Impatient Optimist; Ambisi, Strategi & Pandangan Hidup Bill Gates Cetak E-mail
(2 votes)

 Sang Optimis yang Tidak Sabar

Impatient Optimist; Ambisi, Strategi & Pandangan Hidup Bill Gates

Setiap orang ingin sukses membangun bisnis dan keluarga. William Henry Bill Gates, pria kelahiran Seattle, AS, telah berhasil meraihnya. Pebisnis yang sukses besar di bidang teknologi ini merupakan ikon bisnis dunia selama lebih dari 3 dekade, sejak komputer pribadi (PC) diproduksi secara massal tahun 1981. Bill pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia.

Bill Gates menyandang julukan pengusaha cerdas, visioner, dan keras yang terkadang mengabaikan prinsip benar-salah. Dia memelopori salah satu revolusi terbesar dalam sejarah modern, dengan mengubah teknologi komputer 1970-an yang tak dapat diakses orang banyak menjadi peranti berharga yang mudah digunakan.

Dia berhasil membangun Microsoft menjadi perusahaan raksasa. Banyak pebisnis dari berbagai jalur terinspirasi kesuksesannya. Mereka beramai-ramai mengamalkan ucapan dan strategi bisnisnya untuk membentuk dan mengembangkan perusahaan.

Menurut Bill, dalam berbisnis, harus ada terobosan. "Kami dibayar demi terobosan sebab orang yang menggunakan peranti lunak. Sekarang mereka terus memakai dan tak lagi membayar 1 sen pun" (hal 6). Organisasi-organisasi besar menuntut komitmen tinggi. Bill mengkritik lewat ide. Bila ada yang tidak cocok atau hanya membuang waktu, dia akan langsung mengatakannya dengan jujur (hal 7).

"Berbagi ide bukan merupakan unsur persaingan" menjadi salah satu prinsip bisnisnya. Bila ada orang lain di industri perangkat lunak ingin menimba pemikiran-pemikirannya, dia tak segan berbagi pengetahuan. "Berbagi visi, bukan persaingan. Kami hanya ingin memperbincangkannya dan mendorong orang lain berbagi ide serupa sehingga mereka dapat membantu mewujudkannya" (hal 26).

Bisnis harus sederhana, tidak perlu banyak proses formal (hal 27). Selain itu, lingkungan kerja harus selalu menyenangkan "Saya sejak dulu beranggapan bahwa lingkungan tempat mengembangkan produk harus menyenangkan (hal 35).

Bill menjalani kehidupan sehari-hari seperti umumnya orang. Dia tak mau membiasakan diri ditunggui atau diantar sopir. Hidup dengan cara berbeda akan terasa aneh (hal 62). Bill selalu memandang dunia dengan penuh optimisme dan banyak membaca sampai-sampai di rumahnya sengaja tak disediakan televisi. "Saya hanya berusaha menjauhinya karena suka membaca" (hal 63-65).

Masyarakat perlu belajar dari Bill yang profesional, bekerja tidak semata-mata demi uang (hal 79), dan kedermawanannya. Bill tak bisa berdiam diri saat melihat derita rakyat kecil. Dia pernah menyumbang dana amal 30 juta dollar AS untuk menyembuhkan penderita malaria (hal 85). "Kesehatan global merupakan komitmen kami seumur hidup. Sampai kami mengurangi beban kaum papa sehingga tak ada jurang antara kita dengan mereka. Masalah ini akan selalu kami prioritaskan" (hal 88).

Bagian terakhir buku memaparkan prestasi-prestasi yang pernah diraih, antara lain pada usia 13 tahun (1970) dia menulis program komputer pertama dalam BASIC dengan terminal tua Teletype Model di sekolah (hal 118). Pada 1976, bersama Paul Allen, dia resmi mendaftarkan Microsoft sebagai badan usaha (hal 119).

Pada 1989, Bill meluncurkan Corbis, arsip digital seni dan fotografidan Microsoft Office, yang mencakup beberapa program software, termasuk word dan Excel (hal 122).

Pada 1992, orang cerdas ini berada di urutan teratas daftar Forbes sebagai orang terkaya di AS dengan aset pribadi senilai 6,3 miliar dolar (hal 123). Pada 2007, pria berkaca mata tersebut memperoleh gelar doktor hukum kehormatan dari Harvard. Pada tahun yang sama, Microsoft memperkenalkan Windows Vista dan Office 2007. (Sam Edy Yuswanto - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Impatient Optimist; Ambisi, Strategi & Pandangan Hidup Bill Gates

Penulis

: Lisa Rogak

Penerbit 

: Bentang Pustaka

Tahun

: 2013

Genre 

: Motivasi

Tebal

: 176 Halaman

ISBN

: 978-6027-888-11-1

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225598

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit