Soul Travel in Baduy; Mencari Jejak Diri di Tanah Baduy Cetak E-mail
(1 vote)

Soul Travel in Baduy; Mencari Jejak Diri di Tanah BaduyNama Baduy semakin populer sebagai tempat tujuan rekreasi seiring maraknya perjalanan wisata ala backpacker. Kampung Baduy terletak di Kabupaten Lebak, Rangkas Bitung, Banten. Sekitar 172 kilometer dari Jakarta.

Biaya yang dikeluarkan untuk sampai ke Baduy relatif murah. Selain itu, Baduy menawarkan banyak pemandangan menarik, terutama terkait kesederhanaan warga yang belum banyak tersentuh teknologi ini.

Melalui buku Soul Travel in Baduy, Eni Martini berbagi pengalaman setelah beberapa blusukan di daerah tersebut. Wisata ke Baduy memerlukan persiapan fisik karena perjalanan banyak ditempuh dengan jalan kaki.

Hindari membawa tenda. Selain hanya menambah beban di pundak, tidak akan terpakai selama di Baduy. Sudah peraturan setempat, setiap tamu hanya boleh bermalam dengan menumpang tidur di rumah penduduk, tidak bisa membuat tenda di sembarang tempat (halaman 33).

Agar beban yang dibawa tidak terlalu berat, hendaknya membawa perlengkapan yang diperlukan saja, seperti sarung, jas hujan, baju hangat, senter, obat-obatan, lauk yang tahan lama, dan pakaian yang nyaman, seperti celana kargo panjang untuk menghindari lecet atau gigitan serangga selama perjalanan (halaman 68).

Selama di lokasi, jangan pernah melanggar aturan adat, terutama di Baduy Dalam. Jika tidak, akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun aturan itu sangat sederhana, seperti tidak boleh menggunakan sabun, pasta gigi, atau shampo di sungai. "Larangan teu meunang dirempak, buyut teu menang dirobak" merupakan salah satu filosofi masyarakat Baduy, yang artinya "Larangan tidak boleh dilanggar, buyut tidak boleh diubah" (halaman 63).

Di Baduy, ada peraturan bahwa pengunjung hanya diperbolehkan menginap semalam (halaman 122). Jika ingin melakukan perjalanan lebih dari dua hari, pengunjung harus mengunjungi kampung lain. Kampung di Baduy Dalam yang biasa dikunjungi adalah Gazebo, Cibeo, dan Cikeusik. Jangan berkunjung saat musim hujan karena medan yang ditempuh akan sulit dan licin.

Baduy juga tertutup untuk umum saat upacara Kawalu, yaitu pada bulan Februari hingga April. Agar perjalanan lebih mudah, bisa menghubungi guide yang kebanyakan warga Ciboleger. Nomor telepon guide di Baduy bisa didapat dari sekretariat pencinta alam di berbagai Universitas. Jika sudah sering ke Baduy, silakan saja melakukan perjalanan tanpa bantuan guide.

Pengunjung harus benar-benar mengenal warga Baduy yang akan dikunjungi dan hafal rute yang akan ditempuh. Mengunjungi Baduy akan mendapat pelajaran tentang arti kederhanaan. Betapa warga setempat bisa hidup dengan bahagia meskipun tanpa fasilitas seperti di kota.

Hidup tanpa kebisingan, polusi, macet, dan tak terjebak dengan rutinitas kota lainnya. Jika pembaca mempunyai rencana mengunjungi Baduy, tak ada salahnya membeli buku ini sebagai salah satu panduan.

(Nining Sumarni - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Soul Travel in Baduy; Mencari Jejak Diri di Tanah Baduy

Penulis

: Eni Martini

Penerbit 

: Elex Media Komputindo

Tahun

: 2013

Genre 

: Pariwisata

Tebal

: 144 Halaman

ISBN

: 978-6020-205-67-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PARIWISATA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447837

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit