Einstein; Kehidupan dan Pengaruhnya bagi Dunia Cetak E-mail
(3 votes)

Einstein Efek

Einstein; Kehidupan dan Pengaruhnya bagi Dunia

Siapa yang tidak mengenal sosok yang satu ini? Ia seolah menjadi ikon manusia jenius abad 20. Foto dan gambarnya dengan gaya khas rambut putih berdiri dan lidah menjulur, bisa ditemukan di banyak tempat. Dialah Albert Einstein. Waktu kecil, tidak ada gambaran kejeniusannya. Bahkan, semasa balita, Einstein lambat bicara dan dijuluki der Depperte, si tolol. Label lainnya adalah "hampir terbelakang" karena sulit berkata-kata. Situasi ini membuat orang tuanya mengkhawatirkan dia sulit mengikuti pendidikan (halaman 9–10).

Namun, akhirnya dia berhasil mencengangkan dunia dengan karyakaryanya. Lalu, bagaimana kisah lengkap tokoh dunia yang memiliki kontribusi besar pada ilmu pengetahuan melalui temuan-temuannya di bidang fisika tersebut? Buku berjudul Einstein, Kehidupan dan Pengaruhnya bagi Dunia ini merupakan biografi lengkap penemu teori relativitas itu. Buku dikarang Walter Isaacson yang spesialis menulis tokoh-tokoh populer dunia, seperti Steve Jobs dan Benjamin Franklin dari Amerika Serikat.

Einstein lahir pada pukul 11.30, Jumat 14 Maret 1879 di Ulm, Swabia, Jerman, dari rahim perempuan bernama Pauline Koch, istri dari seorang pengusaha kasur bulu bernama Hermann Einstein. Pada usia satu tahun, kebangkrutan melanda usaha sang ayah, membuat keluarganya pindah ke Munich. Di kota inilah, Einstein menghabiskan masa kanak-kanak, serta mendapat adik perempuan bernama Maria. Ketertarikannya pada fisika dimulai semasa kanak-kanak saat mengamati kekuatan misterius sebuah kompas. Jarum magnet, yang gerakannya seolah-olah dipengaruhi kekuatan tersembunyi, bukan peralatan mekanis seperti sentuhan atau kontak yang sudah dikenalnya, membangkitkan rasa ingin tahu yang memotivasinya seumur hidup (halaman 13-14).

Rasa ingin tahu yang besar, disertai ketekunan dan berkah kecerdasan yang luar biasa membuat suami Mileva Maric ini mengalami kemajuan pesat dalam risetnya. Banyak terobosan yang dilalui. Fisika klasik yang telah mapan siap dijungkalkan. Imajinasi visualnya memungkinkan Einstein melakukan lompatan konseptual yang tak bisa dikerjakan oleh para pemikir tradisional pasca-Isaac Newton. Maret sampai Juni 1905, menjadi masa bersejarah, bukan hanya untuk Einstein, namun juga jagat ilmu pengetahuan. Selama masa empat bulan yang riuh ini, makalah berisi empat teori penting dipresentasikan ke publik.

Teori Kuantum Cahaya pada bulan Maret, Ukuran Molekul pada April, Gerak Brown pada Mei, dipungkasi pada bulan Juni dengan Relativitas Khusus. Rentetan kreativitas tersebut membuat dia dipercaya menjadi profesor di Universitas Zurich (halaman 101-163). Sayang, kecemerlangan ayah dari Hans dan Eduard ini dalam bidang sains tidak berbanding lurus dengan kehidupan pribadinya. Setelah lama pisah ranjang dengan Mileva Maric, Einstein akhirnya memutuskan untuk bercerai dan mengakui perselingkuhannya dengan seorang janda bernama Elsa yang kelak menjadi istri keduanya (halaman 258).

Popularitasnya yang menanjak seiring dengan prestasi dan penemuanpenemuannya di bidang fisika, tidak serta merta menjadikannya meraih hadiah Nobel secara mudah. Penolakan demi penolakan terus dilakukan sebagian orang dengan beragam alasan. Ada yang menuduh, karyanya sebagai teoritis murni, kurang dasar eksperimental, dan tidak melibatkan "penemuan" hukum baru apa pun.

Namun sesungguhnya, pikiran sempit para penilai karena dia berdarah Yahudi-lah yang menjadi ganjalan. Namun akhirnya, dunia tak dapat menyangkal kepintarannya, ketika dia diberi hadiah Nobel tahun 1921 (halaman 331).

Bangkitnya Nazi bersama Hitler di Jerman, memaksa Einstein hijrah ke Amerika pada 1 Oktober 1940. Selain karena ancaman Nazi, kepindahannya ke negeri Paman Sam karena tertarik dan kagum atas sikap toleransi terhadap kebebasan berpikir, berbicara, tanpa "kekerasan atau rasa takut" negeri itu (halaman 517). Biografi setebal 698 halaman ini, bukan hanya memotret kehidupan Einstein, namun juga jejak pemikiran dan temuan-temuannya dalam bidang sains yang menghentak.

Tidaklah mudah menulis biografi salah satu orang paling pandai di dunia ini. Meski demikian, Isaacson secara gemilang berhasil menyuguhkan sebuah bacaan dengan narasi yang mengalir dan enak.

(Noval Maliki – sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Einstein; Kehidupan dan Pengaruhnya bagi Dunia

Penulis

: Walter Isaacson

Penerbit 

: Bentang Pustaka

Tahun

: 2012

Genre 

: Biografi

Tebal

: 698 Halaman

ISBN

: 978-6028-811-86-6

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
BIOGRAFI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28789997

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit