Ajaibnya Daun Sukun Berantas Berbagai Penyakit Cetak E-mail
(1 vote)

Ajaibnya Daun Sukun Berantas Berbagai PenyakitSebagian masyarakat mungkin sudah tak asing lagi mendengar sukun yang buahnya enak. Dia bisa direbus, digoreng, dijadikan keripik, dan getuk. Sementara itu, daunnya juga sangat bermanfaat untuk pengobatan. Berbagai penelitian ilmiah mengungkapkan, daun sukun memiliki khasiat memberantas beragam jenis penyakit, seperti gangguan hati, asam urat, rematik, malaria, gangguan ginjal, penyakit jantung, dan hipertensi (hal 7).

Sukun memiliki daging berwarna putih dan lembut. Rasanya kenyal mirip roti tawar. Tak heran bila dalam bahasa Inggris, sukun disebut 'buah roti' (breadfruit). Bila ditinjau dari segi kesehatan, buah sukun memiliki kandungan serat tinggi, 1-2 persen. Maka, buah sukun sangat cocok untuk memperbaiki menu demi kesehatan pencernaan sekaligus mengurangi risiko penyakit kanker usus dan ambeien (hal 5-6).

Buku ini terbagi menjadi 5 bab. Pertama menjelaskan seluk-beluk tanaman sukun, mulai sejarah asal-usulnya, manfaat, klasifikasi, serta jenisjenis tanaman sukun (hal 13-32). Bab 2 mengulas khasiat 'flavonoid' atau senyawa kimia yang terdapat di dalam daun sukun serta manfaat bagi kesehatan (hal 41-44). Bab 3 memaparkan khasiat-khasiat daun sukun dalam memberantas beragam penyakit (hal 45–106).

Dua bab terakhir menampilkan testimoni orang-orang yang telah membuktikan khasiat daun sukun dan mengulas tip-tip budi daya. Sukun termasuk jenis tanaman serbaguna dan bernilai ekonomis. Dia dapat tumbuh subur sepanjang tahun (evergreen) di daerah tropis basah. Bila akar sukun terluka atau terpotong, akan memacu tumbuhnya tunas alami (hal 15).

Buah sukun merupakan bahan pangan penting, sebagai sumber karbohidrat di berbagai kepulauan di daerah tropika, terutama Pasifik dan Asia Tenggara (hal 19). Sukun bisa menghasilkan buah hingga mencapai 200 buah per pohon setiap tahunnya dengan berat sekitar 400-1.200 g.

Sukun termasuk salah satu sumber pangan yang kaya karbohidrat. Kandungan karbohidrat sukun setara dengan sumber pangan lainnya, seperti singkong, talas, dan ubi jalar. Karena kandungan karbohidrat yang tinggi itulah, maka sukun sering dijadikan sebagai makanan alternatif, pengganti padi saat musim paceklik (hal 32).

Sukun juga dapat dijadikan sebagai tanaman obat herbal. Pada umumnya, masyarakat menggunakan daun sukun untuk mengobati penyakit lever, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, jantung, ginjal, dan sejumlah penyakit lainnya. Daun sukun juga bisa dijadikan sebagai ramuan obat gosok kulit yang bengkak dengan cara membakarnya. Abunya dicampur minyak kelapa dan kunyit (hal 36).

Masyarakat Ambon juga memanfaatkan kulit batang pohon sukun sebagai obat mencairkan darah bagi wanita yang melahirkan (hal 37). Penyakit lain yang tergolong berat dan dapat disembuhkan dengan aplikasi daun sukun adalah asam urat. Penyakit arthritis ini disebabkan penumpukan kristal pada persendian karena tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

Pada umumnya, penyakit ini menyerang persendian, seperti jari-jari kaki, tumit, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku (hal 72–79). Sukun termasuk jenis tanaman yang memiliki efek insulin yang dapat menurunkan gula darah. Hasil riset pernah dilakukan Nublah dari UGM. Penelitian dilakukan dengan menguji pemberian ekstrak daun sukun kepada tikus jantan galur Wistar yang diberi glukosa monohidrat, sehingga mengalami hiperglikemia.

Pemberian 1,35 g glukosa monohidrat per 200 g bobot badan menyebabkan kadar gula darah tikus naik dari 88,95 mg/dl menjadi 173,95 mg/dl. Riset menunjukkan, pada menit ke-120, air rebusan daun sukun mampu menurunkan kadar gula darah dengan lebih baik (102,80 mg/dl) dibandingkan ekstrak kloroform (114,20 mg/dl) dan metanol (123,80 mg/dl) (hal 127).

Kemampuan ekstrak daun sukun memang belum sebanding dengan Glibenklamid, namun ekstrak daun sukun ini memunyai kelebihan, di antaranya berefek samping rendah dan target spesifik (hal 128). Rebusan daunnya bisa untuk mandi dan merendam kaki agar pembuluh darah melebar dan meningkatkan sirkulasi darah. Bagi penderita diabetes, rebusan daun sukun bisa ditambah herbal pahit yang berkhasiat untuk mengobati penyakit kencing manis, seperti sambiloto, temu ireng, dan daun pepaya (hal 50-52). (Sam Edy Yuswanto - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Ajaibnya Daun Sukun Berantas Berbagai Penyakit

Penulis

: Sitiatava Rizema Putra

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2013

Genre 

: Tanaman Obat

Tebal

: 164 Halaman

ISBN

: 978-6027-641-79-2

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
TANAMAN OBAT

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447846

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit