Traveling Note Competition; 30 Catatan Perjalanan Tak Terlupakan Cetak E-mail
(1 vote)

Traveling Note Competition; 30 Catatan Perjalanan Tak TerlupakanMungkin seumur hidup, banyak pembaca takkan pernah sempat menyusuri setiap jengkal tanah di negeri ini. Namun, bukan berarti mereka tak bisa merasakan keluarbiasaannya. Lewat buku ini, masyarakat diajak menjelajahi Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk menikmati pesonanya.

Indonesia adalah negara kepulauan (archipelago state) terbesar di dunia, yang ditunjang letak geografi s strategis di tengah jalur perdagangan dunia. Negeri ini memiliki iklim tropis dengan pasokan sinar matahari yang cukup, sumber daya alam yang melimpah, dan lautan yang begitu indah.

Terdapat lebih dari 13.000 pulau dan 400 suku bangsa dengan perbedaan budaya, bahasa, kesenian, potensi alam, serta karakter manusianya. Itulah kekayaan negeri ini. Ada 20 lebih penulis yang sempat menyusuri berbagai tempat di negeri ini untuk merangkai perjalanannya. Selain Lalu Abdul Fatah yang menginjakkan kaki di Way Kambas, Lampung, ada Endah Wahyuni yang menceritakan keindahan Pulau Weh yang lebih terkenal dengan nama Sabang. Pada zaman pemerintahan Belanda, Dermaga Sabang telah menjadi pelabuhan penting sebagai pangkalan batu bara Angkatan Laut Kerajaan Belanda yang kemudian dikembangkan menjadi lalu lintas perdagangan barang. Di timur Kota Sabang, terdapat Pantai Sumur Tiga.

Disebut begitu karena ada tiga sumur air tawar di sepanjang pantainya yang jernih dan bersih. Tak ada kerumunan pedagang di pinggir pantai yang berpasir putih dengan ombak tak terlalu besar. Jika datang ke pantai ini pada hari dan jam kerja, dijamin akan serasa sedang berada di pulau pribadi. Begitu tenang dan lengang. Pantai Sumur Tiga terkenal sebagai pantai dengan sunrise terbaik. Selain mengunjungi Pantai Sumur Tiga, Endah Wahyuni pergi ke pantaipantai lainnya, seperti Pantai Iboih yang terletak lebih kurang 20 km dari pusat Kota Sabang. Pantai itu dijuluki hidden paradise Pulau Weh. Letaknya memang agak tersembunyi, namun menyajikan pemandangan laut yang takkan terlupakan. Di sini, ikan-ikan yang berenang dan menari di sela-sela terumbu karang dapat dilihat dengan jelas karena air lautnya sangat jernih.

Di Sabang, juga ada Tugu Kilometer Nol, tepatnya di areal Hutan Wisata Sabang. Ini merupakan sebuah bangunan setinggi 22,5 meter dengan bentuk lingkaran berjeruji. Bagian tugu dicat putih dan bagian atas lingkaran menyempit seperti mata bor. Di puncak tugu ini terdapat patung burung garuda menggenggam angka nol dilengkapi prasasti marmer hitam yang menunjukkan posisi geografisnya. Sabang memiliki wisata yang beraneka ragam. Wisata laut, gunung, air panas, air terjun, pantai, budaya, belanja suvenir, atau menikmati flora dan fauna. Keindahan lautnya sudah tidak perlu diragukan. Dunia bawah laut Pulau Weh telah diakui dunia sebagai salah satu tempat menyelam terbaik. Hampir tak ada kota lain di Indonesia yang seaman Kota Sabang (halaman 95-102). Adapun Pulau Karimata diceritakan Winda Karmilasari.

Pulau ini merupakan desa nelayan yang permukimannya berada kurang dari 200 meter dari bibir pantai. Hal itu menyebabkan suasana tiap-tiap rumah penduduk yang mayoritas berada di pinggir pantai menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Catatan perjalanan lainnya yang tertuang dalam buku ini tentu menggugah rasa ingin tahu kita. Ada catatan perjalanan di Singkawang, Ujung Genteng, Raja Ampat, Pulau Buluh, Bulukumba, Ternate, Kampung Baduy, Karimunjaya, dan tempat-tempat lainnya.

Sebagai perbandingan, catatan perjalanan di luar negeri seperti; Melacca, Istanbul, Tromso, dan Spanyol, juga dipaparkan. Dari catatan perjalanan yang ditorehkan, kita bisa belajar hal-hal baru dan menjadi bahan kontemplasi. Mungkin saja kita lupa bahwa Indonesia dengan kekayaannya lebih luar biasa ketimbang tempat-tempat lainnya di negeri manca. Cintailah negeri ini, jaga dan pelihara kekayaan dan warisan budaya dan alamnya. (Hendra Sugiantoro - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Traveling Note Competition; 30 Catatan Perjalanan Tak Terlupakan

Penulis

: Lalu Abdul Fatah, dkk.

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2013

Genre 

: Pariwisata

Tebal

: 280 Halaman

ISBN

: 978-602-7695-17-7

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PARIWISATA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203409

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit