Milyarder Baru di Usia 17 Tahun Cetak E-mail
(1 vote)

Milyarder Baru di Usia 17 TahunNama Nick D’Aloisio mungkin masih terdengar asing di masyarakat awam. Namun, bagi para pencinta dan pengamat teknologi mungkin tidak asing lagi. Beberapa bulan yang lalu Nick D’Aloisio mendadak ramai dibicarakan di beberapa media internasional.

Namanya mulai ramai dibicarakan sejak diketahui bahwa Summly, sebuah aplikasi untuk iPhone yang berhasil diciptakan Nick, dibeli salah satu perusahaan internet multinasional, Yahoo, dengan harga fantastis, sekitar 30 juta dollar AS atau setara dengan 290 miliar rupiah.

Summly adalah teknologi yang dapat membuat konten panjang seperti artikel secara otomatis diringkas dan dipadatkan menjadi satu paragraf. Gagasan Summly ini jika orang memakai ponsel akan lebih mudah membaca tulisan singkat itu daripada konten yang lengkap (hal 48).

Nick D’Aloisio adalah seorang remaja 17 tahun asal Inggris. Nick memiliki ketertarikan dunia teknologi, khususnya komputer, sejak usia 5 tahun. Dia memiliki komputer pertamanya pada usia sembilan tahun dan memakainya untuk membuat film dengan program-program seperti Final Cut Pro. Semuanya dipelajari secara autodidak.

Sebagai programer autodidak, Nick belajar tentang pemprograman menggunakan "C for Dummies" dan video-video online. Nick menciptakan aplikasi pertamanya pada tahun 2008 dan harus mendaftar di bawah nama ayahnya karena empat tahun lebih muda dari batas minimal 16 tahun untuk bisa masuk App Store (hal 27).

Buku berjudul Miliarder Baru di Usia 17 Tahun, Meraih 30 Juta Dollar dengan Kreatif dan Mimpi karya Hermawan Aksan ini menceritakan secara detail kehidupan Nick D’Aloisio sejak kanak-kanak hingga menjadi seorang miliarder. Dalam buku ini bisa diketahui bahwa yang diperoleh Nick D’Alosio bukanlah sesuatu yang instan. Hasil ini diperoleh melalui proses kreativitas yang panjang sejak anak-anak. Pada usia 10, Nick berhasil membuat video 3D di komputernya (hal 22). Kemudian, pada 2008, ketika berusia 12 tahun, Nick belajar membuat aplikasi.

Dia kemudian mengunduh iPhone development kit dan mendesain perangkat lunak pertamanya, aplikasi musik SongStumblr. Aplikasi keduanya bernama FingerMill yang didaftarkannya ke App Store. FingerMill adalah aplikasi pertamanya yang dipajang di App Store, satu-satunya aplikasi yang dibuat anak 12 tahun (hal 16).

Dia terus berkreasi sampai menciptakan aplikasi Trimit yang sukses diunduh 100 ribu orang. Trimit adalah versi awal dari Summly. Kesuksesan Trimit ini menarik minat para investor untuk menanamkan uang mereka pada aplikasi ini. Banyaknya investasi yang masuk membuat Nick lebih tenang untuk mengembangkan Trimit menjadi aplikasi lebih canggih yang akhirnya berevolusi menjadi Summly.

Meskipun buku ini secara khusus membahas kehidupan dan proses kreativitas Nick D’Aloisio hingga menjadi salah satu dari 30 miliarder muda dunia versi majalah Forbes, pada bagian akhir penulis juga mencoba menampilkan beberapa kisah-kisah inspiratif 30 pengusaha muda dunia.

Buku ini sangat cocok dibaca kalangan pemuda dan remaja untuk belajar dan menambah motivasi serta sumber inspirasi untuk berwirausaha menciptakan produk-produk yang inovatif bagi orang lain. Buku ini seperti menegaskan bahwa kesuksesan tidak hanya milik golongan dewasa. Remaja pun bisa sukses, seperti Nick. Kuncinya adalah kreatif, bekerja keras, dan pantang menyerah. Sudah saatnya kaum muda berkarya. (M Al Mustafad - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Milyarder Baru di Usia 17 Tahun

Penulis

: Hermawan Aksan

Penerbit 

: Pustaka Inspira

Tahun

: 2013

Genre 

: Kisah Nyata

Tebal

: 168 Halaman

ISBN

: 978-6029-706-63-5

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KISAH NYATA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225523

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit