Pedoman Dasar Budi Pekerti Dalam Membangun Karakter Bangsa PDF Cetak E-mail
(3 votes)

Budi pekerti adalah harta yang tiada terkira. Bahkan budi pekerti bukan lagi harta yang seperti sekarang ini diartikan. Budi pekerti merupakan fitrah baik manusia yang dapat membedakan antara manusia dan bukan manusia. Sebab, budi pekerti harus selalu disemai jika manusia masih dan selalu mendamba hidup damai dan bermartabat di mata manusia lainnya dan Tuhan.

Kemerosotan moral sekilas selalu dikaitkan dengan perilaku fisik yang menyimpang seperti tawuran, aksi porno, hujatan, dan lain sebagainya. Identifikasi ini tidak tepat, sebab jika gejala kemorosotan moral hanya dibatasi perilaku yang tampak pada mata maka gejala yang lebih halus dan licik akan aman dari kecaman masyarakat. Padahal, untuk sekarang gejala yang halus dan licik itu begitu banyak dan bersinggungan dengan kita. Lihatlah perilaku korupsi, menipu, gendam, percaloan, sogok-menyogok dan sebagainya merupakan perilaku yang tak tampak mata, tetapi daya rusaknya lebih berkepanjangan dirasakan.

Institusi pendidikan, keluarga merupakan garda depan yang lebih berperan dalam penyemaian budi pekerti yang baik. Kedua intitusi inilah yang seharusnya mempunyai waktu lebih untuk bisa menancapkan akar kebaikan pada peserta didik atau anggota keluarganya. Bagaiamana pun pengaruh “dunia luar” yang bertentakel liar gini getol menginjeksikan budaya-budayanya yang tanpa seleksi karena visinya adalah “pasar” dan berdagang. Di sinilah peran institusi pendidikan dan keluarga menjadi penyeimbang moral san anggota. Jangan sampai institusi pendidikan malah ikut-ikutan sebagai tempat penyemai dan pengiklan gaya baru berpakain. Sekolah bukanlah catwalk di mana peragaan busana berlangsung.

Sedangkan dalam bidang sosial, dalam kehidupan sehari-hari banyak anak-anak muda yang gagap dengan sopan santun, subo seto. Sapa kepada yang lebih tua terasa gersang, bahkan terasa acuh saat lewat. Bahasa yang diucapkan pun terkesan bahasa yang tidak dipilih dan dipilah, asal bunyi tanpa melihat dengan siapa teman berbicara. Apakah hal seperti ini lambat laun akan dianggap lumrah? Sebagai orang tua apakah hal ini akan dibiarkan begitu saja? Lantas, bagaimana kita memulai mengajarkan anak-anak yang tahu empan papan, bener dan pener?

Hasan Oetomo, lewat bukunya “Pedoman Dasar Pendidikan Budi Pekerti” menguraikan hal-hal yang mendasar soal budi pekerti yang bisa diajarkan dan dicontohkan pada anak-anak kita. Ditulis dengan bahasa sederhana dan materinya sudah familiar dalam kehidupan sehari-hari. Hasan Oetomo seakan-akan mengingatkan kembali pada pembaca bahwa hal-hal yang mendasar dalam bukunya tersebut kini mulai ditinggalkan. Hal apakah yang paling mendasar tersebut? (Kaha Anwar)

 

Judul 

: Pedoman Dasar Budi Pekerti Dalam Membangun Karakter Bangsa

Pengarang

: Hasan Oetomo

Penerbit 

: Prestasi Pustaka Karya Jakarta

Tahun

: 2012

Genre 

: Pengembangan Diri

Tebal

: 72 Halaman

ISBN

: 978-602-8963-82-4

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28556809

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit