To Be An Innovator Cetak E-mail
(1 vote)

To Be An InnovatorZaman informasi seperti sekarang menjadikan persaingan hidup semakin ketat. Yang tertinggal akan tersingkir. Untuk itu, diperlukan sebuah terobosan baru agar manusia mengikuti perkembangan sehingga mampu bersaing.

Buku To Be An Innovator karya Peng Kheng Sun ini bisa menjadi modal untuk menemukan sebuah terobosan baru untuk mengatasi perubahan zaman.

Buku ini menawarkan menjadi inovator out of the box sehingga kreatif. Menjadi inovator dewasa ini mutlak adanya. Kalau tidak, seseorang akan diam di tempat, tidak berkembang. Jika ingin maju, seseorang harus berani melakukan terobosan-terobosan baru.

Jika pada zaman pertanian mengandalkan fisik, era industri menjagokan materi. Di zaman informasi sekarang, otaklah yang bekerja dan menjadi taruhan menemukan langkah-langkah baru.

Maka, demi sebuah inovasi, tidak jarang perusahaan-perusahaan besar dunia berani menginvestasikan sebagian besar dananya untuk riset dan eksperimen karena segala sesuatu terus berubah. Inovasi menjadi sebuah kebutuhan untuk mengimbangi perubahan yang semakin cepat.

Tidak hanya untuk sebuah perusahaan, buku 364 halaman ini juga membahas inovasi bagi individu (personal) yang jarang diulas. Untuk menjadi inovator bagi diri sendiri, seseorang bisa berinovasi, seperti dalam pekerjaan, kesehatan tubuh, sikap, pikiran, berkeluarga, dan mengelola keuangan.

Sebagai modal untuk melancarkan sebuah inovasi, seseorang tidak boleh terlena ketika mencapai sebuah tujuan dan berlarut-larut ketika gagal.

Seseorang harus memberlakukan keduanya sementara. Seseorang boleh merasa puas dengan tujuan yang telah dicapai, tapi jangan terlalu lama. Di balik itu, ia harus sadar dan berinovasi untuk mencapai kembali hasil yang lebih baik. Begitu juga ketika gagal.

Kecewa memang manusiawi, tapi jangan sampai berlarut-larut. Dia harus belajar dari kegagalan. Perlu disadari bahwa kesuksesan dan kegagalan merupakan proses yang sama-sama positif bila mampu menyikapi dengan bijak (halaman 151). Untuk itu, seorang inovator harus mampu berpikir kreatif, bereksplorasi, mengatasi masalah, memanfaatkan perubahan, jeli, berani menghadapi risiko, proaktif, dan kompeten.

Seseorang tidak boleh takut memasuki area "gelap" yang belum dilalui karena dari situ pengalaman inovasi akan dimulai. Ia harus berani menanggung risiko sebagai harga kesuksesan yang harus dibayar. Kesuksesan memang mahal sehingga membutuhkan inovasi.

Tetapi biaya kegagalan yang permanen karena tidak mau berinovasi jauh lebih mahal. Bayarannya kemiskinan, keterpurukan, depresi, kesusahan, dan keputusasaan (halaman 123). Ada beberapa langkah agar bisa menjadi inovator sejati. Misalnya, berusaha menemukan kesempatan di dalam setiap bidang kehidupan (halaman 154).

Kemudian, mencari ide baru. Artinya, setelah seseorang menemukan kesempatan berinovasi. Langkah selanjutnya akrab dengan ide. Pahami seluk beluknya lalu bereksperimen. Hal ini penting dijalani karena tidak ada ide sempurna yang muncul begitu saja (halaman 155).

Berikutnya, eksperimen dan eksplorasi untuk menguji kekuatan ide untuk membantu seseorang mengumpulkan bahan berinovasi (halaman 156). Pesan utama buku ini, inovasi sekarang tidak lagi menjadi monopoli perusahaan-perusahaan besar atau orang-orang genius. Setiap individu berpeluang sama untuk mencapai sukses. (Abd Basid - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: To Be An Innovator

Penulis

: Peng Kheng Sun

Penerbit 

: PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun

: 2013

Genre 

: Pengembangan Diri

Tebal

: 364 Halaman

ISBN

: 978-979-22-9221-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447871

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit