Alchemist, the; Sang Alkemis PDF Cetak E-mail
(3 votes)

Transformasi Energi

The Alchemist; Sang Alkemis

Kata-kata bijak mengatakan bahwa mimpi adalah bagian dari tanda-tanda kenabian. Begitu pula dengan dunia sufi, mimpi merupakan media yang dipakai Tuhan untuk menyalurkan ilmu hikmah. Tetapi tidak semua mimpi bisa menjadi ilmu, pertanda atau ‘wahyu’ sebagaimana bunga yang tak semuanya bisa menjadi biji. Sekali lagi, mimpi itu unik.

Begitu pula dengan Paulo Coelho, dalam Novel Sang Alkemis; The Alchemist, mengangkat mimpi menjadi inspirasi dalam tokoh sentralnya yaitu anak laki-laki yang bernama Santiago. Santiago adalah anak kecil, pengembala domba-domba miliknya, jiwa petualang dan pembelajar sejati. Pengembaraan Santiago bermula mimpi yang selalu hadir dalam tidurnya. Dalam mimpinya, Santiago melihat dirinya diraih oleh seorang anak dan dipindahkan ke piramida-piramida: “Lalu tiba-tiba anak itu meraih kedua tanganku dan memindahkanku ke piramida-piramida Mesir”. Menurut ucapan anak kecil dalam mimpinya “kalau kau mau datang kemari, kau akan menemukan harta karun”.

Menurut ahli tafsir mimpi, jika si anak laki-laki mau pergi ke piramida-piramida itu dia akan menemukan harta karun yang kelak akan membuatnya kaya raya. Tetapi ahli tafsir mimpi tidak bisa memberi solusi bagaimana caranya agar anak tersebut sampai ke mesir. Si anak laki merasa kecewa dan memutuskan untuk melupakan mimpinya.

Di saat kekecewaan itulah tiba-tiba hadir sosok laki-laki tua berjubah, mengaku raja Salem. Lelaki tua inilah yang mendorong agar si anak laki-laki mewujudkan mimpinya sekaligus menjalani takdirnya yang telah tertulis oleh tangan yang sama. menurut laki laki tua itu takdir merupakan sesuatu yang selalu ingin dicapai. Pada titik ini pulalah (keinginan) segalanya jelas, segalanya mungkin. Namun, pada titik ini pulalah terkadang usaha untuk mencapai keinginan itu menyerah pasrah.

Inti novel ini terletak pada Alkemis itu sendiri. Alkemis, bukan mengacu pada nama seseorang meskipun di dalam novel ini memang tokoh alkemis ada. Tetapi kalau kita simak baik-baik, alkemis adalah pengembaran sang anak sendiri. sebab dalam pengembaraan ini pulalah sang anak menemukan berbagai pelajaran yang berharga untuk kehidupannya. Sebagaimana para alkemis yang setia di laboratoriumnya; mereka percaya kalau sebentuk logam yang dipanaskan bertahun-tahun, logam itu akan membebaskan diri dari semua sifat-sifat individualnya, dan yang tersisa adalah Jiwa Dunia. Sebuah transformasi dari debu menjadi permata, batu menjadi emas, dari manusia biasa menjadi insan kamil.

Untuk menemukan amanat, pelajaran dari novel ini pembaca harus membaca secara runtut, sesekali berhenti sambil merenungkan setiap kalimatnya. Pasalnya, pelajaran itu terbentang dari awal sampai akhir ceritanya. Sebagaimana kesetiaan sang anak mengembara menelusuri perjalanan pengembaraan. Akhirnya pelajaran itu, harta jiwa ada hanya di hati para pembaca layaknya harta karun yang tidak ada di Mesir tetapi di Andalusia bagi si anak laki-laki. Selamat membaca! (Kaha Anwar)

 

Judul 

: The Alchemist; Sang Alkemis

Penulis

: Paulo Coelho

Penerbit 

: Gramedia Pustaka Utama

Tahun

: 2011

Genre 

: Novel Sastra

Tebal

: 213 Halaman

ISBN

: 978-979-22-1664-6

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL SASTRA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31801542

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit