Sulap Otakmu Bisa Berpikir Lebih Cepat; Rahasia Mengasah Otak Bisa Berpikir Tangkas dan Cekatan Cetak E-mail
(9 votes)
Sulap Otakmu Bisa Berpikir Lebih Cepat; Rahasia Mengasah Otak Bisa Berpikir Tangkas dan Cekatan

Sebagaimana kebutuhan akan air, otak sangat vital bagi manusia. Maka, otak harus dijaga agar tetap berfungsi dengan baik. Segala gerak, ucapan, dan tindakan manusia diatur. Tetapi, mengapa ada otak yang cepat dan lambat berpikir?

Lambat berpikir erat kaitannya dengan daya ingat yang tidak tahan lama. Dia mudah lupa terhadap informasi, wawasan, dan pengetahuan yang didapat. Ini bisa mengganggu aktivitas keseharian. Misalnya, sulit menemukan solusi jernih ketika menghadapi permasalahan. Otak yang lambat berpikir bisa pula berpengaruh di tempat kerja.

Lewat buku ini, pembaca diarahkan untuk memelihara otak agar terhindar dari kelambatan berpikir. Gejala kelambatan dalam berpikir merupakan hasil rangkaian kerja otak yang lemah. Penyebabnya bisa dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal terkait dengan asupan nutrisi dan gizi, sedangkan faktor eksternal terkait kebiasaan-kebiasaan dan perilaku serta lingkungan. Sehari-hari, manusia selalu berhadapan dengan kondisi yang bisa membuatnya terserang gangguan berpikir (halaman 11–12).

Yang perlu disadari, cara kerja otak manusia dirancang untuk melakukan gerakan setiap hari, bahkan setiap menit. Ketika bergerak, darah akan terpompa ke otak untuk mengalirkan oksigen dan glukosa yang merupakan bahan bakar atau makanan utama otak.

Apabila pekerjaan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat duduk dan jarang bergerak, luangkan waktu untuk menggerak-gerakkan badan di tempat kerja. Ketika tubuh bergerak, otak akan menjadi aktif untuk mengelola berbagai informasi yang didapat. Ketika tubuh terlalu banyak diam, otak akan cenderung menjadi pasif dan terlihat malas mengolah informasi (halaman 19–22).

Tentu, hanya melakukan pergerakan tubuh tidak berdampak maksimal bagi kinerja otak. Kerja otak terganggu kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, minuman beralkohol, narkotika, dan begadang. Menumpuknya lemak di perut juga bisa membuat otak lambat berpikir. Tidak hanya identik dengan peningkatan risiko penyakit jantung, lemak perut juga memengaruhi otak (halaman 108–111).

Untuk menghindari kelambatan berpikir, jangan lupa pasokan air ke tubuh. Air di dalam tubuh sangat penting, terutama bagi aktivitas otak. Kekurangan air 1 persen saja dari bobot tubuh bisa menyebabkan otak lambat. Otak memiliki kandungan air 75 persen. Kurangnya pasokan air ke otak menyebabkan kekurangan oksigen. Akibatnya, sel-sel otak menjadi kurang aktif dan tidak berkembang, bahkan bisa menciut. Otak tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itulah yang membuat seseorang mudah menjadi pelupa, sulit konsentrasi, dan lambat berpikir (halaman 112–113).

Banyak mengonsumsi gula juga bisa mengurangi kemampuan otak. Inilah salah satu alasan manusia harus membatasi asupan gula. Makan terlalu banyak gula dapat menggerogoti kemampuan otak. Polusi udara juga bisa memicu kerusakan otak. Paparan polusi udara mengakibatkan kerusakan pada saraf otak yang berkaitan dengan fungsi mengingat dan kemampuan belajar. Manusia yang terlalu banyak terpapar polusi udara bisa berakibat penurunan kecerdasan (halaman 133–136).

Buku ini penting dan perlu dipelajari siapa pun karena memberi ilmu dan wawasan untuk mengasah otak supaya bisa berpikir tangkas dan cekatan. Pembaca juga diingatkan untuk rajin berolah raga dan membangun kebiasaan hidup sehat. Mungkinkah otak senantiasa bekerja secara optimal setiap saat? Temukan jawabannya dalam buku ini. (Armawati - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Sulap Otakmu Bisa Berpikir Lebih Cepat; Rahasia Mengasah Otak Bisa Berpikir Tangkas dan Cekatan

Penulis

: Andy Prasetya

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2013

Genre 

: Pengembangan Diri

Tebal

: 196 Halaman

ISBN

: 978-6027-933-35-4

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29366044

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit