Enigma; Menguak Fakta-fakta Misterius Paling Fenomenal di Dunia Cetak E-mail
(1 vote)

Melacak Fenomena Alam di Sekitar Kita

Enigma; Menguak Fakta-fakta Misterius Paling Fenomenal di DuniaBuku ini sangat menunjang guna menguak fakta misterius paling fenomenal di dunia. Karya tersebut menyajikan fenomena-fenomena berbau misteri yang pernah menggemparkan khalayak dengan lumayan detail plus gambar pendukung, meski datanya hanya dari dunia maya. Semua daftar pustaka dari dunia maya. Namun, jangan kira bahwa semua isu yang disajikan tampil dengan setengah-setengah.

Tentang fenomena crop circle, misalnya, blog Enigma yang akhirnya menjelma buku ini, mendata komplet. Sejarah crop circle bisa dilacak dari tahun 1678 saat muncul cerita Mowing Devil yang menceritakan iblis sedang menggambar desain oval di sebuah ladang gandum. Kisahnya berbau mistik. Sang petani yang menolak tuntutan pekerjaan majikan mengatakan bahwa lebih baik iblis yang mengerjakan tugasnya. Pada malam itu juga, ladang gandum tersebut terbakar api. Paginya, lingkaran misterius berbentuk oval muncul di ladang tersebut. Entah kisah ini nyata atau tidak (hal 22).

Dengan berurutan, kemudian disajikan kasus-kasus crop circle lain yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Ada juga kasus-kasus crop circle gadungan yang mau menyatakan bahwa crop circle sebenarnya bisa dibuat manusia. Kemudian, ditunjukkan kelemahan atau perbedaan antara crop circle asli dan buatan. Tapi, pembaca kemudian dibiarkan menebak-nebak sendiri, benar misteri dan imitasi.

Cerita lain adalah lingkaran es unik di permukaan sungai, fenomena matahari kembar, Sun Dog, dan parhelic circle, ketika langit terbelah dua (Anticrepuscular Ray), suara dengung bumi yang membingungkan, urine astronot, dan cahaya indah di langit. Ketika mengungkap misteri ledakan tunguska (hal 39) terlepas dari teori-teori dan berdiri sendiri (berdasar data). Buku ini mendapat angin segar karena telah berhasil keluar dari kalangan pengikut teori konspirasi dan para pengagum UFO.

Penulis juga usil dengan ukiran helikopter di dinding Kuil Abydos (hal 106) dan ukiran alien bermata besar di Mastaba Ptah Hotep, yang kemudian diadopsi Steven Spielberg di film Transformer (hal 113).

Pembaca diajak berpikir perihal teknologi masa lampau yang patut diacungi jempol dalam kasus misteri Stonehenge (hal 158) atau negeri Atlantis (hal 183). Teknologi seperti apakah yang digunakan untuk membangun monumen Stonehenge? Benarkah negeri sehebat Atlantis pernah ada?

Baca juga ketika fenomena Sleep Paralysis (tindihan), Déjà vu, listrik statis dalam tubuh manusia, dan pembakaran spontan manusia. Ini mengingatkan kita bahwa di dalam tubuh manusia pun ternyata tersimpan banyak misteri.

Yang unik, pada hoax (kebohongan di dunia maya) yang direkonstruksi untuk keperluan dunia bisnis. Untuk awam teknologi photoshop dan strategi bisnis sebuah perusahaan game online, jangan lewatkan pula untuk membaca ulasan tentang penemuan kerangka manusia raksasa dan fosil Jebal Barez di buku ini. Tentu saja, ini demi masyarakat semakin mengerti seluk-beluk dunia enigma yang dalam bahasa Latin berarti teka-teki. (Adi Zamzam - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Enigma; Menguak Fakta-fakta Misterius Paling Fenomenal di Dunia

Penulis

: SAM

Penerbit 

: Tangga Pustaka

Tahun

: 2013

Genre 

: Fenomena Alam

Tebal

: 286 Halaman

ISBN

: 979-0830-77-7

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
FENOMENA ALAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447784

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit