Dwilogi Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas PDF Cetak E-mail
(3 votes)

Dwilogi Padang Bulan dan Cinta di Dalam GelasKali pertama pegang buku ini buka halaman pertama, ada tanda tangan dari Andrea Hirata!!  Deg, kok halaman berikutnya terbalik?!? Ternyata memang begitu tata lay out-nya. Satu buku yang terdiri dari dua judul: Dwilogi Padang Bulan dan Cinta Di dalam Gelas. Kreatif..!

Cover-nya berbentuk dua merpati yang bertengger di ranting yang berbeda pada sebuah pohon. 37 halaman pertama yang terdiri 6 mozaik mampu mengiris hati saat membacanya. Bahkan sutradara Laskar Pelangi, Mira Lesmana menulis di twitternya: “Aduh, ini bukunya Andrea Hirata ‘Padang Bulan’, baru 7 halaman udah tragis giniiii..hiks hiks.” @Mirles

Menceritakan seorang anak perempuan. Enong, panggilan sayang untuk anak perempuan. Duduk di kelas enam SD dan merupakan siswa yang cerdas. Sejak kelas satu, ia selalu menjadi juara kelas. Pelajaran favoritnya adalah bahasa Inggris dan cita-citanya ingin menjadi guru seperti Bu Nizam. Hidupnya yang sederhana namun manis berubah seratus delapan puluh derajat saat ia kehilangan ayah tercintanya. Saat letih, Enong teringat 3 kata yang dijadikan cambuk semangat hidupnya; Sacrifice, honesty, dan freedom dan sering menyanyikan lagu if you are happy and you know it, clap your hands. Jika tidak bersedih atas sebuah kehilangan menimbulkan perasaan bersalah, hal itu merupakan kesalahan baru sebab kesedihan harusnya menjadi bagian dari kebenaran.

Ada juga Detektif M. Nur. Ia selalu terobsesi dengan rahasia, spionase, mengintai, menyamar, menyelinap, dan mengendap-endap. Sakit gila nomor 31. Punya burung peliharaan bernama Jose Rizal. Sahabat Ikal ini membantu urusan percintaan Ikal dengan A Ling yang mengalami pasang surut.

Cemburu adalah perahu nabi Nuh yang tergenang di dalam hati yang karam. Lalu, naiklah ke geladak perahu itu, binatang yang berpasang-pasangan yakni perasaan tak berdaya-ingin mengalahkan, rencana-rencana jahat penyesalan, kesedihan-gengsi, kemarahan-keputusasaan, dan ketidakadilan-mengasihani diri.

Pertemuan dengan seseorang mengandung rahasia Tuhan. Maka, pertemuan sesungguhnya adalah nasib. Orang tak hanya bertemu begitu saja, pasti ada sesuatu dibalik itu. Begitu banyak hidup orang berubah lantaran sebuah pertemuan. Namun sayang, tak semua dapat mengungkap rahasia itu, dan beruntunglah sedikit orang yang memahami maksud dari sbeuah pertemuan.

Orang yang cemburu, jika menjadi politisi akan korupsi. Jika menjadi supporter, akan menyalah-nyalahkan wasit. Jika bercermin, membelah cermin. Jika mencintai, akan menyakiti. Jika pemilu, akan menjadi golongan putih.

Cinta, akan membawa pelakunya pada kegilaan dan kesengsaraan yang tak terbayangkan. Cinta, adalah sebuah tempat di mana orang dapat menyakiti dirinya sendiri. Cinta, dapat pada seseorang, atau pada cinta itu sendiri, dan keduanya mengandung bahaya yang tidak kecil. Begitulah Ikal, dengan segala upaya telah dia kerahkan untuk meraih (kembali) cinta A Ling

Buku kedua, Cinta di Dalam Gelas. Cover-nya terdiri dari seorang laki-laki dan tiga perempuan yang berbeda. Cerita berisi perpaduan ramuan antara kopi, catur dan kehidupan masyarakat Belitong. Andrea Hirata meraciknya dalam satu kesatuan. Bahkan sosok Ikal, mempunyai Buku Besar Peminum Kopi.

Kopi adalah minuman yang ajaib, setidaknya bagi lidah orang Melayu, karena rasanya dapat berubah berdasarkan tempat. Adapun mereka yang sama sekali tidak minum kopi adalah penyia-nyia hidup ini.

Dimulai dari Mozaik 24 halaman 117 hingga halaman terakhir, kita diajak menelusuri kisah perjalanan catur yang mengubah hidup Maryamah. Lawan pertama Maryamah adalah Aziz Tarmizi, seorang duda kembang. Kemudian melawan Maksum, Muntaha, Jumadi, dan di akhiri melawan Matarom. Seumpama catur, hidup sedikit banyak seperti reaksi atas pilihan sulit yang silih berganti mem-fait accompali manusia, dan rupanya alasan selalu lebih mudah dilupakan ketimbang akibat.

Di akhir cerita, kita akan mengetahui akhir perjalanan Enong yang bertransformasi menjadi Maryamah binti Zamzami dengan sebutan baru, Maryamah Karpov. Sebuah jawaban atas teka-teki kita selama ini tentang siapa Maryamah Karpov. (Luckty)

Judul

: Dwilogi Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas

Penulis

: Andrea Hirata

Penerbit

: Bentang Pustaka

Tahun

: 2010

Genre

: Novel Romantis

Tebal

: 270 Halaman

ISBN

: 978-602-8811-09-5

 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL ROMANTIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27935758

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit