Cerita Calon Arang PDF Cetak E-mail
(6 votes)

Membela anak merupakan kewajiban orang tua. Anak polah bopo kepradah memang selayaknya terjadi. Namun, soal bela-membela pun harus tahu empan papan, tahu bener dan pener-nya jika tidak hanya menjadi musibah bagi diri dan keluarga.

Cerita Calon ArangInilah yang dialami dalam lakon Calon Arang. Dendam Calon Arang dimulai ketika anaknya, Ratna Manggali, tidak laku kawin, sehingga mengundang desas-desus tetangga sekitar. Padahal, Ratna Manggali merupakan gadis cantik jelita, merupakan bunga desa. Malangnya tak satupun kumbang yang mau meminang atau paling tidak mendekatinya. Apakah, ibaratnya, Ratna Manggali bunga bangkai. Ratna Manggali tetaplah bunga melati, mawar atau jenis bunga lainnya yang semerbak wangi dan indah kelopak mahkotanya. Lantas, kenapa Ratna Manggali tidak laku kawin?

Usut punya usut ternyata pangkal persoalannya terletak pada ibunya, Calon Arang. Calon Arang adalah sosok wanita tua yang menguasai ilmu sihir tingkat tinggi. Pemilik teluh hitam dan pengisap darah manusia. Alasan inilah yang menjadi sebab pemuda tidak sudi mendekati Ratna Manggali, takut kelak dijadikan tumbal ilmu hitam ibunya.

Bukannya berkaca diri tetapi malah Calon Arang menanggapi fenomena sosial itu dengan dendam kesumat. Sebagai wanita pemuja Dewi Durga yang mempunyai ilmu ajaib pembunuh manusia, Calon Arang menabur dendam kepada siapa saja yang mengejek, mengkritik dan menjadi lawan politiknya. Dia meminta restu kepada Dewi Durga untuk meluapkan dendamnya, Dewi Durga merestui dengan syarat tidak meneluh masyarakat kota. Calon arang menyanggupinya.

Cerita Calon Arang merupakan gambaran teror yang lahir dari komunikasi yang terdistorsi. Calon Arang gagal mengambil citra dalam posisi orang lain. Sebaliknya, orang lain dipaksa untuk mencitrakan dirinya sebagai kekuatan tunggal yang tak dapat dikalahkan, orang lain wajib mengikuti kemauannya. Meminjam istilahnya Habermas, seharusnya lingkungan Calon Arang menjadi satu latar belakang bersama yang dapat memberikan proyeksi diri di mata orang lain yang diartikulasikan sebagai syarat-syarat simetris untuk mengambil perspektif secara resiprokal. Ternyata Calon Arang gagal mengambil perspektif secara resiprokal tersebut, antara masyarakat dengan Calon Arang menjadi terasing dan acuh tak acuh terhadap penyelamatan klaim-klaim mereka. Inilah awal distorsi dalam komunikasi, suatu kesalahpahaman yang kemudian oleh Calon Arang diejawantahkan menebar teror teluhnya. (Kaha Anwar)

Judul 

: Cerita Calon Arang

Penulis

: Pramoedya Ananta Toer

Penerbit 

: Lentera Dipantara

Tahun

: 2009

Genre 

: Novel Sastra

Tebal

: 96 Halaman

ISBN

: 979-97312-10-5

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL SASTRA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31877289

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit