memperindah Bumi.

Contoh ruang terbuka hijau yang sangat mudah terbenam kemacetan lalu lintas dan polusi kendaraan bermotor di daerah perkotaan. Ruang terbuka hijau tidak hanya untuk keindahan, namun yang penting adalah fungsinya sebagai daerah resapan air dan tumbuhnya pepohonan yang berfungsi menyerap karbon dioksida. Sehingga, suatu saat nanti, manusia tidak akan kekurangan air. Ini adalah intisari dari bab ketiga.

"Untuk membuat ruang terbuka hijau tidak perlu besar, bisa dibuat kecil-kecil di daerah padat penduduk yang amat bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak. Sementara ruang tebuka hijau yang sudah ada harus dipelihara atau jika memungkinkan ditambah luasnya" (hal 78). Karena pohon dalam jumlah besar bisa menangkap CO2 dari atmosfer. Kemudian dengan proses fotosintesis, CO2 dipecah menjadi karbon yang disimpan di batang pohon, dan O2 yang akan dilepas ke udara bebas untuk kehidupan makhluk hidup termasuk manusia (hal 83).

Selanjutnya, bab keempat, penulis mengajak pembaca untuk memulai gerakan menanam seperti di halaman rumah. Lalu satu persatu teman dan keluarga diajak menanam. Semakin banyak masyarakat yang berperan, tambah baik. Namun, penanaman juga harus dibarengi dengan pemeliharaan. Tanam hari ini, merupakan tabungan di masa depan (hal 149). (Siti Anisah - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

Judul

: Perempuan Menyulam Bumi; Rekam Jejak Lima Tahun Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara

Penulis

: Erna Witoelar

Penerbit 

: Penerbit Buku Kompas

Tahun

: 2013

Genre 

: Lingkungan Hidup

Tebal

: 212 Halaman

ISBN

: 978-979-7096-80-9

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
LINGKUNGAN HIDUP

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215203

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit