Pintu Harmonika Cetak E-mail
(1 vote)

Pintu HarmonikaBagi Rizal, Juni, dan David, berada di "surge" adalah saat-saat paling menyenangkan, meski bukan dalam arti sebenarnya. Surga itu berupa sepetak tanah kosong di kawasan Ruko Gardenia Crescent (hal 5). Meski demikian, ketiga bocah tersebut sangat nyaman berada di dalamnya.

Rizal Zaigham Harahap (Rizal) adalah putra Om Firdaus, pemilik toko kelontong "Firdaus". Dia keren, maniak Twitter dan blog. Dia suka kungfu dan penuh pencitraan. Rizal baru menyadari tanah kosong bersemak dan berbau pesing itu tiga tahun lalu setelah kabur dari ruko (hal 9). Meski tak terawat, tanah itulah yang akhirnya menjadi tempat Rizal mencurahkan perasaannya: menangis karena rindu ibu, twitter-an dan blogging. Tanah ini pula yang menjadi perantara pertemanannya dengan Juni dan David.

Juni Shanaz (Juni) adalah putri sulung pemilik Ruko CV Shanaz, pengusaha sablon. Dia cerdas dan ceria. Juni sangat menggemari surga karena dia bisa membaca serial detektif dengan tenang. Apalagi David Christian Hadijaja (David), putra tunggal Tante Imelda, pemilik bakery, selalu menemani. David anak yang cerdas dan menyenangkan, tidak seperti Diba, adiknya, yang lemot dan bawel (hal 148). Juni bahkan berharap David-lah yang menjadi adik kandungnya, bukan Diba. Juni juga bersyukur berkesempatan belajar kungfu dari suhu (panggilan Juni untuk Rizal) agar tak dianiaya teman-teman di sekolah.

Ketiganya menjalani hari-hari bahagia di surga. Rizal sibuk dengan kegiatan online. Dia harus membantu penggalangan dana untuk group dance Cynthia, cewek sengak tapi manis di sekolahnya (hal 19). Berbekal kepopulerannya di dunia maya, Rizal dapat membantu Cynthia mempromosikan kue yang diproduksi Tante Imelda. Sementara itu, Juni dan David masih sibuk menekuni bacaan detektif seperti Detektif Conan, Legenda Naga, dan Amy Adams (hal 148).

Kenyamanan Rizal, Juni, dan David terusik karena tanah kosong akan dijual. Spanduk penjualan pun tersebar di sekitar kompleks ruko. Rizal bekerja sama dengan Juni berupaya melakukan operasi progressive indirect attack (PIA) dengan melepas spanduk pada malam hari. David tidak ikut serta karena dianggap masih kecil.

Rizal dan Juni bekerja keras demi mempertahankan tanah kosong. Mereka harus bangun dini hari dan kucing-kucingan dengan Solihin, satpam ruko (hal 172). Rencana mereka berhasil, meski akhirnya spanduk dipasang lagi.

Dalam keseharian sebenarnya ketiga anak memiliki problem yang cukup rumit. Rizal, misalnya, tidak mengakui omnya sebagai ayahnya saat bertemu Cynthia. Pencitraannya di sekolah sebagai pemuda dari kalangan the have dengan cepat terbongkar. Cynthia menjadi tak respek padanya.

Juni tak betah di rumah karena diskors. Apalagi, Diba, adiknya, sakit, dan ruko sablon mereka akan dijual. Sementara David marah tak diikutkan dalam operasi PIA. Apalagi, mamanya murung dan sedih tanpa alasan jelas. Dia juga selalu tak enak badan (hal 202).

Masalah bertambah pelik karena perbuatan Rizal dan Juni diketahui Solihin. Namun, berkat penjelasan para orang tua, Rizal dan Juni merelakan tanah kosong dijual. Mereka bahkan membantu promo lewat dunia maya. (Sri Mulyati - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Pintu Harmonika

Penulis

: Clara Ng dan Icha Rahmanti

Penerbit 

: Plot Point Publishing

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Fiksi

Tebal

: 254 Halaman

ISBN

: 978-6029-481-20-4

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL FIKSI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230121

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit