Ken & Kaskus; Cerita Sukses di Usia Muda Cetak E-mail
(2 votes)

Ken & Kaskus; Cerita Sukses di Usia MudaRisiko besar dan keyakinan tinggi. Dua ungkapan tersebut menyimpulkan segala pengalaman yang dilalui Ken Dean Lawanita demi membesarkan Kaskus. Kaskus, komunitas berbasis forum terbesar Indonesia yang dimiliki Ken, menjadikannya CEO termuda Indonesia. Ken berani memperjuangkan passion-nya di dunia online dan mempertaruhkan pendidikan sarjananya di Amerika ketika dunia online belum dikenal luas di Indonesia saat itu. Seperti perkataan Edi Taslim di sampul belakang,

"Di usianya yang sangat muda, semangat dan keberanian Ken untuk berinvestasi dan menekuni bisnis digital patut diacungi jempol. Kedewasaan berpikir yang jarang ditemui di orang seusianya."

Buku setebal 320 yang ditulis Alberthiene Endah ini terbagi dalam 11 bab dan prolog. AE sebelumnya menulis biografi Merry Riana, Aloy, Jokowi, dan Chrisye. AE mereka ulang kisah Ken dalam bahasa populer dan ditulis dari sudut orang pertama.

Sejak kecil Ken telah bersikap kritis. Seperti sewaktu bersekolah dahulu, dia sangat kritis terhadap sekolah. Ken selalu membawa pertanyaan why ke sekolah dan guru-guru sampai kesal menjawabnya (hal 51). Pandangannya pun tidak disangka membuat kedua orang tua dipanggil, dari Ken sewaktu SD hingga SMA. Guru-guru mengeluhkan kebawelan Ken.

Setelah mengenyam pendidikan di Indonesia dan Australia, orang tuanya mengirim Ken ke Seattle untuk studi. Di sana dia bertemu Andrew Darwis, sepupu jauhnya yang menciptakan Kaskus sejak 1999 (hal 108). Ken bersemangat memperhatikan sepupunya duduk di depan komputer dan mengelola situs tersebut. Ken menjadi teramat ingin memiliki Kaskus melihat potensi yang begitu besar.

Namun, pelbagai tantangan menghalangi harapan Ken dalam membesarkan komunitas online ini. Sepanjang 2007, Ken berusaha meluluhkan hati Andrew dan meminta persetujuan Papi (hal 164). Andrew yang semula ingin bekerja sama dengan Ken, kemudian mengurungkan niatnya. Andrew masih belum dapat menjual sebagian saham Kaskus kepadanya (hal 172).

Tidak lama kemudian, Alex, pemilik lyric.com, ingin membeli Kaskus seharga 500 ribu dollar (hlm 177). Untuk memiliki Kaskus, Ken harus merogoh kocek yang lebih dalam. Setelah habis-habisan memperjuangkan keinginan untuk mendapat pinjaman dari Papi, Andrew, lagi-lagi, mematahkan harapan Ken. Dia tidak jadi menjual saham Kaskus untuk Ken (hal 183).

Permasalahan tidak selesai menimpa Ken. Setelah mendirikan perusahaan, Kaskus di-hack sekelompok orang dari Yogya (hal 199). Forum BB-17 yang menjadi unggulan dihentikan karena munculnya UU ITE. Fight Club diminta direvisi karena kebebasan berargumen yang berbau SARA (hal 200). Kekhawatiran Ken menjadi nyata sebab trafik sempat menukik tajam (hal 201).

Kaskus juga sempat beroperasi di Gang Buni, dengan ruang dalam yang pas-pasan dan bentuk yang sangat sederhana (hal 206). Ken bersama Andrew pernah berkantor di sebuah kafe, daerah Thamrin, demi menumpang koneksi internet. Dan Ken kesulitan meyakinkan agensi periklanan, untuk mengajak para klien beriklan di Kaskus. Presentasi mereka tentang potensi Kaskus dianggap tidak meyakinkan (hal 212).

Akhirnya, rangkaian hambatan mengarahkan Ken menuju titik terang. SAC mengakui potensi Kaskus, yaitu Kaskus merupakan situs ke-7 yang paling banyak diakses masyarakat Indonesia. Kaskus dianugerahi gelar Indonesia Innovative Top Website di tahun 2008 dan The Online Inspiring Award pada 2009. Tidak berhenti di situ saja, Global Digital Prima menaruh investasi dengan nominal ratusan kali jumlah modal yang Ken pinjam dari Papi pada 2008 (hal 251). Nilai investasi benar-benar membuat Ken puas dan bangga akan prestasinya. Di 2012, Kaskus memiliki 5 juta anggota dan 27 juta pengunjung setiap bulan (hal 264).

Kiat-kiat menghadapi jatuh-bangun, trik mengatasi harapan-harapan yang tidak tercapai, dan semangat mewujudkan mimpi merupakan nilai-nilai yang akan menginspirasi para pembaca, khususnya generasi muda. Sekali lagi, Ken & Kaskus menegaskan bahwa sukses dapat dicapai di usia berapa pun. Secara tidak langsung, buku ini mengilhami bahwa kreativitas dan ide-ide untuk masyarakat mendorong upaya tercapainya kesuksesan. Biografi ini juga menjabarkan alasan-alasan Kaskus sukses (hal 261-264) dan tip-tip membangun bisnis online (hal 278-279). (R Mulyanto - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Ken & Kaskus; Cerita Sukses di Usia Muda

Penulis

: Alberthiene Endah

Penerbit 

: Gramedia Pustaka Utama

Tahun

: 2013

Genre 

: Kisah Nyata

Tebal

: 320 Halaman

ISBN

: 978-979-22-9141-4

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KISAH NYATA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447760

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit