Berjuang di Tanah Rantau; Man Jadda Wajada Series Cetak E-mail
(1 vote)

Berjuang di Tanah Rantau; Man Jadda Wajada Series"Merantaulah. Gapailah impianmu setinggi-tingginya. Bepergianlah, maka ada lima keutamaan untukmu. Melipur duka dan memulai penghidupan baru, memperkaya budi, pergaulan yang terpuji, serta meluaskan ilmu" (halaman xi).

Barisan kata bijak yang diucapkan Imam Syafi’i 12 abad silam tersebut menyiratkan makna bahwa merantau merupakan fase penting dalam upaya merengkuh kesuksesan. Hidup jauh dari kampung halaman mengajarkan banyak tentang arti perjuangan, ketabahan, serta kepasrahan pada Tuhan.

Dengan perjalanan yang jauh dan keluar dari zona nyaman, manusia akan terpaksa melihat pemandangan yang berbeda dengan perspektif segar. Dari perubahan perspektif itu, akan terbuka berbagai kemungkinan baru. Mungkin itu juga peluang baru, karier baru, atau rezeki baru (halaman xii).

Buku tersebut merangkum sederet pengalaman berharga para penulis soal pahit-manisnya mengejar impian di mancanegara, mulai dari kisah pilu yang melatarbelakangi seseorang meninggalkan tanah air hingga beratnya tantangan yang dihadapi di medan juang.

Bagian pertama mengisahkan perjuangan Ilham Maulana, seorang alumnus Unsyiah Banda Aceh, dalam menggapai mimpi melanjutkan S-2 ke Australia. Sayang, mimpinya harus tertunda gara-gara "kecelakaan". Surat nilai TOEFL-nya terselip di tempat kursus di Palembang. Alhasil, surat TOEFL tersebut telat dikirim dan gagal mengajukan lamaran ke AusAID (Australian Government’s Overseas Aid Program).

Sempat tenggelam dalam kekecewaan yang menggunung, Ilham mencoba peruntungan lain dengan mengajukan proposal beasiswa ke Jerman melalui DAAD (The German Academic Exchange Service). Kali ini usahanya tak sia-sia. Setelah empat tahun bergelut dengan bahan-bahan kimia berbahaya, Ilham sukses menamatkan program doktor di Jerman dengan nilai magna cum laude.

"Allah selalu menganugerahkan yang terbaik untuk hamba-Nya. Andai dulu aku berhasil mendapat beasiswa ke Australia, dapat dipastikan aku hanya akan bergelar master. Namun, kini gelar doctor rerum naturalium (Dr. rer. Nat) tersemat di depan namaku, di usiaku yang ketiga puluh tahun," (halaman 18).

Baru sebulan kembali ke tanah air, dia menerima panggilan kerja dari The Australian National University, Canberra. Kini, Australia yang dulu begitu diimpikan sukses dijejaki, bukan sebagai mahasiswa, tapi staf peneliti.

Memang, terkadang yang terbaik menurut manusia belum tentu begitu bagi Tuhan. Hingga suatu saat Tuhan membukakan hikmah di balik kegagalan yang pernah dialami hamba-Nya. Sayang, manusia acap kali tidak bersabar, bahkan berburuk sangka pada-Nya.

Lain lagi dengan kisah penulis bernama pena Ummy Marzhudy. Dibesarkan sebagai yatim, dia harus membuang mimpi untuk melanjutkan pendidikan ke SMA. Tak mau larut dalam kesedihan, Ummy nekat melamar kerja sebagai pembantu rumah tangga di Hong Kong lewat sebuah PJTKI. Setelah tiga kali berganti majikan, datanglah kesempatan buat melanjutkan pendidikan melalui program kejar paket C khusus untuk buruh migran.

Jerih payah Ummy membanting tulang berbuah manis. Selain memperoleh ijazah setara SMA, rumah bambunya berhasil direhab menjadi tembok. Adiknya pun sukses dibiayai hingga lulus STM serta mendapat pekerjaan di Balikpapan. Namun, Ummy tak lantas berpuas diri. Setelah itu, dia kembali ke Hong Kong untuk mengumpulkan modal demi menggapai mimpi masuk ke perguruan tinggi. Satu pesan berharga disampaikan Ummy. "Hidup adalah taman yang indah jika menanaminya dengan kembang perjuangan" (halaman 129).

Sebelas kisah lainnya di buku tersebut pun tak kalah inspiratif. Satu pelajaran yang layak dipetik, kesuksesan hanyalah milik orang-orang yang berani meninggalkan zona nyaman demi menggapai mimpi. Sukses jauh dari mereka yang berpangku tangan menunggu datangnya keajaiban. (Karyono - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Berjuang di Tanah Rantau; Man Jadda Wajada Series

Penulis

: A. Fuadi, dkk

Penerbit 

: PT Bentang Pustaka

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Fiksi

Tebal

: 186 Halaman

ISBN

: 978-6027-888-41-8

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL FIKSI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236856

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit